Comscore Tracker

5 Tanda Teman Memberikan Pengaruh Negatif padamu, Mending Jaga Jarak!

Yuk, kenali tandanya #IDNTimesLife

Teman dapat memberikan semangat, inspirasi, dan membantu kamu menemukan bagian terbaik dari dirimu. Namun, persahabatan bisa sama rumitnya dengan hubungan romantis. Kadang, ada hal-hal yang tidak beres di dalamnya. 

Teman yang tepat bisa memberikan dampak yang positif bagimu, begitu pula dengan teman yang salah tentu bisa memberikan dampak yang buruk. Namun, sering kali, tanda ini tidak disadari karena keburukan tersebut sudah tertutup dengan rasa percaya dan embel-embel pertemanan.

Meskipun begitu, kamu tidak boleh abai dan membuat dirimu semakin dalam terjebak dalam masalah. Berikut ini beberapa tanda jika temanmu memberikan pengaruh buruk.

1. Kata-katanya membuat kamu merasa tidak percaya diri

5 Tanda Teman Memberikan Pengaruh Negatif padamu, Mending Jaga Jarak!Unsplash.com/Trung Thanh

Senang rasanya memiliki teman yang dapat memberitahu apa yang salah pada kita secara langsung. Namun, jika hal ini berubah menjadi kritik, bisa jadi ada sesuatu yang tidak beres. Orang yang sengaja membuat kamu malu atau menanamkan keraguan di benakmu bukanlah teman sejati.

Pikirkan apakah kritik yang temanmu berikan itu konstruktif atau negatif. Jika negatif, cobalah berbicara kepada teman dan beri tahu mereka bagaimana komentar mereka memengaruhi perasaanmu. Jika mereka tidak terbuka untuk mendengarkan dan berusaha membuat kamu nyaman, lebih baik tinggalkan.

2. Iri dengan kebahagiaanmu

5 Tanda Teman Memberikan Pengaruh Negatif padamu, Mending Jaga Jarak!pexels.com/nappy

Tidak apa-apa jika seorang teman tidak mengadakan pesta kejutan untuk merayakan hal baik yang terjadi padamu. Namun, ketika mereka secara aktif menghalangi kesuksesanmu, ini adalah tanda yang pasti adanya masalah pada pertemananmu. Bisa jadi, ini disebabkan adanya kecemburuan yang dirasakan temanmu.

Teman sejati akan senang atas pencapaianmu dalam hidup dan membuat kamu merasa dicintai. Jadi, jika temanmu terus mengubah kebahagiaanmu menjadi duka, dia mungkin bukan teman suportif yang kamu butuhkan dalam hidup.

Baca Juga: Perhatikan! Ini 5 Tanda Kamu Perlu Memperluas Lingkaran Pertemanan

3. Membuat kamu tidak tenang

5 Tanda Teman Memberikan Pengaruh Negatif padamu, Mending Jaga Jarak!pexels.com/Rafael Barros

Menghabiskan waktu dengan teman dekat seharusnya membuat kamu merasa lebih baik secara umum. Namun, mungkin kamu merasa bahwa menghabiskan waktu dengan satu temanmu membuat kamu tidak nyaman atau kesal.

Kamu bahkan mungkin tidak memiliki penjelasan yang baik bagaimana. Namun, ketika meninggalkannya, kamu merasa lebih lega dan tidak ingin menghabiskan waktu bersama mereka. Jika kamu menyadari perasaan tidak nyaman ini, pertimbangkan untuk memeriksa temanmu untuk mencari tanda-tanda lain bahwa ada yang tidak beres.

4. Merusak kepercayaanmu

5 Tanda Teman Memberikan Pengaruh Negatif padamu, Mending Jaga Jarak!pexels.com/fauxels

Suatu ketika, kamu memberi tahu seorang teman tentang sesuatu secara rahasia. Lalu, keesokan harinya, seluruh lingkaran sosialmu mengetahui detailnya. Boleh jadi, temanmu ini memang senang menyebarkan rahasia, bahkan ketika kamu memintanya untuk merahasiakan informasi pribadi.

Teman seperti ini tidak terlalu peduli dengan perasaanmu dan akan terus-menerus merusak kepercayaanmu. Jadi, jangan katakan sesuatu yang penting padanya.

5. Meningkatkan stres

5 Tanda Teman Memberikan Pengaruh Negatif padamu, Mending Jaga Jarak!unsplash.com/Priscilla Du Du Preez

Salah satu manfaat utama memiliki sahabat adalah mengurangi stres. Bertemu teman mungkin tidak selalu membuatmu merasa 100 persen lebih baik, tetapi kamu sepatutnya merasakan peningkatan.

Namun, kamu juga harus memperhatikan dengan siapa kamu berteman. Alih-alih mengurangi stres, teman yang buruk justru dapat menjadi pemicu stres, misalnya dengan mengatakan atau melakukan hal-hal yang membuat kamu kesal saat sedang menghabiskan waktu bersama.

Bahkan, ketika tidak bersamanya, kamu mungkin menghabiskan banyak waktu memikirkan kembali interaksi negatifmu. Hal ini membuat kamu merasa tegang, mudah tersinggung, bahkan sangat buruk.

Teman memiliki dampak yang luar biasa bagi kehidupan. Jika kamu yakin temanmu memberikan pengaruh buruk, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, yaitu jaga jarak dengan teman tersebut, bicara secara terbuka, minta dia supaya berubah, atau memutuskan pertemanan dengannya jika ia tidak mau berubah.

Baca Juga: Kamu Beruntung! Ini 5 Tanda Kamu Punya Circle Pertemanan yang Baik

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya