Comscore Tracker

5 Manfaat yang Akan Didapat jika Tidak Pamer Kemesraan di Media Sosial

Gak perlu validasi orang lain bahwa kamu bahagia

Bagi sebagian orang, terasa sangat menyenangkan untuk mendokumentasikan dan memamerkan kemesraan di media sosial. Tetapi, jika kehidupan mulai berputar di sekitar berbagi hubungan secara online, ini artinya media sosial telah mengundang drama ke dalam hidupmu. Atau jika kamu mendapati dirimu lebih sibuk menatap ponsel, daripada menghabiskan waktu dengan pasanganmu, berarti media sosial justru berdampak buruk bagi hubunganmu.

Sebenarnya, sah-sah saja jika kamu ingin membagikan hubunganmu secara online, tetapi kamu akan mendapatkan manfaat lebih jika tidak terlalu membawa hubunganmu ke media sosial atau memamerkannya. Ini dia beberapa manfaat yang akan kamu dapat jika tidak memamerkan kemesraan di media sosial.

1. Meningkatkan rasa keaslian dalam hubungan

5 Manfaat yang Akan Didapat jika Tidak Pamer Kemesraan di Media Sosialpexels.com/Jack Sparrow

Saat menikmati momen bersama pasangan tanpa terganggu oleh saat-saat harus mengambil foto atau video, memikirkan caption, dan mengunggahnya ke media sosial, dapat membantu meningkatkan rasa keaslian dalam hubunganmu. Sebaliknya, jika kamu membuat acara khusus dengan pasangan dengan niat untuk pamer di media sosial, energi akan berubah dari menikmati momen kebersamaan menjadi momen mendokumentasikan kesenangan.

Jadi, dengan menyingkirkan media sosial, terutama pada momen-momen penting, hubungan akan terasa jauh lebih nyata.

2. Mengurangi tekanan

5 Manfaat yang Akan Didapat jika Tidak Pamer Kemesraan di Media Sosialunsplash.com/Nathan McBride

Dengan mengurangi fokus pada media sosial, dan memfokuskan jiwa ragamu pada momen yang benar-benar kamu alami, ini akan menghilangkan banyak tekanan. Sebab, bagi banyak orang, media sosial bukan hanya tentang berbagi kenangan, melainkan lebih banyak tentang mengikuti orang lain dan keinginan untuk terlihat oleh orang lain.

Hal ini kadang membuat stres, dan mungkin membuatmu cenderung merasa iri pada orang lain. Dengan menjauhkan hubunganmu dari media sosial, kamu menghilangkan tekanan untuk menjaga penampilan dan rasa keharusan untuk membuktikan pada orang lain bahwa kamu memiliki hubungan yang bahagia.

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Hubungan Jarak Jauh, Gak Melulu Soal Teknologi

3. Membuat kamu dan pasanganmu lebih dekat

5 Manfaat yang Akan Didapat jika Tidak Pamer Kemesraan di Media Sosialunsplash.com/Nicole Geri

Hal yang menarik dari berada dalam suatu hubungan adalah berbagi waktu dengan orang yang kamu sayangi. Namun, mengeluarkan ponsel dan menjadikan semua tentang media sosial justru dapat merusak momen spesial.

Ketika kamu dapat menghilangkan perilaku berorientasi pada diri sendiri dan keinginan untuk pamer serta mengubahnya lebih ke arah perilaku berorientasi pasangan, ini akan meningkatkan empati dan kasih sayang.

4. Terhindar dari keinginan untuk membandingkan hubungan dengan orang lain

5 Manfaat yang Akan Didapat jika Tidak Pamer Kemesraan di Media Sosialunsplash.com/Toa Heftiba

Manfaat besar lainnya yang akan kamu dapatkan dengan menjauhkan hubungan dari media sosial adalah menyingkirkan kebiasaan membandingkan hubunganmu dengan orang lain. Walaupun kadang tidak disadari, tapi kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain akan merugikan kesehatan mental dan kesehatan hubungan.

Tanpa disadari, kamu mungkin iri dengan apa yang dilakukan pasangan lain dan berharap hubunganmu bisa lebih dari yang sekarang. Padahal sebenarnya hubunganmu dalam keadaan baik-baik saja. Juga, penting untuk diingat bahwa apa yang diposting orang di media sosial hampir selalu merupakan hasil kurasi, jadi hal yang benar-benar penting adalah hubunganmu dalam kehidupan nyata.

Tanpa memiliki rasa keharusan untuk pamer kemesraan di media sosial, kamu akan memiliki lebih banyak peluang untuk terhubung dan menikmati kebersamaan satu sama lain tanpa keinginan untuk membandingkan atau mendapatkan validasi dari orang lain.

5. Menjaga privasi

5 Manfaat yang Akan Didapat jika Tidak Pamer Kemesraan di Media Sosialunsplash.com/Priscilla Du Preez

Dengan tidak terlalu membawa hubunganmu ke media sosial, berarti kamu telah menjaga privasi hubunganmu dan menjauhkannya dari opini luar yang berpotensi negatif atau beracun. Hal ini juga membuktikan bahwa kamu telah menjadikan hubungan dan pasangan sebagai prioritas di atas gengsi.

Tampilan di media sosial bukanlah gambaran sesungguhnya seputar suatu hubungan, jadi kamu atau si dia tidak perlu repot-repot memamerkan kemesraan di media sosial untuk membuktikan kebahagiaan kalian.

Baca Juga: Gak Semua Hal Perlu Dibagi di Media Sosial, Ini 5 Alasannya

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya