Comscore Tracker

6 Alasan Harus Menetapkan Batasan dalam Hubungan Bersama Pasanganmu

#IDNTimesLife Penting banget buat kelanggengan hubungan

Batasan adalah aturan atau pedoman untuk orang lain dalam menunjukkan cara orang lain memperlakukanmu. Hubungan dengan pasangan akan berjalan baik kalau kamu tahu apa harapan dan kebutuhanmu sendiri. Kamu bisa memberi ruang untuk dirimu sendiri dengan membuat batas yang jelas dan konsisten.

Menurut Sharon Martin, seorang psikiatri, menetapkan batasan adalah perjuangan untuk beberapa orang. Namun, ia berharap dengan adanya batasan diri yang kamu tetapkan, kamu bisa melihat hidupmu dengan lebih baik.

Yuk, simak apa saja alasan kamu harus menetapkan batasan dalam hubungan dengan pasanganmu.

1. Kamu akan lebih banyak merasakan kasih sayang

6 Alasan Harus Menetapkan Batasan dalam Hubungan Bersama PasanganmuPexels.com/Ketut Subiyanto

Menurut Brene Brown, Ph.D., orang yang mempunyai batasan yang kuat adalah yang paling penyayang. Meskipun, ada yang beranggapan bahwa menetapkan batasan adalah kejam dan gak adil, ternyata manfaat yang didapat adalah sebaliknya. Kamu bisa mengomunikasikan apa yang boleh dan gak boleh dilakukan pasanganmu kepadamu, terutama batas ruang pribadi yang kamu miliki.

2. Kamu memiliki ketegasan yang lebih kuat

6 Alasan Harus Menetapkan Batasan dalam Hubungan Bersama PasanganmuPexels.com/Ketut Subiyanto

Menegaskan batasan yang dimiliki memang sulit. Namun, ini adalah caramu melatih ketegasanmu akan kebutuhan yang kamu perlukan. Kamu juga harus memperhatikan perasaan orang lain saat meminta orang lain menghargaimu. Kamu pun bisa menjadi pribadi yang lebih tegas dalam berkomunikasi kalau menerapkan ini sehari-hari.

3. Kebutuhanmu akan terpenuhi

6 Alasan Harus Menetapkan Batasan dalam Hubungan Bersama Pasanganmupexels.com/cottonbro

Setiap orang memiliki kebutuhan emosional dan fisik masing-masing. Kamu pun berhak untuk memenuhi kebutuhan pribadi maupun kebutuhan bersama pasangan. Kamu hanya perlu mengkomunikasikan dan meminta yang kamu butuhkan agar bisa mendapatkan keinginanmu.

Baca Juga: 7 Tips Membangun Kesan Positif saat Pertama Bertemu Orangtua Pasangan

4. Mengurangi amarah dan kebencian dalam diri

6 Alasan Harus Menetapkan Batasan dalam Hubungan Bersama Pasanganmuunsplash.com/Victoria Volkova

Saat kamu membiarkan orang lain memperlakukanmu dengan seenaknya, kamu akan merasa kesal. Namun, kalau kamu bisa menetapkan batasan dan dengan tegas menjaga batasan itu, kamu bisa menjaga dirimu juga. Kamu bisa mengatakan yang kamu butuhkan dan ekspektasimu dari pasanganmu dan sebaliknya sehingga gak memupuk kemarahan dan kebencian.

5. Menambah rasa damai dan aman

6 Alasan Harus Menetapkan Batasan dalam Hubungan Bersama Pasanganmuunsplash.com/@kozyrka_kate

Kamu bisa mendapat manfaat ini karena kamu berhasil menetapkan ruang untukmu sendiri. Kamu bakal merasakan terbebas dari energi yang gak perlu, seperti menyalahkan diri sendiri.

Sharon Martin juga mengatakan ketika seseorang gak menetapkan batasan, maka orang tersebut bakal sering meragukan diri dan membiarkan orang lain memperlakukannya dengan buruk. Kamu bisa menetapkan batasan sehingga bisa merasa lebih tenang dan aman.

6. Membawa kegembiraan untuk tubuh, pikiran, dan jiwa

6 Alasan Harus Menetapkan Batasan dalam Hubungan Bersama Pasanganmuunsplash.com/@heftiba

Saat kamu bisa mengatakan "tidak" untuk hal yang gak ingin kamu lakukan, kamu bisa mengatakan "ya" untuk menghabiskan waktu bersama dengan pasanganmu. Selain itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan untukmu sehingga membuatmu lebih bahagia dan sehat.

Itu dia alasan kenapa kamu harus menetapkan batasan dalam hubunganmu dengan orang lain, terutama pasanganmu. Walaupun menetapkan batasan, bukan berarti terpisah. Kamu hanya memberikan waktu sejenak untuk dirimu sendiri.

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Sosial Media pada Hubungan Pacaran yang Gak Disadari

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya