Comscore Tracker

5 Cara Atasi Cemburu yang Menggebu agar Gak jadi Konflik

Cemburu itu manusiawi, tinggal bagaimana kamu bereaksi 

Salah satu yang menjadi penyebab terjadinya pertengkaran dalam hubungan asmara adalah kobaran api cemburu. Gak sedikit pertengkaran tersebut yang membawa perpisahan pada pasangan. Kamu pasti gak mau, dong hubungan asmara berakhir seperti itu?

Oleh karena itu, kamu harus belajar bijaksana dan cerdas dalam mengelola perasaan cemburu agar gak menggebu-gebu. Ketika kamu merasa cemburu, kamu mungkin merasa takut kehilangan dan curiga kalau pasanganmu tertarik dengan yang lain. Nah, supaya perasaan negatif itu gak merusak hubungan kalian. Berikut adalah lima cara berkelas mengatasi rasa cemburu yang bisa kamu lakukan.

1. Akui dulu bahwa kamu memang cemburu 

5 Cara Atasi Cemburu yang Menggebu agar Gak jadi Konflikilustrasi merenung (pexels.com/Dids)

Terkadang banyak orang-orang yang bersikap cemburu, namun mereka sering gak menyadarinya. Bahkan, ada juga beberapa orang yang gak mau mengakui bahwa mereka cemburu. Justru, sebenarnya yang harus kamu lakukan untuk pertama kalinya saat merasa cemburu adalah mengakui adanya rasa itu dan menerimanya.

Misalnya, saat pasangan sedang berada di dekat teman satu kantornya lawan jenis dan menurut kamu temannya itu sangat menarik tampilannya. Akui saja kamu merasa cemburu melihat itu. Setelahnya, tenangkan diri dan pikirkan kembali tentang sesuatu yang kamu rasakan. Karena, jika seseorang cemburu, dia akan mengesampingkan fakta-fakta yang ada.

Dengan memikirkan kembali tentang rasa cemburumu itu bisa membuat kamu terbuka terhadap kenyataan. Untuk meredakan rasa cemburu yang berlebihan, kamu juga perlu merenungkannya kembali agar kamu mampu memahami sikap dari pasanganmu.

2. Berusahalah untuk tetap tenang 

5 Cara Atasi Cemburu yang Menggebu agar Gak jadi Konflikilustrasi menyendiri (pexels.com/Pixabay)

Apabila kamu sudah mengakui dan menerima rasa cemburu tersebut, tarik napas dan cobalah untuk tetap tenang. Pertahankan kestabilan emosi kamu supaya gak membuat hati semakin panas dan menimbulkan konflik dengan pasanganmu. Jika ada rasa khawatir yang berlebihan, itu wajar. Nah, tetaplah menjaga emosi dan jangan langsung melampiaskan emosi negatif itu.

Meskipun kamu gak bisa benar-benar menghilangkan rasa marah, khawatir dan cemas saat sedang cemburu, cobalah untuk tetap tenang dan merenungkan kembali tentang apa yang kamu rasakan dengan kepala dingin. Ada baiknya, kamu menjaga jarak sejenak dari pasanganmu, supaya emosi negatif tersebut dapat kamu kelola dengan baik dan pertengkaran bisa terhindarkan.

Baca Juga: 5 Hal Positif dari Perasaan Cemburu, Gak Selamanya Buruk

3. Ingatlah kembali pada prinsip hubungan asmara kamu dan pasangan 

5 Cara Atasi Cemburu yang Menggebu agar Gak jadi Konflikilustrasi mengingat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mengingat kembali tentang prinsip yang menjadi pegangan kalian dalam menjalin hubungan asmara itu juga ampuh mengatasi rasa cemburu. Misalnya, kamu dan pasangan sepakat untuk memegang prinsip pada sebuah kepercayaan satu sama lain.

Perhatikan lagi, apakah segala perkataannya selama ini merefleksikan pada perbuatannya? Sebuah kepercayaan tentu sangat penting dalam menjalin hubungan. Jika dia benar-benar bisa dipercaya dalam menjaga kesetiaan padamu, tentu hubunganmu dengannya akan tetap berjalan dengan baik.

Maka, saat kamu sedang merasa cemburu yang berlebihan, ada baiknya untuk mengingat kembali, apakah hubungan kalian sudah benar-benar didasari oleh kepercayaan atau belum? Dengan begitu, kamu akan lebih bijak dalam mengambil sikap agar rasa cemburumu bisa mengarah ke yang sehat.

4. Ajaklah pasanganmu untuk berkomunikasi 

5 Cara Atasi Cemburu yang Menggebu agar Gak jadi Konflikilustrasi berbicara (pexels.com/William Fortunato)

Mempunyai komunikasi yang terbuka dan lancar adalah ciri hubungan yang sehat. Gak ada salahnya jika kamu mengungkapkan rasa cemburu pada pasanganmu. Bicarakan saja tentang rasa ini padanya dengan tenang agar dia bisa menerima pesanmu dengan baik.

Setelah kamu menyampaikan dan dia menerimanya. Beri tahu padanya tentang bagaimana kamu ingin diperlakukan, supaya api cemburu gak semakin berkobar. Misalnya, kamu menginginkan dia untuk sesekali memberi kabar padamu supaya kamu gak khawatir dan berpikiran negatif.

5. Jangan menuduh atau menghakiminya 

5 Cara Atasi Cemburu yang Menggebu agar Gak jadi Konflikilustrasi menuduh (pexels.com/Budgeron Bach)

Cemburu yang menggebu alias cemburu buta dapat membuat kamu menuduh pasangan mengkhianati kesetiaan padamu. Rasa cemburu yang gak sehat seperti ini jika gak kamu kelola dengan baik, maka dapat menimbulkan konflik yang terus membesar.

Oleh karena itu, kamu perlu mengubah pola pikir dan cara pandangmu terhadap sesuatu. Pikirkan segala hal dengan objektif dan libatkanlah logika. Misalnya, kamu merasa khawatir jika di kantor akan ada banyak orang yang menyukai pasanganmu. Cobalah berpikir bahwa tujuan utama pasanganmu bekerja adalah mencari nafkah dan bukan untuk tebar pesona. Jadi, tenangkan dulu pikiranmu sebelum menuduh dan menghakiminya.

Kunci utama agar rasa cemburu gak semakin menggebu adalah berpikir dengan tenang. Rasa cemburu dalam sebuah hubungan asmara memang sulit untuk kamu cegah. Tapi, kelima cara di atas mampu membantumu dalam mengatasi dan mengelola rasa tersebut dengan baik.

Baca Juga: 5 Pertimbangan sebelum Menyatakan Cemburu pada Pasangan

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya