Comscore Tracker

Tips Slow Dating lewat Aplikasi Kencan yang Berkualitas

#IDNTimesLife Bertemu jodoh tidak harus terburu-buru

Di tengah maraknya perkenalan singkat dan aplikasi kencan saat pandemik, slow dating menawarkan hal lain. Dilansir NBC News, slow dating adalah gaya kencan yang didasari pada keinginan agar orang-orang memperlambat proses, mengenal satu sama lain tanpa banyak tekanan, dan fokus pada hubungan dan kedekatan yang berkualitas.

Gaya ini pada awalnya ditawarkan oleh aplikasi kencan lain yang membuat seperti pendekatan gaya lama dan harus menunggu, tidak hanya sekadar swipe saja. Ini karena slow dating mengingatkan akan makna kencan yang penuh perhatian dan utuh.

Lantas, bagaimana tips slow dating lewat aplikasi kencan yang mengutamakan kualitas?Tertarik? Yuk, kita simak poin-poin berikut ini!

1. Kurangi intensitas swipe pada aplikasi kencan

Tips Slow Dating lewat Aplikasi Kencan yang BerkualitasPixabay/5688709

Aplikasi kencan umumnya menekankan pada "ya" atau "tidak" dan swipe kiri atau kanan. Kita hanya punya beberapa detik untuk memutuskan orang yang tepat. Karenanya, hal ini lebih mengutamakan refleks kita dibandingkan keputusan kognitif untuk melihat bagaimana orang itu.

Sementara slow dating menekankan bagaimana proses memulai hubungan itu dibuat bersama. Dinamika hubungan juga akan terlihat setelah terlibat interaksi beberapa kali. Karenanya, kamu lebih mudah mengurangi intensitas swipe dan fokus pada orang tertentu saja.

2. Jika kamu adalah orang sibuk yang ingin menemukan pasangan yang tepat, slow dating akan sangat cocok untukmu

Tips Slow Dating lewat Aplikasi Kencan yang BerkualitasUnsplash.com/Jonathan Borba

Orang yang terlalu sibuk sangat pas untuk mencoba slow dating. Hal ini membantumu untuk menemukan apa yang benar-benar kamu diinginkan. Sebab, orang yang sibuk cenderung sulit menemukan waktu agar benar-benar mengenal diri sendiri dan orang lain.

Slow dating diharapkan bisa membantumu mencari pasangan yang pas tanpa harus tergesa-gesa. Ini juga berpengaruh pada kesehatan mental masing-masing orang karena tidak perlu merasa dikejar-kejar atau terbebani akan hal lainnya.

3. Buatlah profil yang mencerminkan dirimu yang sesungguhnya!

Tips Slow Dating lewat Aplikasi Kencan yang BerkualitasUnsplash.com/Thài An

Pada aplikasi kencan slow dating, kamu bisa menunjukkan bagaimana kamu yang sebenarnya. Mulai dari hobi, kebiasaan dan minat, kepribadian, dan lainnya. 

Menjadi diri sendiri adalah cara terbaik untuk menemukan pasangan yang pas dan tepat waktu. Kamu tidak bisa terus berpura-pura kalau mengharapkan hubungan jangka panjang.

Baca Juga: 8 Ide Kegiatan Valentine untuk Kaum LDR, Kencan Virtual!

4. Buatlah daftar karakter seperti apa yang kamu cari!

Tips Slow Dating lewat Aplikasi Kencan yang BerkualitasUnsplash/Chermiti Mohamed

Dalam sebuah hubungan, baik itu cepat atau lambat, kamu memerlukan daftar ini. Karakter apa saja yang bisa kamu kompromikan dan tidak, nilai apa saja yang penting dalam hidupmu, dan sebagainya.

Slow dating memungkinkan kamu mengenal karakter dan nilai orang yang akan menjadi pasanganmu dengan perlahan. Karenanya, kamu bisa mengerahkan waktu dan energi ke orang yang tepat.

5. Seperti istilahnya, perlahan-lahanlah saja menjalani semuanya agar hasil akhirnya tetap berkualitas

Tips Slow Dating lewat Aplikasi Kencan yang BerkualitasUnsplash.com/Kumpan Electric

Saat menjalani hubungan secara perlahan, kamu akan merasa tidak memiliki tekanan dan bisa fokus pada koneksi yang lebih berkualitas. Sekalipun merasa memiliki chemistry, kamu harus bisa mengambil waktu yang tepat untuk memutuskan komitmenmu.

Kamu harus melihat banyak sisi dari orang untuk benar-benar mengenal yang meyakinkan diri sebelum berkomitmen. Kamu juga tidak akan kehilangan jati dirimu dengan proses yang perlahan ini.

Tips ini bisa dilakukan untuk kamu yang sudah lelah dengan aktivitas swipe dan tetap ingin mencari pasangan untuk jangka panjang. Perlahan-lahan asal pasti, selama tidak berhenti, kamu akan menemukan pasangan yang pas kok!

Baca Juga: Romantis dan Kencan Seru! 9 Potret Jadul Artis Waktu Masih Pacaran

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya