Comscore Tracker

Ini 5 Alasan Kenapa Setiap Masalah dalam Hubungan Harus Dibicarakan

Jangan dipendam terus menerus!

Menjalin hubungan dengan seseorang tentu gak selamanya berjalan mulus. Akan ada masa di mana kita terlibat konflik dengan pasangan atau paling tidak, kita akan merasakan sedikit ketidak cocokan. Entah itu karena kebiasaannya yang berbeda jauh dengan kita, atau karena hal-hal lain.

Selama bukan merupakan hal yang krusial dan berupa prinsip hidup, perbedaan dengan pasangan merupakan hal yang wajar. Jika muncul masalah, untuk menyikapinya kita perlu banget berkomunikasi dengan si dia. Ini nih lima alasan pentingnya membicarakan masalah dengan pasangan. 

1. Supaya kita gak memendam sendiri permasalahan itu

Ini 5 Alasan Kenapa Setiap Masalah dalam Hubungan Harus Dibicarakanunsplash/Charlie Foster

Banyak orang yang merasa gak harus membicarakan masalah dengan pasangan karena masih bisa mengatasinya sendiri. Boleh-boleh aja sih kalau kamu memang mau menyimpan hal itu dalam hati. Tapi, efek jangka panjangnya bisa berbahaya banget, lho! Kamu bisa saja suatu saat akan meledak marah pada pasanganmu hanya karena masalah kecil.

Itu semua disebabkan semua permasalahan yang sudah kamu pendam dalam hati selama ini. Duh, gak mau kan?

2. Menghindari munculnya salah paham

Ini 5 Alasan Kenapa Setiap Masalah dalam Hubungan Harus Dibicarakanunsplash/Toa Heftiba

Setiap permasalahan yang ada antara dua sejoli biasanya berasal dari kesalahpahaman. Dan ini akan susah diselesaikan jika gak dikomunikasikan dengan yang bersangkutan. Pasalnya, dua orang dengan kebiasaan dan pola pikir yang berbeda, tentu gak bisa selalu sepaham sepanjang waktu, kan?

Baca Juga: Jangan Diam Saja, 5 Tanda Cueknya Pasangan Sudah Melewati Batas!

3. Pasanganmu gak bisa membaca isi pikiranmu, lho!

Ini 5 Alasan Kenapa Setiap Masalah dalam Hubungan Harus Dibicarakanunsplash/Hannah Busing

Sepandai apa pun pasanganmu, dia gak bisa membaca isi pikiran seseorang. Jangan menunggu si dia peka pada perubahan sikapmu jika kamu selalu bilang bahwa semua baik-baik saja di hadapannya. Ambillah inisiatif untuk membicarakan masalah yang kamu rasakan. Gak ada ruginya, kok!

4. Daripada membicarakannya dengan orang lain, lebih baik dibahas dengan pasanganmu

Ini 5 Alasan Kenapa Setiap Masalah dalam Hubungan Harus Dibicarakanunsplash/Yolanda Sun

Beberapa orang melakukan tindakan keliru dengan membicarakan masalah pribadinya dengan orang lain. Jika tempat curhatmu ini terpercaya dan selalu memberi masukan yang baik sih, gak masalah. Namun, yang jadi masalah adalah jika kamu sampai menceritakan kehidupan percintaanmu dengan orang yang dari awal sudah berniat salah. Bisa gawat jadinya kalau begini!

5. Setelahnya, kalian bisa mencari solusi yang terbaik dan merasa lebih lega

Ini 5 Alasan Kenapa Setiap Masalah dalam Hubungan Harus Dibicarakanunsplash/Candice Picard

Membicarakan masalah dengan pasangan juga pastinya akan menggiring kalian pada pencarian solusi atas masalah tersebut. Misal, jika selama ini kamu kurang nyaman karena pasanganmu terlalu cemburuan, membahas hal ini dengannya akan sedikit memberi kesadaran dan dia bisa mengurangi kecemburuannya. Jadi bisa menemukan win-win solution kan?

Memang gak setiap hari kehidupan percintaan kita dipenuhi bunga-bunga dan terkadang harus dilanda masalah. Namun, ketika masalah itu ada, kita wajib membicarakannya dengan pasangan karena lima alasan yang tadi sudah disebutkan, ya. Setuju kan?

Baca Juga: 6 Suka Duka Punya Pasangan Berkarakter Sama, Gak Selalu Enak Loh!

Desy Damay Photo Verified Writer Desy Damay

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya