Comscore Tracker

5 Tips Menghadapi Pasangan Anak Tunggal dengan Sabar

Jadilah kakak sekaligus adik baginya!

Diakui atau gak, karakter seseorang sangat terpengaruh dari bagaimana dia diperlakukan dalam keluarga. Termasuk juga urutan dia dalam keluarganya. Begitu pun juga dengan anak tunggal. Mereka ini punya sifat dan karakter khusus yang membuat siapa pun mungkin akan sedikit kebingungan menghadapinya.

Gak terkecuali dalam menjalin hubungan asmara, anak tunggal bisa aja bikin pasangannya merasa serba salah. Kalau gak disertai rasa pengertian yang cukup, bisa-bisa kamu yang memiliki pasangan anak tunggal, akan gampang menyerah menjalin hubungan dengan mereka. Nah, biar gak kejadian, yuk lihat dan aplikasikan lima tips berikut ini.

1. Jadilah kakak yang mengayomi sekaligus adik yang manja untuknya

5 Tips Menghadapi Pasangan Anak Tunggal dengan Sabarpexels/Olya Kobruseva

Seorang anak tunggal membutuhkan sosok yang lebih dari sekadar pasangan dalam hidupnya. Mereka gak terbiasa dengan kehadiran orang lain sehingga kamu perlu untuk menjadi sosok yang dia butuhkan. Dengan begitu, dia akan semakin yakin sama kamu.

Jadilah seperti kakak yang bisa memberi contoh, mengayomi, dan mengajarinya banyak hal. Di lain sisi, jadilah seperti adik yang manja, terkadang bergantung padanya, dan bertingkah konyol bersamanya. 

2. Beri dia ruang namun jangan tinggalkan dan biarkan dia begitu aja

5 Tips Menghadapi Pasangan Anak Tunggal dengan Sabarpexels.com/Ketut Subiyanto

Anak tunggal memang terbiasa melakukan segalanya sendirian. Maka, akan ada waktu di mana kamu gak selalu dia butuhkan untuk berada di sekitarnya. Jika memang dia sedang menarik diri atau sedang melakukan hobi yang biasa dilakukannya sendirian, berikan dia ruang untuk hal itu. Tapi tetap yakinkan dia bahwa kamu akan mendukungnya dan selalu ada untuknya.

Baca Juga: 7 Cara Membantu Anak Tunggal Pintar Bersosialisasi, Biar Gak Kesepian!

3. Teruslah tanamkan pengertian dan jangan bersikap cuek

5 Tips Menghadapi Pasangan Anak Tunggal dengan Sabarpexels.com/Samson Katt

Biasa menjadi pusat dari segala kehidupan kedua orang tuanya, anak tunggal tentu juga akan menuntut hal itu dari pasangannya. Kamu harus siap dengan segala tuntutan darinya dan kamu juga harus bisa menjelaskan dengan baik jika suatu saat merasa gak nyaman dengan hal ini. Yang penting, tetap tanamkan pengertian dan jangan bersikap cuek.

4. Berikan kritik dan masukan tanpa memojokkan apalagi menyalahkan

5 Tips Menghadapi Pasangan Anak Tunggal dengan Sabarpexels.com/fauxels

Anak tunggal juga lekat dengan karakter manja dan ingin menang sendiri. Namun, ini gak akan menjadi kendala jika kamu, sebagai pasangan, bisa bersikap lebih hati-hati agar gak  melukai egonya. Terutama saat dia melakukan kesalahan yang menurutmu perlu untuk dikritik. Ingat, selalu koreksi kesalahannya dengan cara yang gak memojokkan apalagi menyalahkan, ya.

5. Temani dia dan jadilah pendengar setianya

5 Tips Menghadapi Pasangan Anak Tunggal dengan Sabarpexels/Elle Hughes

Ketika memiliki pasangan, anak tunggal akan sangat mengandalkan pasangannya dan berharap kesepian yang dia rasakan selama ini akan hilang. Maka, jadilah teman yang setia baginya dan selalu ada untuknya dalam suka dan duka. Juga, jadilah pendengar baginya karena ada banyak keluh kesah yang sudah dia pendam selama ini yang ingin dia ceritakan padamu.

Memiliki pasangan seorang anak tunggal akan bikin kamu merasa spesial, lho. Karena dia tau betul rasanya kesepian dan pastinya gak ingin pasangannya merasakan hal itu juga. Yang penting, terapkan lima tips di atas agar jalinan asmaramu dengan si anak tunggal akan tetap awet dan langgeng. Siap mencoba?

Baca Juga: Selain Dibilang Manja, Ini 5 Hal yang Paling Gak Disukai Anak Tunggal!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya