Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Pasangan Jarang Mengajak Komunikasi 

Ingat, komunikasi itu penting!

Memiliki pasangan yang lebih suka memendam segalanya sendirian merupakan tantangan tersendiri yang gak boleh kita biarkan begitu saja. Hubungan tanpa adanya komunikasi yang intens hanya akan membuat kalian gak harmonis dan selalu terlibat kesalahpahaman gak penting. Jadi untuk menghindari hal itu, kamu punya andil untuk memperbaiki segalanya nih.

Ada beberapa tindakan yang perlu kamu lakukan untuk memancing kekasihmu membiasakan diri bersikap lebih terbuka dan mulai mengomunikasikan segalanya denganmu. Ini dia contohnya.

1. Gak perlu gengsi untuk memulai terlebih dahulu

5 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Pasangan Jarang Mengajak Komunikasi unsplash.com/Priscilla Du Preez

Tindakan pertama yang perlu kamu ambil adalah mendahului adanya komunikasi tersebut. Kamu gak perlu merasa gengsi apalagi jaga imej pada pasanganmu. Gak ada yang salah kok dengan terlebih dahulu memulai komunikasi ini. Anggap saja kamu sedang melakukan misi rahasia demi menjaga keharmonisan hubungan kalian.

2. Ajak dia membicarakan hal-hal ringan terlebih dahulu

5 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Pasangan Jarang Mengajak Komunikasi Instagram.com/@riantic

Gak perlu membahas hal-hal yang berat seperti rencana masa depan sebagai awalan. Yang ada dia malah akan takut untuk merespon ajakanmu berkomunikasi ini. Biasakanlah dia terlebih dahulu untuk sering menceritakan kesehariannya, apa hal lucu yang dilaluinya hari ini, bagaimana pekerjaannya, bahkan menu makan siang apa yang dia santap.

Nantinya, dia akan mulai terbiasa menceritakan segalanya padamu kok. Yang penting jangan malas mendengarkan ya!

Baca Juga: Hati-hati, 5 Hal Ini Bikin Komunikasi dalam Hubungan Terhambat

3. Tanyakan juga pendapatnya soal seberapa penting sebuah komunikasi dalam hubungan

5 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Pasangan Jarang Mengajak Komunikasi pexels.com

Untuk membuat dia lebih peka, kamu bisa meminta pendapatnya soal seberapa penting sebuah komunikasi dalam hubungan. Apakah dia memiliki anggapan yang sama denganmu atau gak. Kalaupun kalian berbeda pendapat, gak usah langsung menyela ucapannya dan marah. Kamu tetap harus mendengar dan bisa melihat segalanya dari sudut pandangnya.

Kemudian, barulah kamu ungkapkan pendapatmu juga. Sehingga kalian bisa bersama-sama mencari jalan tengah dari perbedaan pendapat tersebut.

4. Pastikan dia mulai menyadari kedekatan kalian bertambah setelah sering berkomunikasi

5 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Pasangan Jarang Mengajak Komunikasi pixabay.com

Gak usah terang-terangan membahas betapa kamu sudah berusaha keras untuk membuat dia bisa terbuka dan berkomunikasi. Kamu bisa menyindir dengan sangat halus soal kedekatan kalian yang bertambah seiring komunikasi yang semakin intens. Pasti deh dia juga akan mengakuinya meskipun mungkin gak secara langsung.

5. Pahami batasan komunikasi yang wajar dalam sebuah hubungan

5 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Pasangan Jarang Mengajak Komunikasi pexels.com/Tirachard Kumtanom

Setelah semua usaha yang sudah kamu lakukan, kamu tetap mengetahui adanya batasan dalam komunikasi. Salah satunya adalah tetap memberikan ruang privasi baginya jika ada sebuah rahasia yang belum ingin dia ceritakan. Gak usah mempermasalahkan hal ini dengan terlalu besar karena kamu pun pasti sebenarnya punya sisi diri yang masih ingin kamu sembunyikan kan?

Intinya, komunikasi akan membuat hubungan kalian semakin harmonis. Jika kamu merasa pasanganmu masih tertutup dan jarang mau berkomunikasi, 5 langkah di atas bisa kamu aplikasikan lho. Selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Tips agar Komunikasi Saat LDR Tetap Terjaga dengan Baik

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya