Comscore Tracker

5 Cara Simpel Meredam Kecewa saat Cintamu Kandas

Lepaskan kecewamu pulihkan hatimu sekarang juga!  

Tidak sedikitnya keadaan seperti ini rentan mengalami rasa kecewa, sedih, tidak terima, bahkan tidak rela mengalami semua itu.

Berani menjalin cinta berarti sudah bersiap dengan apa pun risikonya yang akan dihadapi nantinya. Tanpa persiapan mental yang kuat baik hati maupun pikiran, maka yang terjadi sebagian besar lantaran tidak bisa menerima kenyataan saat hubungan cintamu berakhir kandas.

Berat memang rasanya tapi sudah terlanjur terjadi, sudah tidak bisa dibantah dengan sepatah kata pun. Jangan sedih, tenanglah, ada sederet cara simpel yang bisa mengurangi rasa kecewa dalam hatimu, nih, guys

1. Pikirkan bahwa masih ada orang yang menyayangimu

5 Cara Simpel Meredam Kecewa saat Cintamu Kandasilustrasi perempuan melihat dirinya di kaca (pexels.com/JESSICA TICOZZELLI)

Jangan pernah berpikir, jika cintamu telah kandas berarti tidak ada yang menyayangimu lagi. Anggapan itu bisa jadi tidak benar, mungkin saja alasan pacarmu ingin mengakhiri hubungan denganmu karena ingin meniti karier yang lebih baik lagi.

Saat kamu pernah bersamanya, kamu sudah mendapatkan kasih sayang dari seorang pacar, dan bukan berarti ketika meninggalkanmu menjadi 'tidak sayang'.

Masih ada kok, orang-orang terdekat yang selalu memberikan kasih sayang tanpa ada kata 'putus'. Kasih sayang dari keluarga, teman dekat misalnya, kamu mendapatkan semuanya setiap hari, tidak sama sekali lelah menyayangimu, tanpa kamu sadari mereka lah yang justru menjadi everything to you di setiap hidupmu.

2. Jangan terlalu hanyut dalam kesedihan

5 Cara Simpel Meredam Kecewa saat Cintamu Kandasilustrasi perempuan bersedih (pexels.com/Engin Akyurt)

Ungkapkan saja apa yang kamu inginkan, itu hal yang membuatmu menjadi lebih tenang setelah merasakan semua. Memendam rasa terlalu lama tidak baik untuk kesehatan batinmu. 

Adukan isi hatimu yang tak karuan rasanya pada siapa yang menjadi teman kepercayaanmu, yang sekiranya mengerti dan paham kondisimu saat itu. Jangan terlalu hanyut dalam kesedihan yang nantinya bisa membuatmu bertambah menjadi sakit hati. 

Baca Juga: 5 Faktor yang Bikin Hubunganmu Cepat Kandas, Segera Perbaiki!

3. Luangkan waktu untuk melakukan aktivitas favoritmu

5 Cara Simpel Meredam Kecewa saat Cintamu Kandasilustrasi perempuan bermain gitar (pexels.com/cottonbro)

Dalam suasana hati yang sedang kemelut dengan rasa kecewa, merasa tidak rela ditinggal pergi begitu saja, tentu tetap menjadi bayangan setiap kali mengingat kenangan dengannya. 

Oleh karena itu, manfaatkan apa yang menjadi favorit aktivitas yang kamu sukai. Lakukan dengan sepenuhnya, nikmati sebagai caramu meluapkan kekecewaanmu tapi terhadap hal-hal yang positive and healthy, ya guys.

Dengan adanya aktivitas seperti ini, membuatmu lebih tenang, beban pikiran yang menguras banyak energi, seperti menangis juga bisa membuatmu lelah fisik dan psikis, lho, jika terus-menerus kamu tangisi.

4. Bermain game online di waktu tertentu

5 Cara Simpel Meredam Kecewa saat Cintamu Kandasilustrasi perempuan bermain game online (pexels.com/RODNAE Productions)

Kalau kamu suka bermain game terutama game online , tinggal lakukan saja. Ini memang cukup sepele, sih. Tapi ternyata bisa berdampak besar, lho, terhadap kondisimu yang saat ini yang di landa kegalauan karena cintamu kandas dan tak sesuai dengan ekspektasi mu selama ini. 

Sejenak mengotak-atik games yang tersimpan rapi di antara deretan berbagai aplikasi yang kamu punya di gadget. Sayang banget, nih, kalau gak kamu mainkan, malah dianggurkan begitu saja. Padahal ini justru bisa diandalkan untuk membangkitkan semangatmu yang sempat menurun hanya karena cintamu kandas. 

5. Carilah suasana baru untuk me-refresh pikiranmu 

5 Cara Simpel Meredam Kecewa saat Cintamu Kandasilustrasi bersepeda bersama (pexels.com/Nubia Navarro(nubikini))

Tidak perlu jauh-jauh mau pergi ke mana dan sibuk mencari tempat yang pas buat me-refresh pikiranmu yang sempat kacau balau hingga tak tentu arah dibuatnya gelisah dan galau merana. 

Carilah tempat yang dekat saja tanpa mengeluarkan uang dari saku bajumu, misalnya jalan-jalan naik sepeda keliling sekitar rumahmu saat sore hari, kalau perlu ajak sekalian keluarga, sahabat, agar jalan-jalanmu terasa lebih seru dan pastinya menyenangkan. 

Pikiran yang masih saja dipenuhi keruwetan perlu di ajak bersenang-senang sesekali. Gak harus kok, pergi ke tempat yang mahal, melihat dan memulai pergi ke tempat yang dekat, walaupun itu hal kecil bahkan sedang merasa kecewa sekali pun itu akan berpengaruh sekali pada mood booster-mu. Merasa tenang serta bahagia tidak bisa di beli, tapi bisa di dapatkan dengan hal-hal yang kecil di luar dugaanmu.

Kecewa boleh sekali, menangis silakan saja, gak ada yang melarang. Ungkapkan saja seluruh isi hatimu. Karena sesungguhnya ada sesuatu yang lebih indah dari cintamu yang telah berakhir kandas. Percayalah Tuhan bisa menentukan jodoh yang tepat di waktu yang tak disangka-sangka sebelumnya.

Baca Juga: 5 Hal yang Tak Boleh Jadi Tujuan Saat Memiliki Pasangan, Mudah Kecewa!

Indah Safitri Photo Verified Writer Indah Safitri

Stay strong and never give up !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya