Comscore Tracker

6 Cara Dukung Pasangan yang Gak Pede dengan Bentuk Tubuhnya

#ANGPOIN Tenang sayang, aku menerimamu apa adanya~

Meski ajakan untuk lebih mencintai diri sendiri terus digaungkan di mana-mana, masih ada saja beberapa orang yang gak puas dengan dirinya. Apalagi soal tampilan fisik, rasa iri dan godaan membandingkan diri dengan orang lain kadang bikin stres hingga depresi.

Orang-orang dengan kondisi seperti ini butuh dukungan dan motivasi dari lingkungan sekitar. Terutama keluarga dan pasangan, sebagai orang terdekat tempatnya berkeluh kesah.

Jika kamu memiliki pasangan yang sering merasa gak percaya diri dengan bentuk tubuhnya, berikut ini ada enam tips bijak yang bisa dipraktikkan. Kira-kira harus bersikap seperti apa, ya agar si dia tetap semangat?

1. Jangan membahas bentuk fisik siapa pun

6 Cara Dukung Pasangan yang Gak Pede dengan Bentuk Tubuhnyapexels/jobwell

Orang-orang yang kurang percaya diri dengan bentuk tubuhnya jadi lebih sensitif saat ada yang membahas kondisi fisik. Padahal belum tentu membahas dirinya, membicarakan kondisi fisik siapa pun memicu perasaan insecure.

Kamu sebagai pasangan harus bisa mengontrol hal ini. Jaga ucapanmu ketika muncul keinginan mengomentari fisik orang lain, entah itu memuji atau mencela. Masih banyak obrolan yang lebih menarik, kan ketimbang membahas penampilan orang lain.

2. Rekomendasikan gaya berpakaian yang cocok sesuai bentuk tubuhnya

6 Cara Dukung Pasangan yang Gak Pede dengan Bentuk Tubuhnyafreepik/pressfoto

Ada banyak alasan mengapa seseorang gak pede dengan tampilan fisiknya. Bukan hanya soal kelebihan atau kekurangan berat badan, bisa juga karena warna kulit, harus menggunakan kaca mata tebal, atau malah kelainan fisik yang merupakan bawaan sejak lahir.

Kondisi ini sering membuatnya merasa serba salah saat berpakaian. Rasanya sulit menemukan gaya yang membuatnya tampil percaya diri.

Kamu bisa, lho membantunya mencari gaya yang cocok. Manfaatkan internet dan media sosial untuk mencari tips dan rekomendasi gaya sesuai bentuk tubuh pasanganmu.

3. Sarankan perawatan tubuh yang baik baginya

6 Cara Dukung Pasangan yang Gak Pede dengan Bentuk Tubuhnyafreepik/prostooleh

Jika kondisi fisik pasanganmu sebenarnya bisa dibenahi dengan beberapa perawatan tubuh, coba sarankan dengan cara yang lembut dan bijak. Mungkin sesekali kamu perlu menyisihkan sedikit uang untuk memberinya kejutan paket perawatan gratis.

Rekomendasikan juga beberapa perawatan yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Sikap ini adalah salah satu cara menunjukkan perhatianmu sebagai pasangan.

Baca Juga: Bukan Orang Ketiga, Tapi 5 Hal Sepele Ini Bisa Bikin Pasangan Berantem

4. Biar dia lebih semangat, sesekali bergabung dengannya saat melakukan perawatan tubuh

6 Cara Dukung Pasangan yang Gak Pede dengan Bentuk Tubuhnyafreepik/prostooleh

Kadang semangat dan motivasi gak cukup berupa ucapan saja. Coba, deh sesekali bergabung dengannya saat melakukan perawatan tubuh. Misalnya saat dia menjalankan diet rendah gula, ubah juga makanan dan minuman yang kamu pesan ketika kalian makan bersama.

Jika perawatan tubuhnya gak memungkinkanmu ikut bergabung, menemani di luar ruangan hingga usai dijamin bikin dia lebih semangat dan percaya diri.

5. Berikan motivasi untuk mengembangkan potensi dirinya

6 Cara Dukung Pasangan yang Gak Pede dengan Bentuk Tubuhnyafreepik/senivpetro

Ketimbang pasanganmu sibuk merutuki bentuk tubuhnya, kamu harus pintar-pintar mengalihkan pembicaraan. Coba bicarakan tentang bakat terpendamnya, prestasi dia di bidang lain, atau kelebihannya yang menarik untuk dikembangkan.

Melakukan upaya ini gak butuh modal biaya. Cukup niat tulusmu mengapresiasi dia sebagai seorang manusia yang unik dengan caranya sendiri.

Melihatmu bangga pada potensi yang dia miliki, bisa membuat kepercayaan dirinya bangkit lagi. Kamu menjadi alasan di balik senyuman dan semangatnya.

6. Hargai kenyamanannya, dampingi dia memupuk kembali rasa percaya diri perlahan-lahan

6 Cara Dukung Pasangan yang Gak Pede dengan Bentuk Tubuhnyafreepik/Freepik

Dari kesemua cara di atas, yang lebih penting adalah menghargai kenyamanannya. Kamu boleh menyarankan gaya berpakaian, perawatan tubuh, atau apa saja. Tapi kamu jangan sampai terkesan memaksa. Biar dia melakukannya dengan nyaman, karena bangkit dari rasa gak percaya diri itu bukan pekerjaan mudah.

Mengajak bertemu teman-teman dan membanggakannya di depan mereka mungkin menurutmu bisa membuat dia senang. Padahal, bisa saja dia malah tertekan. Ada keraguan apakah kamu mengatakannya dengan tulus, atau dia merasa gak layak menerima pujian itu. Ya, perasaannya memang menjadi begitu sensitif.

Jika kamu adalah pasangan dari seseorang yang saat ini sedang gak percaya diri dengan kondisi fisiknya, jangan lelah menjadi pendamping terbaik bagi si dia.

Baca Juga: 5 Hal Pemicu Perceraian yang Sering Tak Disadari Pasangan

Arthasalina Photo Community Writer Arthasalina

bukan orang penting, kecuali anda mementingkan saya. kadang-kadang ngoceh di instagram @arthasalina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You