Comscore Tracker

5 Alasan Berekspektasi Tinggi pada Pasangan Kurang Bijak Dilakukan

Karena dia bisa berubah kapan saja

Dalam hubungan pastilah kita mengharapkan jalinan cinta yang ada menjadi langgeng dan penuh dengan keharmonisan. Sehingga kita menaruh harapan yang tinggi pada pasangan, berharap agar dia bisa memenuhi segala apa yang kita inginkan.

Tetapi, berekspektasi terlalu tinggi pada pasangan sebenarnya kurang tepat dilakukan. Mengapa demikian? Yuk, simak lima alasannya berikut ini.

1. Kamu bisa saja dikecewakan

5 Alasan Berekspektasi Tinggi pada Pasangan Kurang Bijak DilakukanUnsplash/Seth Reese

Menaruh harapan yang tinggi pada manusia atau seseorang belum tentu akan berakhir dengan baik. Karena kamu nantinya bisa saja merasa tersakiti, dikhianati dan dikecewakan. Hal tersebut timbul dari realita yang ada tak sesuai dengan apa yang kamu inginkan selama ini, sehingga sakit hati dan kesedihan harus kamu rasakan.

2. Tiap orang bisa berubah kapan saja

5 Alasan Berekspektasi Tinggi pada Pasangan Kurang Bijak DilakukanUnsplash/Natalia Barros

Perubahan yang dialami seseorang bisa saja menuju ke arah yang baik serta positif atau justru sebaliknya. Sehingga menaruh ekspektasi yang tinggi pada pasangan kurang tepat dilakukan. Sebab, jika perubahan sikap pasangan dirasa tak baik untukmu maka konsekuensi yang kamu terima adalah sakit hati dan kecewa.

3. Kamu jadi bergantung pada pasangan

5 Alasan Berekspektasi Tinggi pada Pasangan Kurang Bijak DilakukanUnsplash/Chermiti Mohamed

Karena harapanmu pada pasangan begitu besar sehingga membuatmu selalu bergantung pada pasangan. Kamu selalu yakin jika pasangan adalah sosok yang tepat dalam mencintai dan setia kepadamu.

Padahal bergantung pada pasangan membuatmu menjadi kurang mandiri, serta sulit menolak apa pun yang pasangan inginkan meski hal tersebut buruk untukmu sekalipun.

Baca Juga: Lepaskan Ekspektasi Sekitar! 5 Langkah Ini Dapat Membantumu Memulai 

4. Tak ada yang tahu ending hubunganmu nantinya

5 Alasan Berekspektasi Tinggi pada Pasangan Kurang Bijak DilakukanUnsplash/Prapoth Panchuea

Akhir hubunganmu bisa saja bahagia atau malah menyedihkan, oleh karena itu terlalu menaruh harapan yang tinggi pada pasangan sebenarnya tak bijak dilakukan. Jika ending hubungan yang kamu dapatkan akhirnya tak sesuai ekspektasi, maka hal tersebut bisa membuatmu merasa sesih serta terpukul.

5. Lebih baik fokus membangun hubungan dengan saling berusaha

5 Alasan Berekspektasi Tinggi pada Pasangan Kurang Bijak DilakukanUnsplash/Chermiti Mohamed

Menaruh harapan yang baik pada hubungan atau pasangan tentu saja boleh dilakukan. Namun, alangkah baiknya jika kamu dan pasangan bersama-sama membangun hubungan yang benar dan sehat.

Lakukan kegiatan serta hal yang baik supaya harapan kalian untuk hubungan bisa lekas terwujud. Meskipun nantinya tak bisa terwujud, namun kalian telah belajar bagaimana menciptakan hubungan yang tepat dan membawa pengaruh positif untuk masing-masing.

Well, itu tadi lima alasan mengapa menaruh ekspektasi tinggi pada pasangan kurang tepat dilakukan. Bukannya melarang, namun segala sesuatunya yang berlebihan memang tak belum tentu baik untuk diri sendiri.

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Seimbangkan Ekspektasi & Usaha Penting Diterapkan!

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya