Comscore Tracker

7 Hal yang Dilakukan saat Pacaran Ini Ternyata Toksik

Perhatikan baik-baik, ya

Hubungan toksik adalah hubungan yang tidak sehat. Hubungan toksik umumnya bukanlah tanda sebuah cinta, tetapi sebuah obsesi yang mengontrol dan membuatmu terkekang. Anehnya lagi ciri-ciri hubungan toksik kerap dianggap romantis dan wajar.

Banyak orang yang terjebak hubungan toksik karena banyak belum mengetahui tanda-tanda hubungan toksik. Kenali tanda-tanda pasanganmu atau kamu itu seorang yang toksik dengan melihat tujuh tanda-tanda di bawah ini

1. Memberikan silent treatment saat sedang marah

7 Hal yang Dilakukan saat Pacaran Ini Ternyata Toksikilustrasi menyendiri (pixabay.com/Free Photos)

Setiap kali marah atau ada masalah, pasti akan jadi diam. Menolak untuk berbicara sampai satu di antara kalian bicara duluan dan bahkan hal ini bisa berlangsung sampai berhari-hari.

Tau gak sih mendiamkan pasangan termasuk kekerasan emosional, lho! Dengan mendiamkan pasangan, hal itu akan menyakiti pasanganmu secara emosional. Mendiamkan pasangan juga gak bikin masalah kalian berdua selesai.

2. Memblokir akun sosial media pasangan saat marah

7 Hal yang Dilakukan saat Pacaran Ini Ternyata Toksikilustrasi media sosial (pexels.com/Tracy Le Blanc)

Siapa nih suka blokir sosial media pasangannya saat sedang marahan? Bukannya menyelesaikan masalah, malah memilih melarikan diri. Hal Ini gak bagus, lho! kalau kalian memang membutuhkan waktu untuk sendiri, lebih baik bilang pada pasangan kalau sedang tidak ingin diganggu. Jadi, jangan tiba-tiba hilang tidak jelas, ya.

3. Wajib kirim laporan setiap saat

7 Hal yang Dilakukan saat Pacaran Ini Ternyata Toksikilustrasi wanita memegang ponsel (pexels.com/Mart Production)

Selalu nanya pasangan di mana, dan sama siapa, bahkan sampai minta bukti video atau swafoto segala. Hal ini, tuh, sangat toksik! Pasangan kalian adalah seorang manusia yang punya kehidupan sendiri. Sadari bahwa ia juga butuh me time, bermain bersama teman-temannya, bekerja, belajar, dan hal-hal lainnya.

4. Meminta kata sandi akun media sosial pasangan

7 Hal yang Dilakukan saat Pacaran Ini Ternyata Toksikilustrasi media sosial (pexels.com/Pixabay)

Meminta kata sandi akun media sosial pasangan agar bisa memantau segala kegiatan pasangan kalian di media sosial adalah salah contoh tanda dari hubungan toksik. Coba deh berusaha untuk percaya sama pasangan kalian. Kalau memang pasangan kalian beneran cinta, pasti dia gak akan berbuat yang macam-macam kok.

Baca Juga: 5 Hal Romantis Ini Bisa Menjebakmu dalam Hubungan Toksik, Waspadalah!

5. Cemburu berlebihan sampai memperlakukan pasangan seperti properti yang bisa diatur-atur

7 Hal yang Dilakukan saat Pacaran Ini Ternyata Toksikilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Selalu cemburu pada pasangan ketika mereka berinteraksi dengan lawan jenis? Bahkan sampai mengekang segala interaksi pasangan dengan orang-orang sekitar? Cemburu itu memang wajar, tapi gak boleh berlebihan.

Pasangan kalian itu manusia yang butuh sosialisasi. Wajar jika pasangan berinteraksi dengan teman lawan jenisnya karena tuntutan oleh pekerjaan, sekolah dan lingkungannya.

6. Tidak pernah mau mengalah

7 Hal yang Dilakukan saat Pacaran Ini Ternyata Toksikilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/RODNAE Productions)

Salah satu kunci dalam hubungan langgeng adalah mengalah. Terkadang kamu atau pasanganmu harus menahan ego masing-masing meskipun tidak salah. Kalau pasanganmu atau kamu tidak mau mengalah dan mementingkan ego masing-masing, itu cuma bikin hubungan kamu dan dengan pasanganmu akan hancur.

7. Melakukan kekerasan fisik maupun verbal

7 Hal yang Dilakukan saat Pacaran Ini Ternyata Toksikilustrasi kekerasan fisik dalam hubungan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Ini merupakan tanda akhir yang paling parah dari hubungan yang sangat toksik. Melakukan kekerasan fisik ataupun verbal adalah hal yang sangat tidak dibenarkan terlepas dari alasan apa pun. Hal tersebut tidak hanya akan menyakiti pasangan sesaat, tapi juga bisa membuat pasangan trauma. Kalau sudah trauma dan menjadi luka batin, itu akan sangat sulit diobati.

Kerap dilakukan orang-orang, bukan berarti hal tersebut dibenarkan. Segera komunikasi dengan pasanganmu jika kamu mengalami hal-hal di atas. Kamu juga bisa minta bantuan pada orang lain jika kamu merasa sulit keluar dari hubungan toksik.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Butuh Waktu dan Keberanian Putus dari Hubungan Toksik

Dinda Chairun Nissa Photo Writer Dinda Chairun Nissa

Suka Menginspirasi dan Terinspirasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya