Comscore Tracker

Sering Dilakukan, Ini 5 Alasan Jangan Biasakan Awali Chat dengan 'P'

Maksudnya apa, ya?

Coba jujur, seberapa sering kamu menerima chat mendadak dari beberapa teman dengan hanya huruf P’? Yup, sebagian anak muda memang kerap mengawali chat dengan satu huruf tersebut saat akan melakukan komunikasi via tulisan.

Ada beberapa maksud mengapa orang terbiasa mengetik hanya huruf P saat mengawali chat; Emoji senyum lidah menjulur, ping, penting, punten, dan sebagainya. Namun, kenapa sebaiknya kamu gak membiasakan diri mengawali pesan chat dengan hanya menggunakan huruf P? Berikut ini beberapa alasannya.

1. Agama selalu mengajarkan salam setiap kali awal pertemuan atau pembicaraan

Sering Dilakukan, Ini 5 Alasan Jangan Biasakan Awali Chat dengan 'P'Pixabay.com/kaboompics

Agama mana pun tentu saja menganjurkan ucapan salam ketika akan memulai obrolan sesuai dengan versi masing-masing. Ucapan salam di awal pesan biasanya akan membuat si penerima pesan merasa mendapat doa kebaikan. Duh, adem banget saat sebuah obrolan pesan diawali dengan tulisan saling mendoakan satu sama lain, lho.

2. Adab kesopanan sebagai makhluk sosial

Sering Dilakukan, Ini 5 Alasan Jangan Biasakan Awali Chat dengan 'P'Pixabay.com/cuncon

Jikalau berbeda kepercayaan dan ingin lebih bersifat umum, kamu juga bisa memberikan ucapan santun selain P ketika mengawai obrolan. Meski sederhana, mengawali pesan chat dengan adab kesopanan tentu saja akan membuat obrolan selanjutnya menjadi lebih hangat.

Halo, selamat pagi, apa kabar, dan sejenisnya merupakan contoh pesan chat yang bisa kamu terapkan ketika ingin mengawali obrolan.

Baca Juga: 10 Isi Chat Maaf buat Pasangan yang Sudah Kamu Lukai Hatinya

3. Tidak semua orang paham dengan kode-kode tertentu

Sering Dilakukan, Ini 5 Alasan Jangan Biasakan Awali Chat dengan 'P'Pixabay.com/Free-Photos

Ketika kamu mengirimkan pesan P dengan maksud tertentu, tidak semua orang ternyata bisa memahami artinya, lho. Terutama bagi yang jarang melakukan obrolan melalui pesan chat, huruf P di awal obrolan akan membuat bingung si penerima pesan.

Alih-alih ingin dibalas dengan respons biasa, si penerima pesan malah membalas dengan ceramah, "Tobat lo!"

4. Kamu akan dianggap iseng, tak serius, dan main-main

Sering Dilakukan, Ini 5 Alasan Jangan Biasakan Awali Chat dengan 'P'Pixabay.com/Fangirl

Huruf P di awal chat memang biasanya sering dianggap sebagai pesan iseng, main-main, dan tak serius. Akibatnya, banyak orang merespons huruf P dengan balasan-balasan yang tak kalah iseng. Kan gak lucu kamu mau mengawali obrolan serius, tapi malah direspons balik dengan candaan-candaan yang malah gak lucu.

5. Kebanyakan orang malas membalas saat ada pesan P

Sering Dilakukan, Ini 5 Alasan Jangan Biasakan Awali Chat dengan 'P'Pixabay.com/expresswriters

Nah, ini nih yang bikin sesak ketika pesan P di awal chat kamu tak direspons sama sekali orang yang bersangkutan. Padahal sudah centang biru, pesan chat kamu malah tak digubris meski si penerima pesan online. Ketika pesan kamu tak dibalas, kamu saat itu merasa seperti remah-remah biskuit saat habis musim Lebaran. “Aku mah apa atuh!”

Jadi, jangan membiasakan diri mengawali obrolan pesan dengan huruf P, apalagi sampai bomb chat dengan P secara berlebihan!

Baca Juga: 5 Alasan Bijak untuk Gak Balas Chat Pasangan Saat Sedang Bertengkar

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya