Comscore Tracker

Gak Disadari, 5 Bukti Kamu Miliki Masalah Komunikasi dengan Pasangan 

Jangan terus dibiarkan tanpa penyelesaian yang pasti 

Pasang surut dalam hubungan memang bentuknya beragam. Terkadang masalah besar terjadi karena hal-hal kecil yang sering disepelekan. Salah satu contohnya adalah komunikasi yang tidak jalan dengan semestinya. Bukan sekadar saling mengabari, nyatanya komunikasi memiliki peran yang lebih dari itu.

Bagaimana tidak, hal penting yang menjadi fokusnya bukan pada intensitas komunikasi dengan pasangan. Melainkan, bagaimana kamu bisa mengerti satu sama lain akan menjadi lebih berarti. Tidak boleh disepelekan, lima hal berikut tunjukkan kamu memiliki masalah komunikasi dengan pasangan.

Baca Juga: 5 Tips Atasi Komunikasi yang Buruk, agar Pasangan Tak Merajuk

1. Kamu merasa mengerti apa yang dirasakan dan diinginkan pasangan 

Gak Disadari, 5 Bukti Kamu Miliki Masalah Komunikasi dengan Pasangan Ilustrasi burnout (unsplash.com/Christian Erfurt)

Sering tak disadari ternyata kamu melakukan hal yang egois kepada pasangan. Dengan menganggap bahwa kamu mengerti apa yang terbaik dan diinginkan oleh pasangan. Hingga mengabaikan untuk sekadar menanyakan apa yang sebenarnya dia butuhkan.

Tidak boleh dibiarkan keterusan, hal ini nyatanya membuat pasangan merasa kurang dihargai karena kamu enggan mengerti apa yang sebenarnya ada dalam hatinya. Walaupun memiliki pemikiran tertentu yang kamu anggap baik untuk mereka, nyatanya bisa saja dia punya perbedaan denganmu. Tingkatkan kembali empatimu, ya!

2. Saling memberikan kritik untuk satu sama lain 

Gak Disadari, 5 Bukti Kamu Miliki Masalah Komunikasi dengan Pasangan Ilustrasi patah hati (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Sudah sewajarnya memang kamu menganggap pasangan sebagai teman terbaik yang dimiliki. Tujuannya tak lain agar hubunganmu berjalan dengan baik dan saling menganggap sebagai prioritas untuk satu sama lain. Biasanya semakin dekat kamu dengan pasangan akan mengikis privasi antara kalian berdua.

Namun hal tersebut tidak selayaknya kamu biarkan semakin menjadi. Dengan melanggar batasan tersebut tanpa disadari menunjukkan bahwa kamu kurang menghargai pasangan. Salah satunya soal memberikan kritik kepadanya. Usahakan tetap menggunakan kalimat yang sopan saat memberikan masukan. Tujuannya tak lain agar pasanganmu tidak menyalahartikan maksud baik yang kamu miliki.

Baca Juga: 3 Manfaat Komunikasi Dalam Hubungan Intim dengan Pasangan

3. Kamu tidak bisa membagikan segala hal dengan pasangan 

Gak Disadari, 5 Bukti Kamu Miliki Masalah Komunikasi dengan Pasangan Ilustrasi menyerah (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Bukti berikutnya adalah kamu kurang bisa menjadi diri sendiri saat bersamanya. Ada saja hal yang berusaha kamu tutupi dan takut tidak bisa diterima oleh pasangan. Hal ini terjadi karena kamu belum menjadi apa adanya dirimu ketika bersamanya.

Sadari bahwa jika kebiasaan ini tak seharusnya kamu pelihara. Keterbukaan komunikasi dengan pasangan sangat diperlukan namun dengan catatan tetap menghormati privasi masing-masing. Bagaimanapun adanya dia adalah untuk menjadi teman terbaikmu di semua keadaan.

4. Sering memberikan silent treatment sebagai hukuman untuk pasangan 

Gak Disadari, 5 Bukti Kamu Miliki Masalah Komunikasi dengan Pasangan ilustrasi perempuan sendirian (unsplash.com/Etienne Boulanger)

Percayalah bahwa memupuk kebiasaan buruk hanya akan memperkeruh suasana. Salah satunya jika kamu sering memberikan silent treatment untuk pasangan. Kebiasaan ini disadari atau tidak hanya akan membuat kamu capek sendiri. Terlebih, jika pasanganmu bukan termasuk orang yang peka atau tipikal orang yang harus straight forward.

Lama-kelamaan masalah yang kamu pendam akan menjadi bom waktu dan kapan saja bisa meledak. Hal yang dikhawatirkan adalah saat ada pemantik seperti masalah kecil yang terjadi, namun karena sudah banyak hal yang kamu pendam hingga membuat semuanya semakin runyam saja. Karena respons yang kamu berikan berlebihan dalam menanggapi masalah yang dianggap oleh pasanganmu hal yang biasa. Mulai belajarlah untuk menemukan penyelesaian pada setiap hal yang terjadi bukan malah membiarkannya berlarut semakin buruk.

5. Kamu sering defensif saat pasangan berbicara denganmu 

Gak Disadari, 5 Bukti Kamu Miliki Masalah Komunikasi dengan Pasangan Ilustrasi pasangan berdiskusi (unsplash.com/@unsplash)

Perbedaan pendapat mungkin pernah kamu alami. Namun bijaklah dalam menghadapi setiap situasi. Hargai pasanganmu sebagaimana kamu ingin diperlakukan. Jangan melulu defensif setiap ada perbedaan di antara kalian. Cobalah untuk memberikan dia ruang agar dapat menyampaikan apa yang menjadi keinginannya.

Sadari jika hal itu penting untuk membuat masing-masing dari kalian tumbuh lebih dewasa. Jika kamu sering defensif sama saja kamu ingin menang sendiri dalam hubungan. Ingat bahwa butuh dua orang yang saling berkompromi untuk membuat hubungan berjalan dalam jangka panjang.

Tidak ada hal yang sempurna dalam sebuah hubungan. Meskipun itu dilalui dengan orang yang baru belum tentu akan jadi lebih baik. Segera selesaikan dan introspeksi sejauh mana hubungan yang kamu jalani.

Baca Juga: 5 Tips Memperbaiki Komunikasi dengan Pasangan, Jangan Disepelekan!

Daisy Photo Verified Writer Daisy

Sky doesn't explain itself high

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya