Comscore Tracker

7 Efek Buruk yang Kamu Rasakan jika Kerap Stalking Media Sosial Mantan

#IDNTimesLife Gagal move on, deh

Saat ini, stalking media sosial mantan mungkin telah menjadi kebiasaanmu pasca putus darinya. Meski sudah gak bersama, ternyata kamu masih sering mencari tahu kabarnya. Sebetulnya, gak masalah kamu stalking media sosial mantan, asalkan itu gak berlebihan. 

Berbeda halnya jika kamu terlalu sering melakukannya. Bukannya bisa segera move on, mungkin kamu justru akan merasakan banyak efek negatif. Gak percaya? Baca saja penjelasan lengkapnya berikut ini. Keep scrolling!

1. Kamu akan semakin susah move on

7 Efek Buruk yang Kamu Rasakan jika Kerap Stalking Media Sosial MantanFreepik.com/lookstudio

Selalu mencari tahu kabar si mantan akan membuatmu sering memikirkan hingga akhirnya semakin sulit melupakannya. Jika sudah begini, mungkin yang kamu pikirkan adalah ingin balikan lagi dengannya. Well, pertimbangkanlah baik-baik sebelum mengambil keputusan satu ini, ya.

2. Kebahagiaan akan semakin sulit kamu raih

7 Efek Buruk yang Kamu Rasakan jika Kerap Stalking Media Sosial MantanFreepik.com/wavebreakmedia

Sering stalking media sosial media mantan menandakan kalau kamu belum bisa move on darinya. Kebiasaan ini pun akhirnya mengganggu kehidupanmu sendiri. Kamu yang semestinya bahagia jadi kembali nelangsa lantaran masih dibayang-bayangi kehadiran si mantan.

Padahal saat ini mungkin dia sudah memiliki pacar baru dan gak pernah memikirkanmu lagi. Jadi tambah nyesek, kan?

3. Kecenderungan membandingkan diri dengan kehidupan si mantan

7 Efek Buruk yang Kamu Rasakan jika Kerap Stalking Media Sosial MantanFreepik.com/valuavitaly

Dengan stalking media sosial mantan, secara gak sadar kamu kerap membanding-bandingkan dirimu. Kamu sering bertanya-tanya apakah mantanmu bahagia, sudah punya pacar baru apa belum, sedang apa dia hari ini, dan sebagainya. Kebiasaan ini pun akhirnya membuatmu kerap gelisah sendiri, terlebih jika mantanmu sudah memiliki pacar baru.

4. Merasa sedih saat mengetahui mantan telah bahagia dengan orang lain

7 Efek Buruk yang Kamu Rasakan jika Kerap Stalking Media Sosial MantanUnsplash.com/Toa Heftiba

Karena belum bisa move on, kamu tiba-tiba merasa sedih saat mengetahui mantanmu telah memiliki kekasih baru. Kamu tahu lantaran sering stalking media sosialnya. Biar gak makin sedih dan patah hati, alangkah baiknya kamu segera berhenti mencari tahu kabar mantanmu, lalu fokuslah pada kehidupanmu sendiri.

Baca Juga: Bukan Gagal Move On, Ini 5 Tanda Kamu Memang Tidak Niat Melupakan Dia

5. Hubungan dengan pacar barumu akan terganggu

7 Efek Buruk yang Kamu Rasakan jika Kerap Stalking Media Sosial MantanPixabay.com/Candid_Shots

Gagal move on juga akan mempengaruhi jalinan cintamu dengan pacar baru. Meski jalan dengannya, ternyata diam-diam kamu masih kerap memikirkan mantamu. Kalau sudah begini, hubunganmu pun bisa jadi terganggu. Apalagi jika pacarmu tahu kamu belum bisa melupakan si mantan, mungkin dia akan teramat kecewa dan marah.

6. Munculnya rasa malu saat mantan mengetahui kamu masih stalking medsosnya

7 Efek Buruk yang Kamu Rasakan jika Kerap Stalking Media Sosial MantanFreepik.com/shurkin_son

Saat sibuk scrolling beranda media sosial mantanmu, mungkin tanpa sengaja kamu menekan tombol like di salah satu postingannya. Menyadari hal tersebut, kamu pun cepat-cepat unlike unggahan si mantan. Sayangnya, dia sudah terlanjur mengetahui hingga akhirnya kamu jadi malu sendiri.

7. Hidupmu jadi gak bergairah dan kurang produktif

7 Efek Buruk yang Kamu Rasakan jika Kerap Stalking Media Sosial MantanFreepik.com/wavebreakmedia_micro

Sering stalking media sosial mantan membuatmu jadi terlalu fokus padanya. Akibatnya, kamu pun jadi kerap mengabaikan kehidupanmu sendiri. Kebiasaan ini akhirnya membuatmu kurang bergairah menjalani rutinitas. Lebih dari itu, kamu pun jadi semakin gak produktif dalam bekerja ataupun menghasilkan sebuah karya.

Well, gak mau kan kamu mengalami seperti apa yang telah tertulis di atas? Untuk itu, segera hentikan kebiasaanmu stalking media sosial mantan. Lakukanlah dengan sungguh-sungguh agar kamu bisa segera move on darinya. Semangat!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Gak Perlu Panas Hati Melihat Mantan Gandeng Pacar Baru

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya