Comscore Tracker

Bisa Tambah Masalah, Hindari 5 Kalimat Ini saat Debat dengan Pasangan

Tetap tunjukkan rasa hormat meskipun sedang kesal 

Berdebat dengan pasangan adalah hal yang normal dan bisa menjadi cara yang sehat untuk menyelesaikan perbedaan. Perdebatan yang adil dalam hubungan romantis melibatkan perselisihan pendapat sambil tetap menghormati satu sama lain. Sebaliknya, apa pun yang mengikis cinta membuat perdebatan menjadi tidak sehat dan beracun.

Itulah mengapa sangat penting untuk menghindari kebiasaan berdebat yang tidak sehat, seperti melontarkan kalimat yang tidak pantas. Jadi, agar tidak menambah masalah dan membuatmu menyesal nantinya, pastikan kamu menghindari kalimat ini saat berdebat dengan pasangan.

1. “Aku benci kamu!”  

Bisa Tambah Masalah, Hindari 5 Kalimat Ini saat Debat dengan Pasanganilustrasi perempuan sedang marah (pexels.com/Alex Green)

Baiklah, saat kamu melontarkan frasa ini, kamu mungkin tidak bersungguh-sungguh membenci pasanganmu. Namun, mengatakan bahwa kamu membenci pasanganmu adalah hal yang sangat dilarang saat berdebat.

Jika kamu membenci sesuatu, artinya hal tersebut tidak ada nilainya bagimu. Ini juga bisa berarti bahwa kamu ingin agar sesuatu itu keluar dari hidupmu. Tak peduli apa yang mendasari perdebatan kalian, tanyakan pada dirimu sendiri apakah kamu benar-benar membenci pasanganmu dan ingin ia pergi dari hidupmu? Meskipun kamu sendiri tidak bermaksud demikian, tapi kalimat "Aku benci kamu," memberikan kesan seperti itu.

2. “Kamu gak pernah belajar dari kesalahanmu yang dulu!”  

Bisa Tambah Masalah, Hindari 5 Kalimat Ini saat Debat dengan Pasanganilustrasi dua orang sedang bertengkar (pexels.com/RODNAE Production)

Tidak adil untuk mengungkit kembali kesalahan pasanganmu di masa lalu saat kalian berdebat. Bahkan, ini bisa menambah topik perdebatan dan membuka kembali luka di masa lalu.

Setelah sebuah masalah dibicarakan dan diselesaikan, buang masalah tersebut dari kepalamu dan jangan pernah digali lagi. Ketika kamu menyerang pasangan dengan kesalahan masa lalu yang ia lakukan, ini akan membuat ia sakit hati dan merasa bahwa kamu tidak menghargai perubahan yang sedang ia usahakan. Untuk itu, pertahankan perdebatan hanya pada topik dan jangan membuatnya semakin melebar.

Baca Juga: 5 Cara Atasi Pertengkaran dengan Pasangan Akibat Masalah yang Sama

3. “Kalau kamu gitu, aku bakal selingkuh!”  

Bisa Tambah Masalah, Hindari 5 Kalimat Ini saat Debat dengan Pasanganilustrasi laki-laki dan perempuan sedang bertengkar (pexels.com/RODNAE Productions)

Saat hubungan tidak berjalan baik, kadang seseorang mengancam akan selingkuh untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Namun, mengancam untuk berselingkuh sangat mengganggu kestabilan hubungan dan merusak rasa aman pasangan.

Meskipun kamu hanya mengatakannya karena emosi dan tidak benar-benar berniat selingkuh, ini akan membuat pasangan merasa terancam. Gara-gara ancaman ini, bisa jadi ia berubah menjadi posesif atau bahkan berniat selingkuh. Jadi, fokuslah pada masalah yang ada dan jangan melontarkan ancaman kosong seperti ini.

4. “Aku gak butuh kamu!”  

Bisa Tambah Masalah, Hindari 5 Kalimat Ini saat Debat dengan Pasanganilustrasi pasangan sedang bertengkar (pexels.com/Budgeron Bach)

Dalam setiap argumen, harga diri akan memainkan peran. Mengatakan pada pasangan bahwa kamu tidak membutuhkannya akan melukai harga dirinya dan membuat sikapnya berubah.

Tidak mudah melupakan pernyataan kuat seperti itu bagi siapa pun yang mendengarnya. Itu akan terus muncul di benak pasanganmu, bahkan setelah perdebatan usai. Sebagai pasangan, sudah semestinya kalian membuat satu sama lain merasa dibutuhkan dan divalidasi.

5. “Kamu mau nurut atau kita pisah?”  

Bisa Tambah Masalah, Hindari 5 Kalimat Ini saat Debat dengan Pasanganilustrasi laki-laki dan perempuan sedang bertengkar (pexels.com/Keira Burton)

Tak peduli seberapa marahnya kamu, kamu dilarang keras menggunakan ultimatum. Jika kamu menggunakan ultimatum, itu akan tampak seperti perintah dan pasanganmu akan bersikap defensif.

Ultimatum juga bukanlah solusi yang baik untuk setiap perdebatan karena ini akan menjadikan kamu tampak egois. Belum lagi jika pasanganmu memilih untuk benar-benar meninggalkanmu daripada menuruti tuntutanmu, bukankah kamu akan lebih menyesal nantinya? Jadi, lebih baik jika kamu mengungkapkan apa yang kamu rasakan sehingga ia mengetahui rasa sakit yang kamu alami dan mau berkompromi.

Perdebatan yang sehat seharusnya membuat kamu dan pasangan sama-sama bisa menyampaikan maksud kalian, bukannya menambah masalah dan menimbulkan penyesalan. Sehebat apa pun perdebatan, tahan diri untuk tidak mengatakan semua hal di atas. Jika tanpa sengaja kamu melontarkannya, segera minta maaf dan jelaskan bahwa kamu tidak bermaksud demikian.

Baca Juga: 5 Ucapan untuk Mendinginkan Suasana setelah Perdebatan

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya