Comscore Tracker

5 Kebiasaan di Medsos yang Membahayakan Hubungan Cintamu, Stop Deh!

Apakah kamu masih suka stalking medsos mantan?

Di era teknolgi canggih seperti saat ini, media sosial menjadi satu bagian yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan. Meski banyak sisi manfaatnya, medsos pun memiliki dampak buruk, termasuk dalam hubungan cinta. 

Tidak jarang kebiasaan-kebiasaan berikut ini dilakukan seseorang tanpa sadar akan berdampak tidak baik untuk hubungan yang sedang dijalani. Apa saja itu? Yuk disimak agar terhindar dari efek buruknya. 

1. Stalking mantan di medsos

5 Kebiasaan di Medsos yang Membahayakan Hubungan Cintamu, Stop Deh!Unsplash/Alex Suprun

Ini adalah salah satu kebiasaan paling bermasalah dalam sebuah hubungan di era media sosial seperti saat ini. Kita dapat menemukan siapa pun hanya dengan beberapa kali klik, dan begitu mudah untuk mengintip kehidupan pribadi seseorang.

Parahnya, banyak orang yang kerap masih penasaran dengan kehidupan dari mantan mereka lewat stalking di medsos. Ini akan sangat berbahaya karena bisa saja memunculkan rasa cemburu untukmu dan pasanganmu, bahkan membanding-bandingkan hubungan kalian.

Jika pasanganmu melakukan hal ini, bicarakanlah dengan baik-baik dan ungkapkan jika kebiasaan tersebut mengurangi rasa kepercayaanmu kepadanya. Buat mereka mengerti bahwa alih-alih berfokus pada masa lalu, mereka harus fokus pada masa kini.

2. Update status tentang hubungan kalian secara berlebihan

5 Kebiasaan di Medsos yang Membahayakan Hubungan Cintamu, Stop Deh!pexels/Vera Arsic

Media sosial memang tempat untuk berbagi hal-hal di dalam hidupmu. Namun kamu pun perlu memiliki batasan. Tidak semua hal harus dibagikan dan diketahui banyak orang, apalagi urusan cintamu. Sebuah hubungan sebaiknya menjadi wilayah personal kalian berdua.

Setiap kebahagiaan, kesedihan dan masalah dalam hubungan bukan untuk diumbar di publik, melainkan untuk dirasakan dan diselesaikan oleh kalian berdua. Mengumbar segala tentang hubungan kalian di media sosial hanya akan membuat banyak pihak akan ikut campur dan membuat rumit saat hubungan kalian sedang bermasalah.

Baca Juga: Berubahlah, 5 Kebiasaan Ini Membuat Hubungan Asmaramu Gagal Terus

3. Berlebihan menggunakan medsos hingga kecanduan

5 Kebiasaan di Medsos yang Membahayakan Hubungan Cintamu, Stop Deh!pexels/Andrea Piacquadio

Saat ini medsos sudah seperti rokok dan zat adiktif lainnya yang membuat seseorang kecanduan dan memberikan dampak buruk. Ini bisa menjadi sebuah masalah besar dalam sebuah hubungan cinta, bahkan tidak sedikit sebuah perpisahan berawal dari sini. Salah satu alasan paling akrab yang menyebabkan konflik serius adalah kecemburuan.

Media sosial terkenal dalam menunjukkan kehidupan orang-orang yang "sempurna", dan beberapa orang, yang terus-menerus menggunakan media sosial, akhirnya membandingkan kehidupannya dengan orang lain. Maka gunakanlah media sosial dengan bijak karena ini pada prosesnya sangat baik untuk hidupmu dalam banyak aspek.

4. Mencoba untuk membuat mantan cemburu

5 Kebiasaan di Medsos yang Membahayakan Hubungan Cintamu, Stop Deh!unsplash/Trung Tanh

Ya, banyak orang masih melakukan ini. Terkadang, mereka memposting gambar-gambar tertentu hanya untuk menarik perhatian mantan mereka, dan membuat mereka cemburu. Jika kamu melihat pasanganmu melakukan ini, itu jelas akan terasa sangat menyakitkan, dan tidak sensitif.

Apakah benar-benar ada gunanya menyimpan akun mantan di daftar teman medsos, bahkan setelah seseorang putus, dan pindah ke hubungan baru? Terkadang untuk move on demi menjalin sebuah hubungan baru, unfollow mantan adalah hal yang bijak.

5. Terlalu dekat dengan orang asing di media sosial

5 Kebiasaan di Medsos yang Membahayakan Hubungan Cintamu, Stop Deh!Pexels/rawpixel

Adanya medsos membuat jarak tidak lagi menjadi sebuah masalah. Seseorang bisa menjadi sangat mudah terhubung dengan banyak orang yang belum pernah dikenalnya. Jika kamu jomlo, tentunya ini adalah fungsi positif media sosial. Namun jika kamu sudah berhubungan dan terlalu dekat dengan orang asing yang dikenal lewat medsos, ini bisa menjadi sumber masalah.

Ini hanya akan membuat pasanganmu khawatir dan cemburu, bahkan menyebabkan rasa percayanya memudar. Bahayanya lagi, bisa saja orang asing tersebut memiliki modus lain kepadamu.

Itulah lima kebiasaan di media sosial yang bisa membahayakan hubungan cinta seseorang. Di era modern saat ini kita harus bisa bijak dalam menggunakan medsos karena selain manfaat besar di dalamnya, bahayanya pun tidak kalah besar. Yuk Introspeksi!

Baca Juga: 5 Alasan Berhenti Pura-pura Bahagia Hadapi Kebiasaan Jelek Pasangan

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya