Comscore Tracker

Pertanyaan yang Bisa Menguji Apakah Kamu Sudah Jadi Sahabat yang Baik

Jawab pertanyaan berikut dalam hati!

Semua orang ingin punya sahabat yang baik. Namun, langkah pertama memiliki sahabat yang baik adalah harus bisa menjadi sahabat yang baik juga!

Lalu, apakah kamu sudah memenuhi syarat itu? Jawab dulu pertanyaan tentang apakah kamu sudah jadi sahabat yang baik berikut!

1. Apakah kamu bisa menerima kekurangan sahabatmu?

Pertanyaan yang Bisa Menguji Apakah Kamu Sudah Jadi Sahabat yang BaikPexels/ELEVATE

Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, gak semua orang bisa menerima kekurangan kita. Dia yang tahu kekurangan kita, namun masih mau bersahabat dengan kita, tentu sahabat yang baik.

Lantas, apakah kamu juga bisa menerima kekurangan sahabatmu? Meskipun kekurangan sahabatmu itu membuatmu kesal, apakah kamu masih mampu menyayanginya apa adanya?

2. Apakah kamu selalu jujur kepada sahabatmu, sekalipun dia membuatmu tak nyaman?

Pertanyaan yang Bisa Menguji Apakah Kamu Sudah Jadi Sahabat yang Baikpexels/Elle Hughes

Sehubungan dengan poin sebelumnya, terkadang kekurangan atau kesalahan orang lain bisa membuat kita tidak nyaman. Namun sahabat yang baik gak bakal ragu untuk bersikap jujur akan ketidaknyamanan ini.

Selalu bersikap jujur sangat penting untuk mempertahankan persahabatan. Lantas, apakah kamu sudah bersikap apa adanya dan jujur terutama ketika sahabatmu membuatmu tidak nyaman?

3. Apakah kamu sudah menjadi pendengar yang baik untuk sahabatmu?

Pertanyaan yang Bisa Menguji Apakah Kamu Sudah Jadi Sahabat yang Baikunsplash/Andrea Tummons

Sahabat adalah tempatmu untuk bertukar cerita, emosi, dan perasaan terdalam. Ada kalanya kamu butuh untuk didengarkan. Namun, ada juga saatnya kamu butuh mendengarkan.

Nah, apakah kamu sudah menjadi pendengar yang baik untuk sahabatmu? Ingat! Pendengar baik adalah mereka yang benar-benar tulus ingin mendengar, bukan mendengar untuk membalas atau sekadar kepo.

Baca Juga: 5 Hal Sepele yang Harus Dihindari Ketika Berantem Sama Sahabat

4. Apakah kamu bersedia hadir ketika sahabatmu membutuhkanmu?

Pertanyaan yang Bisa Menguji Apakah Kamu Sudah Jadi Sahabat yang Baikpexels/Pixabay

Tentunya, kita juga ingin punya sahabat yang selalu bersedia hadir untuk kita. Terutama, apabila kita sedang berada di masa-masa terpuruk. Kehadirannya akan membuat kita merasa lebih nyaman.

Sebagai sahabat yang baik, kamu perlu memberitahukannya bahwa kamu bersedia untuk hadir di segala keadaan, baik atau buruk. Namun jangan sampai pernyataan tersebut cuma sekadar janji manis belaka, ya!

5. Apakah kamu bisa dipercaya sahabatmu, meskipun dia sedang tidak bersamamu?

Pertanyaan yang Bisa Menguji Apakah Kamu Sudah Jadi Sahabat yang Baikunsplash/greg raines

Terakhir, sahabat yang baik adalah mereka yang jujur dan apa adanya di depan maupun di belakang sahabatnya. Ada istilah 'ngomongin di belakang' yang sering merusak persahabatan. Namun, sahabat yang baik gak bakal melakukan hal tersebut.

Apakah kamu mau membela sahabatmu ketika ada orang lain berkomentar negatif tentangnya? Apakah kamu juga mau menjaga rahasia dan aib sahabatmu sendiri? 

Setelah menjawab pertanyaan tentang apakah kamu sudah jadi sahabat yang baik tersebut, bagaimana hasilnya? Menurutmu, apakah kamu sudah menjadi sahabat yang baik?

Baca Juga: 5 Tanda Kamu & Teman sudah Menjadi Sahabat Sejati bukan cuma Kata-kata

Topic:

  • Klara Livia
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya