8 Rekomendasi Set Kebaya untuk Lamaran, Pas buat Couple!

Elegan dan tampak mewah

Intinya Sih...

  • Kebaya kerap dipilih untuk busana lamaran karena memberikan tampilan anggun dan elegan.
  • Kutubaru brokat sering dipilih karena modelnya yang elegan dan mewah, dilengkapi dengan aksesori selendang.
  • Model kebaya lainnya seperti peplum, kutubaru dengan obi belt, kurung, dan dress brokat juga cocok untuk acara lamaran.

Merencanakan acara lamaran adalah momen spesial yang penuh dengan kebahagiaan dan harapan. Salah satu elemen penting yang harus diperhatikan adalah busana yang dikenakan. Untuk busana lamaran, kebaya kerap dipilih karena tidak hanya sekadar pakaian tradisional, tetapi juga dapat memberikan tampilan yang anggun dan elegan.

Selain kebaya, batik untuk pakaian bagi calon pengantin laki-laki juga harus diperhatikan agar busana tampak harmonis. Bagi kamu yang sedang merencanakan acara lamaran, tak perlu bingung mencari satu per satu baju di berbagai toko. Kini, sudah banyak kebaya yang dijual satu set bersamaan dengan batik agar memudahkanmu mengkombinasikan tampilan saat hari lamaran. Simak rekomendasinya di bawah ini, ya!

1. Set kutubaru tradisional

8 Rekomendasi Set Kebaya untuk Lamaran, Pas buat Couple!Rekomendasi set kebaya lamaran (Shopee.co.id/Devarina_Batik)

Kebaya kutubaru kerap menjadi pilihan karena banyaknya model yang tersedia. Biasanya, untuk tampilan yang lebih elegan dan anggun, kutubaru brokat kerap menjadi pilihan favorit. Tak hanya brokat biasa, kutubaru ini juga sering dilengkapi dengan aksen tambahan di bagian dada yang memberikan kesan mewah dan berkelas.

Sebagai aksesori tambahan, kamu juga dapat menambahkan selendang berwarna senada agar tampilan lebih modis. Set kutubaru ini juga dirancang dengan motif dan warna yang serasi dengan pakaian calon pengantin laki-laki, menciptakan tampilan yang kompak dan harmonis.

2. Kebaya brokat model peplum layer

8 Rekomendasi Set Kebaya untuk Lamaran, Pas buat Couple!Rekomendasi set kebaya lamaran (Shopee.co.id/Izarabatik)

Pilihan kebaya ini cocok untukmu yang ingin tampil lebih modis saat hari spesial. Dengan model peplum, kebaya ini juga memiliki detail layer di bagian depan, membuat tampilan kebaya tampak modern. Selain itu, pada bagian dada, atasan kebaya ini dihiasi dengan manik-manik yang membuat tampilan tampak glamor.

Untuk aksesori, bando minimalis di kepala juga cocok untuk mempermanis penampilan. Selain itu, selendang bermotif kain batik yang serasi dengan batik calon pengantin laki-laki juga dapat membuat tampilan lebih padu. 

3. Kutubaru dengan belt

8 Rekomendasi Set Kebaya untuk Lamaran, Pas buat Couple!Rekomendasi set kebaya lamaran (Shopee.co.id/Kebaya Simbok)

Tampilan classy saat lamaran bisa kamu ciptakan lewat kebaya ini. Dengan model kutubaru, kebaya ini juga memiliki obi belt yang menegaskan bentuk tubuh. Sebagai penunjang penampilan yang classy, bros model berlian dapat kamu pilih sebagai opsi. 

Agar nilai elegan bertambah, pilihlah warna-warna deep seperti maroon atau navy. Adapun untuk calon pengantin pria, perpaduan celana cokelat dengan batik nuansa merah ini dapat menjadi pilihan.

4. Set kebaya kurung

8 Rekomendasi Set Kebaya untuk Lamaran, Pas buat Couple!Rekomendasi set kebaya lamaran (Shopee.co.id/Izarabatik)

Ingin mencoba gaya baru? Kamu bisa memilih set kebaya model kurung ini. Dengan bahan brokat, kebaya ini turut dilengkapi dengan payet dan manik yang meningkatkan penampilan. Untuk menambah nilai elegan, manik pada bagian dada akan membuat tampilan lamaranmu lebih manis.  

Dengan modelnya yang panjang, kebaya ini juga memberikan nilai santun di acara formal. Kalau untuk calon pria, set kebaya dengan batik ini juga cocok digunakan di acara yang padat karena memiliki bahan katun yang adem. 

Baca Juga: Hukum Mengembalikan Seserahan karena Batal Nikah setelah Lamaran

5. Kebaya brokat model waistline

8 Rekomendasi Set Kebaya untuk Lamaran, Pas buat Couple!Rekomendasi set kebaya lamaran (Shopee.co.id/Virda_Official)

Untuk look yang lebih feminin, kebaya ini dapat menjadi rekomendasi untukmu. Memiliki detail belt pada pinggang, kebaya ini beraksen waistline yang tampak modis. Waistline dengan hiasan manik-manik tidak hanya menambah kesan elegan, tetapi juga memberikan sentuhan glamor yang memberikan siluet pada tubuh.

Selain itu, kebaya ini dirancang dengan karet di bagian belakang, sehingga lebih fleksibel dan nyaman dipakai. Set kebaya ini juga dipadukan dengan kain batik yang memiliki ragam warna menarik, seperti mauve dan nude, yang memberikan tampilan modis dan harmonis bagi calon pengantin laki-laki.

6. Set dress brokat

8 Rekomendasi Set Kebaya untuk Lamaran, Pas buat Couple!Rekomendasi set kebaya lamaran (Shopee.co.id/Lia_Batik)

Jika kamu menginginkan outfit lamaran selain kebaya, dress brokat ini dapat menjadi pilihan. Dress ini memiliki potongan panjang yang elegan, dengan detail belt yang menonjolkan pinggang serta aksen pleats di bagian bawah yang menambah kesan anggun dan feminin. Selain itu, terdapat juga bahan tulle pada lengan, memberikan sentuhan yang manis.

Dress brokat ini juga dilengkapi dengan furing yang lembut, membuatmu nyaman meski dikenakan sepanjang acara yang padat. Tak perlu khawatir, dress ini juga satu set dengan batik laki-laki yang memiliki warna senada. 

7. Kebaya aksen pleats

8 Rekomendasi Set Kebaya untuk Lamaran, Pas buat Couple!Rekomendasi set kebaya lamaran (Shopee.co.id/'Divine Batik Official)

Jika kamu menginginkan tampilan yang lebih modis, kebaya beraksen pleats ini cocok untukmu. Perpaduan bahan maxmara dan brokat pada kebaya membuat tampilanmu lebih ekstra. Selain itu, bagian lengan pada kebaya ini juga ditambahkan kain tulle yang anggun.

Kamu pun tak perlu bingung memilih aksesori karena detail payet di bagian dada sudah membuat kebaya ini tampak mewah. Warna-warna yang tersedia juga cocok untuk calon pengantin laki-laki yang beragam. 

8. Kebaya model side slit

8 Rekomendasi Set Kebaya untuk Lamaran, Pas buat Couple!Rekomendasi set kebaya lamaran (Shopee.co.id/'Batik_Boutiqe)

Untuk tampilan yang lebih dewasa, set kebaya ini dapat kamu pilih. Memiliki detail side slit di bagian bawah, manik-manik payet menghiasi potongan yang membuat kebaya ini glamor. Bagian kerah yang dihiasi payet juga memudahkanmu agar tidak perlu bingung memilih aksesori tambahan.

Tentunya, kamu juga bisa menambah selendang untuk tampilan yang lebih berkarisma. Pilihan warna deep seperti red wine ini juga cocok dengan batik set bagi calon pengantin laki-laki.

Itulah rekomendasi kebaya dengan berbagai model yang bisa kamu pilih untuk acara lamaran. Dengan banyaknya pilihan, kini kamu bisa memilih sesuai dengan gaya personalmu, baik untuk tampilan manis ataupun elegan. 

Baca Juga: Perbedaan Seserahan Lamaran dan Pernikahan

Hani Safanja Photo Verified Writer Hani Safanja

Progress over perfection

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto

Berita Terkini Lainnya