Comscore Tracker

5 Hal Sepele yang Harus Dihindari Ketika Berantem Sama Sahabat

Ayok, maafin aja yok!

Setiap orang pasti memiliki teman yang cukup dekat dalam hidupnya. Namun menjadi kurang cukup jika persahabatan tidak dibumbui dengan perdebatan-perdebatan antar keduanya.

Hal itu dilakukan agar kedua belah pihak saling bisa introspeksi diri untuk mengetahui kekurangan masing-masing. Namun, terkadang pula hal itu merupakan penyulut pertengkaran antar sahabat maupun teman. Ada beberapa hal yang harus kamu hindari jika sedang berantem dengan sahabat, ini penjelasannya.

1. Membiarkan masalah dengan harapan selesai dengan sendirinya

5 Hal Sepele yang Harus Dihindari Ketika Berantem Sama Sahabatpexels.com/@thiszun

Jika sedang ada masalah dengan sahabatmu, jangan dibiarkan masalah itu bisa selesai dengan sendirinya. Sahabat dengan kekasih sangatlah beda. Jika kamu berantem dengan kekasih, pastinya dirimu akan membiarkan waktu menghapus segala keburukan yang telah dilakukan berdua.

Tetapi jika dengan sahabat, kamu dituntut untuk saling terbuka dan memberi arahan satu sama lain agar hubungan persahabatan kalian tidak hancur dengan sendirinya. Oleh karena itu, cobalah untuk mengobrol baik-baik dengannya jika ada masalah di antara kalian berdua.

2. Tidak mau meminta maaf terlebih dahulu

5 Hal Sepele yang Harus Dihindari Ketika Berantem Sama SahabatPexels/Skitterphoto

Jika terjadi sebuah pertengkaran, kata "maaf" memang sangatlah susah diutarakan. Hal itu terjadi karena ego yang terlalu besar membuat seseorang merasa dirinya adalah yang paling benar. Namun, cobalah untuk direnungkan tentang hal apakah semuanya benar?

Ingatlah bahwa sahabatmu adalah seseorang yang tidak pernah meninggalkanmu meskipun seribu orang menjauhimu. Jangan ragu-ragu untuk meminta maaf terlebih dahulu jika kamu ingin hubungan persahabatanmu bisa bertahan lama.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Lebih Mudah Memaafkan Musuh daripada Sahabat Sendiri!

3. Membicarakan keburukannya bersama orang lain

5 Hal Sepele yang Harus Dihindari Ketika Berantem Sama Sahabatpexels.com/tirachard kumtanom

Memang kebanyakan orang di dunia ini pasti terlahir untuk menyukai pembicaraan tentang keburukan orang lain. Hal itu terjadi karena menyalahkan seseorang tetapi tidak secara langsung, merupakan hal yang sangat enak dan nyaman dilakukan jika sedang membenci orang tersebut.

Tetapi cobalah untuk tidak melakukan hal tersebut jika kamu berantem dengan sahabatmu. Jika kamu tetap melakukan hal tersebut, maka bersiap-siaplah hubungan persahabatan kalian berhenti sampai di situ. Diam dan mencari solusi pemecahan masalah adalah lebih baik.

4. Tak mau menyadarkan dan menyembuhkan keburukannya

5 Hal Sepele yang Harus Dihindari Ketika Berantem Sama Sahabatpexels.com/prince photos

Seorang sahabat sejati pasti tidak akan tega jika sahabatnya sendiri terkurung pada lingkaran keburukan. Pasti ada rasa untuk menjemputnya dan memperbaiki segala keburukan yang bisa saja merugikannya. Ketika berantem dengan sahabat, pasti ada beberapa sikap buruk di antara kalian yang tak mau diredam.

Jika memang sahabatmu terus-terusan larut dalam keburukan, maka jangan dibiarkan dia terus menerus di dalam hal itu. Meskipun kamu sedang ada masalah dengannya, cobalah sadarkan dia dengan berbagai cara yang kamu anggap itu cukup efektif. Dia pasti akan sangat berterima kasih denganmu atas hal itu jika berhasil.

5. Melakukan debat kusir tanpa henti

5 Hal Sepele yang Harus Dihindari Ketika Berantem Sama Sahabatpexels.com/vera arsic

Semua orang pasti setuju bahwa perdebatan yang paling buruk di dunia ini adalah dengan tidak memakai logika dan teori sama sekali. Perdebatan yang dimaksud tersebut biasa dikenal dengan istilah debat kusir. Memang perdebatan dalam sebuah persahabatan adalah hal yang cukup lumrah terjadi.

Namun kamu harus menghindari debat kusir jika di dalam hubungan persahabatanmu ada api yang tersulut. Hal itu malah membuat hubungan kalian berdua menjadi renggang dan mungkin malah berhenti sampai di situ. Jika dia memancing untuk melakukan debat kusir, maka beri pengertian kepadanya bahwa hal itu sangatlah buruk bagi kalian.

Itulah kelima hal yang tidak boleh kamu lakukan jika sedang berantem dengan sahabat. Jangan sampai egomu bisa menghancurkan persahabatan kalian yang sudah dirajut cukup lama ya, guys!

Baca Juga: 5 Cara Baikan sama Sahabat saat Berantem, Kamu Pilih yang Mana?

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Cat-Holic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya