Comscore Tracker

5 Manfaat Sering Menyatakan Rasa Sayang kepada Orang yang Dicintai

Nyatakan rasa sayangmu selagi masih ada kesempatan!

Biasa kita temui pada mereka yang baru menjalin hubungan sering menyatakan rasa sayangnya ke pasangan. Tapi seiring lamanya hubungan, ungkapan rasa cinta itu menurun. Namun, ada beragam alasan kenapa hal itu bisa terjadi.

Untuk kamu yang peduli dengan hubungan dan mencari cara agar kamu dan pasangan tetap harmonis, nyatakan rasa cintamu ke pasangan sesering mungkin. Kenapa? Simak ulasan berikut!

1. Menjaga hubungan tetap hangat

5 Manfaat Sering Menyatakan Rasa Sayang kepada Orang yang Dicintaipexels.com/Pixabay

Ikatan antar manusia seperti makhluk hidup bagi pemiliknya. Hal itu membutuhkan banyak investasi emosi, dan tak boleh dianggap sebagai hal yang melelahkan.

Seringnya mengutarakan rasa sayang pada pasangan bisa menjadi pengingat yang mudah kepada mereka, tentang betapa beruntungnya kita memiliki mereka dalam hidup.

Rasa sayang yang sering diungkapkan ibarat oksigen dalam hubungan. Memberi tahu ke pasangan bahwa kamu menyayangi mereka menjaga hubungan tetap hangat. Hal itu adalah usaha minimal, tapi timbal baliknya sangat berharga.

2. Kamu akan menjadi sumber rasa aman dan peduli untuk pasangan

5 Manfaat Sering Menyatakan Rasa Sayang kepada Orang yang Dicintaipexels.com/Josh Willink

Salah satu sumber kekhawatiran adalah jika orang yang kamu cinta mencari orang lain saat mereka dilanda masalah dan butuh mencurahkan emosi.

Bagaimanapun juga setiap manusia punya sisi egois, tapi rasa selalu dibutuhkan orang lain juga menjadi hal yang baik, khususnya pasangan.

Sering menyatakan rasa sayang kita pada pasangan akan membuat mereka percaya pada kita dan cukup untuk membuat mereka bahagia. Hal yang paling dibutuhkan orang adalah dukungan secara emosional.

Baca Juga: 5 Ungkapan Cinta dalam Bahasa Jawa, Romantis Sekaligus Lucu!

3. Memberi manfaat kesehatan

5 Manfaat Sering Menyatakan Rasa Sayang kepada Orang yang Dicintaipexels.com/Helena Lopes

Sering berbagi rasa sayang dengan pasangan punya pengaruh langsung pada kesehatan. Bayangkan seandainya kamu baru saja melewati hari yang buruk, lalu pulang kepada orang yang dicintai.

Hal tersebut mungkin tidak akan mengubah hari buruk yang kamu lewati, tapi rasa sayang dari pasangan bisa mengubah suasana hati dan mencairkan stres yang kamu alami.

Kapan pun kita merasa dikasihi dan menerima cinta, tubuh akan menghasilkan hormon oksitosin yang bisa mengurangi stres. Efek utama oksitosin pada tubuh dan pikiran adalah memberi rasa tenang.

4. Kamu bisa lebih bahagia menjalani kehidupan sehari-hari

5 Manfaat Sering Menyatakan Rasa Sayang kepada Orang yang Dicintaipexels.com/Jack Sparrow

Terdapat sudut pandang berbeda tentang bagaimana cara orang menghabiskan uang. Sebagai contoh, ada orang yang merasa lebih bahagia saat membelikan hadiah pada orang lain dibanding menyimpan uangnya untuk diri sendiri.

Filosofi yang sama juga bisa berlaku untuk perasaan, ada orang yang lebih bahagia di kehidupan sehari-hari setelah menyatakan rasa sayang pada orang yang dicintai.

5. Rasa sayang yang sering diungkapkan tidak akan membuat kamu menyesal

5 Manfaat Sering Menyatakan Rasa Sayang kepada Orang yang Dicintaipexels.com/Andre Furtado

Kehidupan penuh dengan kejutan, dan tak semuanya positif. Kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi esok hari atau mungkin saja hari itu adalah terakhir kalinya kita bersama orang yang dicinta.

Mengatakan rasa sayang tidak membutuhkan banyak usaha, tapi tidak sempat mengatakan hal itu bisa membuatmu menyesal seumur hidup. Jadi, lebih baik untuk bersikap aman dan sering mengatakan rasa sayang saat ada kesempatan.

Seberapa sering kamu mengatakan rasa sayang pada orang yang dicinta? Apakah kamu bisa mengatakannya dengan mudah?

Baca Juga: 10 Ungkapan Cinta dalam Bahasa Inggris Selain 'I Love You'

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya