Comscore Tracker

5 Cara Tepat Menyikapi Pasangan yang Suka Mengungkit Kesalahanmu Terus

Mungkin saja ucapan maafmu belum terlihat sungguh-sungguh

Rasanya pasti gak enak dan juga merasa bersalah kalau pasangan masih saja mengungkit kesalahan yang pernah kamu buat. Apalagi kesalahan tersebut sudah lama berlalu dan kamu juga telah meminta maaf dan berjanji akan berubah lebih baik lagi.

Tetapi pasangan masih saja mengungkit hal itu terus, sampai di satu titik kamu merasa kesal dan emosi. Nah, berikut ini ada beberapa cara tepat menyikapi pasangan yang masih suka mengungkit kesalahanmu. Simak baik-baik pembahasannya, ya!

1. Bicarakan lagi pada pasangan, adakah yang mengganjal di hatinya

5 Cara Tepat Menyikapi Pasangan yang Suka Mengungkit Kesalahanmu Terusunsplash.com/Courtney Clayton

Saat pasangan masih saja mengungkit kesalahanmu yang dulu, cobalah untuk membicarakannya pada pasangan dengan mencari waktu dan tempat yang pas. Tanyakan padanya, adakah hal yang masih terasa mengganjal di hati atau masih adakah hal yang harus kamu lakukan agar dia merasa baikan. Dengan begitu kamu jadi makin tahu dengan jelas apakah keinginan pasangan.

2. Mintalah maaf sekali lagi dengan sungguh-sungguh dan mohon pengertian pada pasangan

5 Cara Tepat Menyikapi Pasangan yang Suka Mengungkit Kesalahanmu Terusunsplash.com/Everton Vila

Cobalah untuk meminta maaf kembali pada pasangan, mungkin saja permintaan maafmu yang dulu dirasa tidak tulus dan sungguh-sungguh. Jangan lupa juga mintalah sedikit pengertian dari pasangan, jika kamu sebenarnya juga merasa gak nyaman saat kesalahan yang sudah-sudah masih saja terus diungkit, apalagi saat kalian sedang bertengkar.

3. Jangan langsung termakan emosi, cobalah untuk mengalah dulu

5 Cara Tepat Menyikapi Pasangan yang Suka Mengungkit Kesalahanmu Terusunsplash.com/Viral Vanani

Memang sebagai manusia biasa, saat kesabaran kian menipis karena perlakuan orang lain pasti muncul perasaan ingin marah. Tetapi daripada semakin kacau dan timbul masalah baru, cobalah untuk mengalah. Jangan langsung mengutamakan ego, pasti ada alasan mengapa pasangan suka mengungkit kesalahanmu terus. Jadi cara terbaik mengendalikan dan berkompromi dengan situasi dalam hubungan memang dengan cara belajar mengalah.

Baca Juga: Bikin Drop, 5 Masalah Kesehatan Ini Sering Dialami Pasca Putus Cinta

4. Jika dirasa kelewatan kamu boleh menegur pasangan dengan baik-baik

5 Cara Tepat Menyikapi Pasangan yang Suka Mengungkit Kesalahanmu Terusunsplash.com/Allef Vinicius

Kamu sudah belajar mengalah, sudah mencoba meminta maaf dengan sungguh-sungguh tetapi pasangan masih saja mengungkit kesalahanmu? Maka, gak masalah kalau kamu menegurnya dengan baik-baik. Sampaikan saja perasaanmu yang sesungguhnya tanpa harus emosi, bahwa sebenarnya kamu gak nyaman dan juga merasa bersalah sebab pasangan masih saja mengungkit kesalahanmu selalu.

5. Cobalah meminta waktu sendiri pada pasangan untuk masing-masing saling introspeksi

5 Cara Tepat Menyikapi Pasangan yang Suka Mengungkit Kesalahanmu Teruspixabay.com/manhhongdldhv

Jeda dalam hubungan itu memanglah penting, apalagi saat kamu dan pasangan dirasa harus introspeksi diri masing-masing. Tak perlu lama-lama, cukuplah minta waktu sedikit untuknu menenangkan diri. Mungkin saat kalian sedang gak berkomunikasi sementara waktu, maka satu sama lain akan menyadari jika sebenarnya masalah yang ada gak perlu dibesar-besarkan, apalagi kesalahanmu yang sebenarnya sudah terjadi sebelumnya.

Itulah tadi lima cara menyikapi pasangan yang masih suka mengungkit kesalahanmu, memamg dibutuhkan komunikasi dan penyelesaian secepatnya. Karena membahas yang sudah-sudah gak akan membuat hubungan jadi maju dan berkembang nantinya.

Baca Juga: 5 Cara Menarik Perhatian Pasangan, Biar Selalu Berbunga-bunga

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya