Comscore Tracker

Meski Masih Pacaran, 5 Alasan Pentingnya Membahas Finansial Sama Doi

Bahas sejak awal biar gak menyesal!

Masalah keuangan adalah sesuatu yang dirasa masih sangat pribadi bahkan untuk dibahas dengan pasangan sendiri. Anggapan bahwa masalah keuangan bukan sesuatu yang penting untuk dijadikan topik pembicaraan sebenarnya cukup keliru. Apalagi, jika pasangan kita saat ini adalah orang yang telah kita masukkan dalam rencana masa depan kita.

Ada beberapa alasan mendesak nih yang membuat kamu mempertimbangkan kembali untuk mulai membahas soal keuangan meski masih pacaran. Yuk kepoin poinnya berikut, gengs.

1. Agar kalian bisa sepakat soal cara pengelolaan uang

Meski Masih Pacaran, 5 Alasan Pentingnya Membahas Finansial Sama Doiunsplash/Joshua Ness

Membicarakan masalah keuangan sejak pacaran akan membuat kalian bisa melihat cara pengelolaan uang satu sama lain. Dari sini, kalian akan bisa memutuskan pengelolaan uang seperti apa yang lebih baik dan bagaimana harusnya yang diterapkan. Penyamaan pola pikir soal pengelolaan uang ini juga akan menambah kekompakan dalam hubungan kalian. 

2. Karena keuangan akan menjadi isu penting dalam pernikahan nantinya

Meski Masih Pacaran, 5 Alasan Pentingnya Membahas Finansial Sama Doiunsplash/Brandless

Membahas masalah uang terasa masih sangat tabu dalam masyarakat kita. Padahal, semua orang jelas tahu bahwa hal ini akan menjadi isu yang sangat penting dalam pernikahan. Sehingga, mengomunikasikannya sejak awal bahkan ketika masih berstatus pacaran justru penting untuk dilakukan.

Baca Juga: Padahal Sehat, 6 Kebiasaan dalam Pacaran Ini Sering Dikira Toxic

3. Keuangan juga akan menjadi salah satu fondasi dalam rumah tangga

Meski Masih Pacaran, 5 Alasan Pentingnya Membahas Finansial Sama Doiunsplash/Candice Picard

Selain cinta, perekonomian yang stabil juga menjadi penentu dalam langgengnya sebuah rumah tangga. Dengan pengelolaan yang baik, tentu kedua belah pihak akan merasa nyaman. Karena alasan inilah sebenarnya pembahasan soal keuangan menjadi sesuatu yang harusnya lebih nyaman untuk dibahas secara terbuka.

4. Dengan membicarakan sejak awal, kalian bisa memutuskan apakah bisa cocok atau gak

Meski Masih Pacaran, 5 Alasan Pentingnya Membahas Finansial Sama Doiunsplash/Brooke Cagle

Dengan membahas hal ini sejak awal, kalian akan bisa memutuskan apakah kalian cocok untuk satu sama lain. Banyak banget lho perselisihan yang bisa muncul dalam pernikahan jika kesepakatan mengenai keuangan ini gak diambil dari awal.

Misal, ada pasangan yang cowoknya meminta sang cewek untuk gak bekerja, padahal pihak cewek ini justru memiliki penghasilan yang lebih besar. Kalau gak didiskusikan dari pacaran, bisa rumit banget kan endingnya?

5. Lebih baik muncul konflik sejak dini agar bisa meminimalisir pertengkaran nantinya

Meski Masih Pacaran, 5 Alasan Pentingnya Membahas Finansial Sama Doiunsplash/Eric Ward

Jadi, dilihat dari sudut mana pun, membicarakan soal keuangan atau finansial ini akan sangat menolong dan bukannya menjerumuskan kalian. Pasalnya, muncul konflik saat pacaran tentu lebih mudah untuk diselesaikan ketimbang saat kalian sudah menikah. Terlebih lagi jika ternyata kalian menemukan ketidak cocokan. Ya kan?

Bukan hal yang terlarang kok untuk membahas keuangan dengan pacar kalian. Lagipula, kalaupun kalian ternyata gak sepaham, ada jalan tengah yang selalu bisa diambil. Gimana, mau mulai membahas hal ini sama si dia?

Baca Juga: 6 Masalah Finansial Ini Wajib Didiskusikan Pasangan Sebelum Menikah

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya