Comscore Tracker

Kenapa Ada Satu Orang yang Terlihat Lebih Menarik daripada Lainnya? 

#IDNTimesLife fisik dan kepribadian sama-sama punya peran

Apa kamu pernah bertanya-tanya, kenapa ada orang yang terlihat memikat dan yang lainnya biasa aja? Selain didasari oleh penilaian subjektif, ada hal tertentu yang secara umum dimiliki oleh mereka yang punya kecenderungan lebih atraktif.

Kami mencari tahu alasan universal yang membuat orang lebih menarik melalui beberapa studi. Hasilnya menunjukkan, antara penampilan dan kepribadian sama-sama punya peran. Untuk mengetahui selengkapnya, simak ulasannya beberapa penelitian dan pendapat ahli berikut!

1. Ada lima faktor yang menyebabkan kenapa seseorang terlihat begitu menarik

Kenapa Ada Satu Orang yang Terlihat Lebih Menarik daripada Lainnya? pexels.com/Katerina Holmes

Kamu barangkali pernah mendapati sosok primadona sekolah atau orang yang paling menawan seangkatan di kampus. Pernah gak terbesit dalam pikiranmu, kenapa banyak orang bisa menyukai satu orang yang sama? 

Dilansir BBC UK, Dr. Claire Hart, Profesor Psikologi di University of Southampton untuk mata kuliah Psychology of Attraction, menyebutkan lima faktor yang membuat seseorang terlihat menarik. Lima pendekatan itu adalah sebagai berikut:

  1. Proximity, di mana kamu akan tertarik dengan orang yang lebih dekat atau sering kamu lihat;
  2. Similarity, ketika orang yang kamu suka memiliki ketertarikan, nilai, atau minat yang sama;
  3. Reciprocity, saat kamu mulai menaruh perhatian pada orang yang menyukaimu;
  4. Physical attractiveness, faktor terkait seberapa good looking seseorang di matamu;
  5. Familiarity, ketika kamu lebih menyukai orang yang memberi rasa nyaman.

2. Artis yang mengalami cinta lokasi atau hubungan setelah penggarapan film, adalah contoh proximity berdasarkan frekuensi pertemuan

Kenapa Ada Satu Orang yang Terlihat Lebih Menarik daripada Lainnya? instagram.com/chelseaoliviaa

Dilansir Insider, J. Celeste Walley-Jean, Profesor Psikologi di Clayton State University, mengatakan bahwa pertemuan dengan seseorang secara intens, membuat kita lebih mungkin tertarik dengannya.

Meski ketertarikan itu bukanlah sesuatu yang bisa dijelaskan dengan konkret, namun coba kamu perhatikan artis yang kedapatan menjalin kasih setelah penggarapan film atau serial. Ini terkait faktor proximity sebelumnya, bahwa ketertarikan bisa muncul dari orang yang punya kedekatan secara intens sama kamu. 

3. Studi lain menyebutkan, beberapa orang lebih tertarik dengan mereka yang memiliki karakteristik gen berbeda

Kenapa Ada Satu Orang yang Terlihat Lebih Menarik daripada Lainnya? pexels.com/Yaroslav Shuraev

Terkait dampak perkawinan sedarah yang lebih mungkin menghasilkan keturunan abnormal, topik ini barangkali masih beririsan dengan studi yang dilakukan oleh Profesor Maria da Graca Bicalho, kepala Laboratorium Imunologenetika dan Histokompatibilitas di Universitas Parana, Brazil. 

Ia dan tim menghasilkan temuan bahwa orang dengan beragam Mayor Histocompability Complex (MHC), lebih mungkin memilih satu sama lain sebagai pasangan daripada mereka yang memiliki MHC serupa. Ini merupakan strategi evolusioner untuk memastikan reproduksi yang sehat. 

Dalam penelitian Opposites Attract: How Genetics Influences Humans to Choose Their Mates ini, Maria da Graca Bicalho dan tim ingin menunjukkan bahwa sedikit variasi biologi dalam hal reproduksi akan menguntungkan individu.

Ketika MHC sangat berbeda dengan pasangan, bahaya perkawinan dengan gen yang sama, jadi terhindar dan variabilitas genetik dari keturunan yang dihasilkan akan meningkat. Artinya, memilih pasangan dengan karakter berbeda akan menghasilkan keturunan lebih sehat serta memiliki kekebalan lebih baik. 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa kamu bisa saja lebih tertarik pada seseorang yang memiliki karakteristik berbeda denganmu. Sebab secara biologis, dengan berpasangan sama dia, kalian akan menghasilkan keturunan lebih sehat karena gen yang lebih bervariatif. 

Baca Juga: Keyakinan Seperti Ini yang Bikin Orang Sulit Bertemu Jodoh

4. Perilaku altruistik individu menjadi salah satu alasan kenapa ia terlihat menarik dan lebih disukai

Kenapa Ada Satu Orang yang Terlihat Lebih Menarik daripada Lainnya? pexels.com/Katie E

Dalam studi Personality and Individual Differences 'Personality Manipulations: Do they modulate facial attractiveness ratings?' oleh Yan Zhang dan timnya, menunjukkan jika seseorang yang baik hati, membuatnya tampak menarik dan lebih disukai. Penelitian ini menempatkan karakter positif pada foto seseorang yang hasilnya dinilai lebih tampan daripada yang tidak. 

Lebih lanjut lagi, perilaku altruistik bahkan menjadi salah satu kualitas yang disukai bahkan menjadi indikator nenek moyang kita dalam menemukan jodoh. Dilansir dari Insider, Tim Phillips, Psikiater dari University of Nottingham, mengatakan bahwa biaya membesarkan anak yang semakin tinggi membuat orang terdahulu harus memilih pasangan yang bersedia dan mampu menjadi orangtua yang baik dan bertahan lama.

Inilah kenapa menurut Phillips, tampilan altruisme bisa saja memberikan petunjuk akurat yang menyebabkan hubungan antara altruisme manusia dan seleksi seksual. 

5. Apa-apa yang menarik bagi individu dapat berkembang dan berubah seiring dengan tingkat kedewasaan yang lebih matang

Kenapa Ada Satu Orang yang Terlihat Lebih Menarik daripada Lainnya? pexels.com/ Kamil

Dilansir Elitedaily, Dr. Michele Kerulis, Terapis Klinis dan Konselor di Counseling @Northwestern, mengatakan bahwa tingkat kedewasaan seseorang berperan besar dalam ketertarikan. Semakin seseorang dewasa, maka mereka akan semakin memahami dirinya, dan ini bisa ditunjukkan dengan bagaimana mereka mencari pasangan yang tepat.

Bagi Dr. Kerulis, orang dengan usia muda mungkin lebih tertarik dengan aspek eksternal individu (penampilan fisik) dan kurang memperhatikan faktor internal (kepribadian), nilai, dan ide, serta bagaimana pasangan memperlakukan orang lain.

"Ketika Anda mulai dewasa, saya pikir orang-orang lebih melihat gambaran keseluruhan dan bukan hanya penampilan atau ketertarikan seksual awal. Saya pikir kedewasaan dan pengalaman seseorang mengantarkan mereka memahami pasangan seperti apa yang akan memuji mereka. Jadi, itu tergantung bagaimana proses kedewasaan dan pemahaman individu yang berfungsi dalam suatu hubungan," jelas Dr. Kerulis. 

Dari penjelasan terakhir, kita jadi tahu bahwa indikator ketertarikan itu bisa berkembang dan berubah ketika seseorang jadi lebih dewasa. Seseorang yang lebih matang mampu mempertimbangkan banyak faktor, mulai dari ketertarikan fisik hingga kepribadian. 

Baca Juga: Masih Sering Insecure sama Hubungan Kamu? Sadari Sebelum Jadi Kronis

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya