Comscore Tracker

5 Tanda Jika Calon Mama Mertuamu Tergolong "Toxic Mom"

Semoga calon mama mertuamu gak termasuk

Setiap harinya, rasa-rasanya populasi toxic people itu semakin meningkat dengan drastis. Sikap dan perilaku mereka yang memang terkenal sangat toxic ini mampu membuat kamu stres dan tidak jarang membawa pengaruh buruk buat kamu.

Uniknya, toxic people ini gak cuma ada di kalangan teman kantor, kampus, atau sekolah kamu aja, lho. Toxic people juga bisa datang dari kalangan terdekat kamu. Salah satunya adalah ibu dari pasangan kamu atau mungkin kita lebih suka menyebutnya dengan sebutan calon mertua.

Untuk mengetahui apakah calon ibu mertua kamu tergolong toxic people atau bukan, cari tahu ciri-cirinya berikut ini.

1. Calon mama mertua kamu gak pernah suka sama hubungan kalian

5 Tanda Jika Calon Mama Mertuamu Tergolong Toxic Mompexels.com/PETRABAUMAN

 Ada perbedaan besar antara orangtua yang tidak setuju dengan orang yang dipacari oleh anaknya dan orangtua yang memang sejak awal tidak pernah suka melihat anaknya menjalin hubungan dengan seseorang.

Kok bisa sih ada ibu yang tidak suka melihat anaknya menjalin hubungan dengan pilihannya sendiri? Harusnya kan di-support gitu, lho?

Bisa saja. Salah satu penyebabnya adalah si ibu tidak suka jika perhatian anaknya pada dirinya harus terbagi dengan orang lain. Dari sinilah asal-usul kenapa calon ibu mertua kamu gak pernah suka sama kamu. Bahkan nggak sedikit dari toxic mom rela melakukan apa saja untuk merusak hubungan kalian karena tidak tahan melihat anaknya lebih perhatian pada pasangannya yaitu kamu.

2. Suka sekali mengkritik setiap hal yang ada dalam diri kamu

5 Tanda Jika Calon Mama Mertuamu Tergolong Toxic Mompexels.com/rawpixel.com

Tanda lain kalau ibu pasangan kamu adalah seorang toxic mom adalah dia suka sekali mengkritik kamu. Mulai dari penampilan, pekerjaan, sampai hal sepele seperti bentuk potongan kuku tangan kamu. Apalagi kalau kamu melakukan sebuah kesalahan. Siap-siap mendengarkan omongan pedasnya yang benar-benar nyelekit dan nyenggol perasaan kamu.

Hal yang membuat si toxic mom ini termotivasi untuk selalu mengkritik setiap aspek yang ada dalam diri kamu ya itu tadi, si toxic mom selalu ingin menjadi satu-satunya orang yang mendapatkan perhatian dan kasih sayang anaknya.

3. Secara tidak langsung sering menghasut kamu

5 Tanda Jika Calon Mama Mertuamu Tergolong Toxic Mompexels.com/Tatiana

Untuk menghancurkan hubungan kalian berdua, biasanya si toxic mom ini akan melakukan berbagai macam cara. Salah satunya adalah menghasut. Mulai dari memberitahu kamu soal kebiasaan-kebiasaan buruk anaknya yang juga adalah pasangan kamu sampai memohon ke kamu untuk tidak memisahkan dirinya dari anaknya sambil berderai air mata.

Mengingat toxic people terkenal akan melakukan apa pun untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, tidak heran rasanya kalau si toxic mom juga melakukan hal serupa.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Atasi Grogi Saat Pertama Kali Bertemu Calon Mertua 

4. Tak pernah suka sama kesuksesan kamu

5 Tanda Jika Calon Mama Mertuamu Tergolong Toxic Mompexels.com/LInkedInSalesNavigator

Selain tidak pernah suka dengan segala sesuatu yang ada dalam diri kamu, si toxic mom juga tidak suka dengan kesuksesan kamu. Sama seperti toxic people lainnya, toxic mom juga tidak pernah suka jika melihat orang lain lebih sukses dari dirinya sendiri.

Lebih-lebih kalau kamu lebih sukses dari anak mereka. Bisa-bisa yang dilakukan si toxic mom untuk menghancurkan hubungan kalian semakin menjadi-jadi.

5. Mencoba mengendalikan diri dan hidup kamu

5 Tanda Jika Calon Mama Mertuamu Tergolong Toxic Mompexels.com/Pixabay

Toxic mom ini dikenal sebagai sosok ibu yang suka sekali mencampuri urusan pribadi anak mereka. Dan saat dia tahu kalau anaknya sudah mempunyai pasangan, bagi mereka itu sama saja dengan mendapat mainan baru.

Biasanya si toxic mom ini akan memulainya dengan memberi kamu perhatian lebih. Apalagi kalau bukan untuk membuat kamu merasa diterima dengan baik oleh orangtua pasangannya. Tapi lama kelamaan, si toxic mom ini mulai mencampuri urusan pribadi kamu dan tidak segan-segan untuk mengambil alih.

Serem, ya. Semoga calon mama mertua kita gak memiliki tanda-tanda seperti yang sudah disebutkan di atas, ya.

Baca Juga: 6 Kegalauan yang Sering Dirasakan Cewek Saat Tinggal dengan Mertua

Febby Arshani Photo Verified Writer Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya