Comscore Tracker

5 Tips agar Tak Jatuh Cinta pada Orang yang Salah, Bikin Sakit Hati!

Biar hati tak terus-menerus tersakiti

Jatuh cinta kepada siapa, terkadang memang sulit ditebak. Sebab, hati yang sudah terlanjur menyayangi secara berlebihan, kerap tak mampu menyeimbangkan dengan logika pikiran.

Inilah yang menyebabkan seseorang jadi sakit hatinya, jika ternyata jatuh cinta pada orang yang salah. Oleh karena itu, cobalah terapkan beberapa tips berikut ini supaya kamu tak mengalaminya.

1. Mengenali diri sendiri

5 Tips agar Tak Jatuh Cinta pada Orang yang Salah, Bikin Sakit Hati!ilustrasi merenung (pexels.com/Burst)

Semakin kamu mengenal jati diri yang sesungguhnya, maka itu memudahkanmu dalam menemukan sosok kekasih idaman. Tak hanya itu, bahkan bisa lebih tepat.

Kamu pun akan semakin tahu, seperti apa dia yang kamu tuju. Karakter yang bagaimana yang cocok untukmu. Tipe cowok atau cowok yang humoriskah atau sebagainya.

2. Menyayangi diri

5 Tips agar Tak Jatuh Cinta pada Orang yang Salah, Bikin Sakit Hati!ilustrasi menyayangi diri sendiri (pexels.com/Gustavo Fring)

Jangan lupa menyayangi diri terlebih dulu, sebelum kamu akan mencintai seseorang yang sedang kamu cari untuk dijadikan gebetan hingga pasangan. Pribadi yang mencintai dirinya, tak akan salah dalam hal jatuh cinta.

Dengan demikian, nanti setelah berhubungan, hatimu tak akan sering merasa tersakiti. Sebab, kamu pandai menyayangi diri dan dapat menemukan sosok yang tepat di hati.

Baca Juga: 5 Tips agar Kamu Terhindar dari Jatuh Cinta Secara Berlebihan

3. Memiliki kriteria pasangan

5 Tips agar Tak Jatuh Cinta pada Orang yang Salah, Bikin Sakit Hati!ilustrasi menentukan kriteria pasangan idaman saat proses pendekatan (pexels.com/cottonbro)

Milikilah kriteria pasangan yang kamu inginkan. Ini dapat menghindarkanmu jatuh cinta pada orang yang tidak tepat. Maka, pahami betul dan pastikan dekati mereka yang memang masuk dalam kriteriamu.

Sudahkah kamu menentukan kriterianya? Jangan sampai kamu asal dalam mendekati gebetan, ya. Sebab, itu yang membuatmu patah hati nantinya. Jika kamu menjalin hubungan dengan sosok yang bukan kriteriamu, maka akan ada saja konflik yang muncul.

4. Berkenalan dengan banyak orang

5 Tips agar Tak Jatuh Cinta pada Orang yang Salah, Bikin Sakit Hati!ilustrasi orang berkenalan (pexels.com/Mikhail Nilov)

Untuk bisa menemukan tambatan hati yang sesuai idaman, memang kamu harus berani berkenalan dengan banyak orang. Jangan terburu-buru jatuh cinta, kenali dulu secara lebih dalam beberapa gebetan yang kamu punya.

Semakin banyak orang yang kamu kenal, semakin mudah menemukan sosok yang memang kamu inginkan sebagai kekasih hingga jenjang pernikahan. Tak perlu ragu dan malu untuk mengenalnya lebih dulu, dan menjalin pertemanan sambil menyelami kepribadiannya.

5. Mempunyai beberapa gebetan

5 Tips agar Tak Jatuh Cinta pada Orang yang Salah, Bikin Sakit Hati!ilustrasi proses pendekatan bersama gebetan (pexels.com/SHVETS production)

Punya banyak gebetan bukan hal yang salah. Tindakan ini juga bukan berniat untuk mempermainkan, karena tujuanmu supaya tidak salah dalam jatuh cinta.

Sebab, jika kamu hanya mempunyai satu gebetan, biasanya akan sayang secara berlebihan. Meskipun, dia bukanlah sosok yang benar-benar diinginkan.

Siapa saja pasti ingin mendapatkan pasangan yang baik dan tepat untuknya. Maka, jangan sampai hatimu terisi oleh sosok yang salah.

 

Beberapa tips tadi bisa membantumu saat dalam proses mencari gebetan maupun pasangan. Sehingga, kamu bisa terhindar dari kesalahan dalam jatuh cinta. Mempunyai pasangan yang tepat, mampu menjadikan hubungan asmara sehat dan pastinya membahagiakan kalian yang menjalaninya.

Baca Juga: 5 Jenis Cinta yang Biasanya Dirasakan Setiap Orang, Apa Saja? 

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya