Comscore Tracker

6 Tips Tetap Tenang Ketemu Orangtua Pacar, Biar Dilirik Jadi Mantu!

Tenang, kamu gak lagi di medan perang!

Sekian lama sudah menjalin hubungan, pasti akan tiba waktunya kamu harus memperkenalkan diri pada orangtua pacar. Mungkin kamu sudah mengenal mereka lewat cerita, namun bertemu sama orang tua pacar apalagi untuk pertama kali nyatanya butuh keberanian yang besar. Terlebih kalau kamu saat ini sudah berusia matang, gak lagi menjalani hubungan 'cinta monyet' seperti sebelumnya.

Namanya bertemu dengan orang yang nanti bakal jadi orangtuamu, sedikit besar pasti ada rasa deg-degan. Namun tenang dulu, kamu bisa melakukan beberapa persiapan sebelum menghadapi orangtua pacarmu. Apa saja? Yuk, disimak.

1. Ulik segala hal tentang orangtua pacar sebelum bertemu, baik apa yang mereka suka maupun yang kurang begitu mereka suka

6 Tips Tetap Tenang Ketemu Orangtua Pacar, Biar Dilirik Jadi Mantu!dramabeans.com

Untuk urusan mencari tahu apa saja yang disukai dan tidak disukai orangtua pacarmu, kamu harus bekerja sama dengan pacarmu. Minta dia menceritakan bagaimana karakter keluarganya, tipe orangtuanya, atau anggota keluarga lainnya.

Mungkin ini kesannya berlebihan, tapi gak ada salahnya ketimbang nanti kamu kagok dan gak tahu apa-apa saat bertemu pertama kali dengan mereka. Setidaknya kamu punya gambaran bagaimana orangtua pacarmu, biar kamu bisa memperlakukan mereka dengan cara yang tepat. 

2. Tunjukkan penampilan yang sopan dan berbicaralah dengan penuh kelembutan, bangun obrolan yang sekiranya membuat mereka tertarik

6 Tips Tetap Tenang Ketemu Orangtua Pacar, Biar Dilirik Jadi Mantu!dramabeans.com

Ini tergantung bagaimana tipe orangtua pacarmu juga sih, kan ada juga orangtua yang tidak terlalu suka untuk bercakap. Tapi sebisa mungkin bangun berbagai topik bersama mereka dari mulai yang penting sampai gak penting. Manfaatkan waktu yang gak lama itu semaksimal mungkin. Kamu juga perlu mengambil momen yang tepat untuk berkunjung ke rumah atau mungkin saat menghadiri undangan acara keluarganya.

Tunjukkan penampilan yang sopan dan berbicaralah dengan penuh kelembutan. Mereka pasti akan kepincut sama calon menantu yang bisa membawa dirinya dengan baik.  Asal jangan kebanyakan membual, bersikap manis cukup diperlukan di momen seperti ini. 

3. Berikan pelukan hangat dan buah tangan, meski sederhana tapi akan menunjukkan kalau kamu perhatian

6 Tips Tetap Tenang Ketemu Orangtua Pacar, Biar Dilirik Jadi Mantu!dramabeans.com

Tetaplah hormat tetapi juga bisa jadi sosok yang bersahabat. Orangtua pacar suka ketika mereka lebih diperhatikan, ya meski dengan hal-hal sederhana seperti membelikan buah tangan mungkin. Itu menunjukkan kalau kamu antusias untuk bertemu dan menjalin hubungan yang lebih intens dengan mereka. Hal-hal seperti pelukan hangat atau hadiah kecil juga bisa menaikkan mood mereka. 

Baca Juga: Biar Gak Grogi, Ini 7 Tips Saat Silaturahmi Lebaran ke Calon Mertua 

4. Gak hanya dengan orangtua, kamu bisa mengambil lebih banyak interaksi dengan anggota keluarga lain untuk lebih mencairkan suasana

6 Tips Tetap Tenang Ketemu Orangtua Pacar, Biar Dilirik Jadi Mantu!dramabeans.com

Biar kamu gak melulu tegang di kediaman pacarmu, coba bangun komunikasi yang baik antara kamu dengan anggota keluarga lain. Kalau kamu melakukan ini, orangtua pacarmu akan menganggap kalau kamu orangnya terbuka dan mudah menyesuaikan diri. Ini akan jadi modal dasar yang sangat membantu untuk pedekate dengan orangtua pacarmu nanti.

Selain menyiapkan penampilan, kamu juga perlu menyiapkan mental untuk menghadapi respon keluarganya. Semua kemungkinan bisa terjadi, tapi cobalah tetap tenang dan jadi diri sendiri ya!

5. Persiapkan jawaban yang sekiranya akan mereka tanyakan, hal-hal penting mengenai rencana kalian ke depan

6 Tips Tetap Tenang Ketemu Orangtua Pacar, Biar Dilirik Jadi Mantu!dramabeans.com

Setidaknya kamu dan pacarmu sudah punya strategi untuk menjawab pertanyaan mereka dengan kompak. Jangan sampai kamu menunjukkan perbedaan yang terlalu kentara tentang hal-hal penting seperti masa depan dengan pacarmu.

Ajang mengenalkan kamu ke orangtua pacarmu juga perlu memperhatikan detail kecil seperti pertanyaan yang menjurus ke hubungan kalian. Persiapkan jauh hari seperti kamu sedang melakukan wawancara penting.

6. Beri pujian terhadap perhatian yang telah mereka berikan dan hormati perbedaan dalam keluarganya

6 Tips Tetap Tenang Ketemu Orangtua Pacar, Biar Dilirik Jadi Mantu!dramabeans.com

Kalau orangtua pacarmu sudah menyiapkan suguhan atau bahkan hadiah untukmu, berterima kasihlah dan berikan pujian. Gak setiap keluarga memiliki kebiasaan yang sama, maka kamu sudah sewajarnya mau menghargai kalau seandainya ada perbedaan cara pandang. Terlebih buat kamu yang punya pacar dengan adat dan budaya yang berbeda. Belajarlah untuk menerima segala hal tentang mereka, maka mereka akan  lebih mudah menerimamu juga.

Jadi itulah beberapa tips yang bisa kamu praktikkan ketika bertemu orang tua pacar untuk pertama kali. Jangan lupa untuk mencari momen yang tepat agar pertemuanmu dengan mereka bisa semakin erat.

Baca Juga: 5 Zodiak yang Paling Bisa Merebut Hati Mertua

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya