Comscore Tracker

6 Tanda Bahwa Kamu Sudah Berada di Lingkar Pertemanan yang Berkualitas

Sudah sehatkah hubungan pertemananmu?

Dalam suatu hubungan pertemanan, sudah pasti kita semua mendambakan memiliki hubungan pertemanan yang sehat dan berkualitas.

Dan salah satu pertanda kalau kamu sudah berada di lingkar pertemanan yang tepat adalah kamu akan lebih banyak menemukan kenyamanan dan kebahagiaan setiap kali sedang berkumpul dan menjalin interaksi bersama.

Berikut enam tanda bahwa kamu sudah berada di lingkar pertemanan yang tepat.

1. Tidak lagi mempermasalahkan soal perbedaan yang ada di diri kalian masing-masing

6 Tanda Bahwa Kamu Sudah Berada di Lingkar Pertemanan yang Berkualitasrawpixel.com

Saat kalian tidak lagi mempermasalahkan tentang perbedaan yang menyangkut soal pendapat, prinsip, kebiasaan dan pilihan hidup masing-masing maka kamu sudah berada di lingkar pertemanan yang berkualitas. 

Mampu saling berpikiran terbuka dan menghormati segala perbedaan yang ada bisa bikin relationship yang kamu bangun dengan orang sekitarmu terasa lebih luwes dan fleksibel. Kamu bisa dengan nyaman mengutarakan berbagai gagasan dan opinimu tanpa takut akan mendapat penghakiman dari orang-orang di circle pertemananmu.

2. Tidak menjadikan ghibah sebagai topik utama saat berkumpul

6 Tanda Bahwa Kamu Sudah Berada di Lingkar Pertemanan yang Berkualitasunsplash.com/Antenna

Hubungan pertemanan yang sehat sudah pasti akan menjauhi kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa mendatangkan pengaruh toksik di circle pertemanan itu sendiri. Daripada sibuk menggosipkan hal buruk tentang orang lain kalian lebih tertarik membahas hal-hal seputar dunia kehidupan dan diri sendiri. Seperti menceritakan tentang pengalaman pribadi, buah pikir, minat, ketertarikan, hobi, goals yang ingin diraih dan lain sebagainya.

3. Tidak ada pihak yang berperan dominan

6 Tanda Bahwa Kamu Sudah Berada di Lingkar Pertemanan yang Berkualitasunsplash.com/Kate Kalvach

Dan ciri lain dari pertemanan yang sehat adalah kalian bisa saling menempatkan posisi setara dengan yang lain. Alias tidak ada yang berperan paling dominan, yang selalu ingin menguasai setiap percakapan yang dibangun. Suatu hubungan pertemanan yang sehat tentu akan saling terjadi give and take di dalamnya serta bisa saling menghargai bahwa setiap orang juga memiliki hak yang sama untuk disimak dan didengarkan. 

Baca Juga: 5 Kalimat Ini Menghancurkan Hubungan Pertemanan, Jangan Diucapkan!

4. Sama-sama bisa menjadi pendengar yang baik

6 Tanda Bahwa Kamu Sudah Berada di Lingkar Pertemanan yang Berkualitasunsplash.com/Priscilla Du Preez

Komunikasi yang berkualitas tentu akan mengedapankan rasa respek didalamnya. Seorang teman akan merasa sangat dihargai bila kamu bisa memosisikan diri sebagai pendengar yang baik bagi mereka.

Adanya simbiosis mutualisme dalam setiap interaksi yang dibangun dapat menciptakan nuansa yang lebih hidup di setiap momen ngumpul kalian sekaligus dapat membuat ikatan pertemanan kalian menjadi lebih solid.

5. Bisa saling menjadi support system antar satu sama lain

6 Tanda Bahwa Kamu Sudah Berada di Lingkar Pertemanan yang Berkualitasunsplash.com/Duy Pham

Dan juga kalian bisa saling menjadi support system antar satu sama lain. Terlebih bila salah satu dari kalian ada yang sedang memiliki permasalahan hidup. Di sini dukungan kalian akan sangat berguna untuk memotivasi dirinya.

Jadi, sebaiknya jangan bersikap abai, seolah tidak mau ikut campur dengan permasalahan yang sedang dialami orang terdekatmu. Percayalah, dukungan moril dan rasa empati yang kamu berikan akan menjadi dorongan yang sangat berarti untuk dirinya.

6. Bersama saling mengajak dalam hal kebaikan

6 Tanda Bahwa Kamu Sudah Berada di Lingkar Pertemanan yang Berkualitasunsplash.com/Yanapi Senaud

Dan terakhir, suatu hubungan pertemanan yang  berkualitas ditandai dengan terciptanya perilaku positif, di mana kamu dan teman-temanmu dapat saling mengajak dalam hal kebaikan. Lingkungan pergaulan yang kamu pilih akan sangat menentukan kualitas dirimu.

Maka dari itu, pilihlah lingkungan yang bisa menjadikanmu pribadi yang dapat berkembang ke arah yang lebih baik dari sebelumnya. 

Baca Juga: Merusak Diri, Ini 5 Ajakan dan Pengaruh Teman yang Gak Baik Kamu Ikuti

Dewi Ginan Photo Verified Writer Dewi Ginan

Hanya penulis receh ✍ IG : @dewinner93

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya