Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Saat Memberi Kesempatan Kedua

#ANGPOIN Dia bisa berubah, tapi bisa juga tidak

Melepaskan memang gak mudah, tapi bertahan dalam hubungan yang gak seharusnya dipertahankan juga sulit. Memaafkan pasangan bisa jadi hal yang mudah, kamu tinggal mengingat-ingat hal baik apa yang pernah dia lakukan atau kebahagiaan apa yang pernah kamu dapatkan.

Untuk memberi kesempatan kedua, kamu perlu lebih dari sekadar memaafkan. Kamu perlu tau batasan yang gak bisa kamu toleransi. Karena itu, sebelum memberi pasangan second chance, pikirkan lagi lima hal berikut. 

1. Apa yang membuatnya begitu berarti untukmu

5 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Saat Memberi Kesempatan KeduaPexels/freestocks.org

Rasa cinta saja gak cukup untuk mempertahankan suatu hubungan. Sebagai pasangan, kalian harus bisa benar-benar mencintai satu sama lain. Dan hal itu melibatkan kepercayaan, kesetiaan, dan tidak saling menyakiti perasaan.

Kalau satu-satunya hal yang membuatmu bertahan hanyalah rasa cintamu, maka kamu harus benar-benar mempertimbangkan lagi keputusanmu untuk memberinya kesempatan kedua. Dia mungkin mencintaimu, tapi mungkin rasa cintanya gak bisa mencegahnya melukaimu. 

2. Cari tau masalah yang sebenarnya

5 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Saat Memberi Kesempatan Keduajnkdrama.com

Ketika pasanganmu melakukan kesalahan, kamu memang sebaiknya introspeksi diri. Tapi jangan sampai kamu menyalahkan diri sendiri. Begitu juga dengan pasanganmu. Jangan biarkan dia menjadikanmu alasan kenapa dia melakukan kesalahannya. Karena apapun alasannya, dia adalah orang yang membuat keputusan saat itu.

Cari tau apa yang menjadi masalah kalian. Cobalah mengerti dan melihat dari sudut pandang pasanganmu. Pertimbangkan sefatal apa kesalahannya. Kalau masih bisa ditoleransi, tidak membuatmu trauma atau benar-benar kecewa, maka kesempatan kedua pantas untuk dipertimbangkan. 

3. Apakah dia benar-benar menyesal?

5 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Saat Memberi Kesempatan Keduasoshi.manuth.life

Bicara mungkin mudah, tapi sebuah janji tetap bisa untuk diingkari. Jangan hanya berpikir bahwa dia bisa berubah, tapi kamu perlu melihat bahwa dia benar-benar bisa berubah. Kalau dia hanya meminta maaf dan gak menyesali perbuatannya, bukan gak mungkin nantinya dia melakukan kesalahan yang sama. 

Buat dia mengerti bahwa kamu tidak menyukai kesalahannya. Bahwa kamu tidak akan memberinya kesempatan ketiga. So, dia bisa paham konsekuensi dari perbuatannya dan tidak akan mengulanginya. 

Baca Juga: Gak Salah, Ini 6 Alasan Mengapa Harus Ada Kesempatan Kedua di Hubungan

4. Kamu selalu bisa berkata tidak

5 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Saat Memberi Kesempatan Keduaviki.com

Kamu punya hak untuk gak memberi kesempatan kedua. Kalau kesalahannya memang fatal dan kamu benar-benar tidak bisa bersamanya lagi, it's okay. Jangan hanya karena kasihan, kamu jadi memaksakan dirimu sendiri.

Memaafkan gak sama dengan memberi kesempatan kedua. Ingat lagi kesalahan yang ia perbuat padamu. Kamu pantas mendapatkan seseorang yang lebih baik darinya.

5. Pastikan kalian akan berusaha bersama dalam membangun hubungan

5 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Saat Memberi Kesempatan KeduaUnsplash/Yolanda Sun

Untuk bisa mempertahankan hubungan, kalian harus berusaha bersama. Kamu harus belajar memaafkan dan percaya lagi pada pasanganmu. Pasanganmu juga harus belajar untuk tidak melakukan kesalahan yang sama apapun kondisi dan alasannya. 

Kalian harus mencari jalan tengah. Buat kesepakatan yang baru. Terutama tentang komunikasi. Supaya apapun masalahnya, semua harus dibicarakan bersama. It's a big deal. Ambil waktu sebanyak yang kamu butuhkan, gak usah terburu-buru.

Baca Juga: Hanya Karena Rela Memberi Kesempatan Kedua Kepada Orang yang Melukai, Bukan Berarti Kamu Lemah

Berliana Cahya Photo Verified Writer Berliana Cahya

Trying is not tiring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya