Comscore Tracker

5 Tips Sukses Online Dating agar Sampai Pelaminan, Olah Ekspektasimu!

#IDNTimesLife Yang jomblo merapat

Siapa di sini yang senang menggunakan aplikasi kencan? Memang, mencari pasangan di dunia maya memudahkan kita menemukan seseorang. Meskipun begitu, kamu perlu berhati-hati agar bisa menemukan orang yang tepat ya!

Dalam webinar yang diselenggarakan aplikasi kencan OkCupid (23/1/2021), psikolog Pingkan Rumondor membagikan tips agar sukses menjalani online dating. Kira-kira, apa saja tips sukses online dating agar sampai pelaminan yang ia sampaikan?

1. Tetapkan standar dan nilaimu sendiri

5 Tips Sukses Online Dating agar Sampai Pelaminan, Olah Ekspektasimu!Webinar Kiat-kiat mendapatkan a meaningful relationships dalam aplikasi dating OkCuipd. 23 Januari 2021. IDN Times/Klara Livia

Bak berkencan di dunia nyata, kita harus memiliki standar dan nilai-nilai sendiri akan hubungan asmara. Dari sini, kita bisa mengetahui bagaimana kriteria pasangan yang diinginkan secara lebih spesifik.

"Buatlah list kriteria pasangan yang konkret seperti bisa menulis kalimat secara lengkap, menyapa dengan menyinggung sesuatu yang saya tulis di profil, menghindari konten terkait seks saat menyapa. Buat juga sistem sortir sendiri berdasarkan kriteria yang paling kamu anggap penting," ungkap Pingkan.

2. Tetapkan batasan pribadimu

5 Tips Sukses Online Dating agar Sampai Pelaminan, Olah Ekspektasimu!dramabeans.com

"Tetapkan batasan pribadi dengan tegas. Batasan pribadi yang perlu diperhatikan adalah materi, emosional, fisik, serta waktu dan energimu," ungkap Registered Clinical Psychologist (IDN) tersebut.

Secara materi, Pingkan menyarankan kita untuk tidak memberikan hadiah, meminjamkan uang, atau membayar sesuatu untuk teman kencan kita. Secara emosi, kita tak perlu bertanggung jawab saat membuat teman kencan kita sedih ataupun marah. Secara fisik, katakan tidak dengan sentuhan dan hal-hal seksual. 

Terakhir, kita juga perlu membatasi waktu dan energi kita. Jangan biarkan seseorang yang memaksa, menghabiskan waktu atau energi kita yang berharga ketika kita tidak menginginkannya.

3. Kelola ekspektasimu

5 Tips Sukses Online Dating agar Sampai Pelaminan, Olah Ekspektasimu!hancinema.net

Segala hal bisa terlihat baik di dunia maya. Kamu mungkin melihat seseorang yang sangat menarik secara visual di aplikasi kencan, padahal belum tentu ia semenarik itu di dunia nyata. Oleh karena itu, penting sekali mengelola ekspektasimu.

"Kelola ekspektasimu. Teman kencanmu mungkin tampil berbeda dari foto profil. Tapi, fokuslah ke hal-hal yang penting buatmu! Perhatikan bagaimana ia berinteraksi denganmu dan orang sekitar," terang Pingkan.

Baca Juga: 5 Tips Agar Gak Mudah Terperdaya Saat Gunakan Aplikasi Kencan Online

4. Jadi dirimu sendiri

5 Tips Sukses Online Dating agar Sampai Pelaminan, Olah Ekspektasimu!hancinema.net

Terpisah oleh jarak sangat mudah membuat seseorang memalsukan diri sendiri agar cepat mendapat pasangan. Padahal, kalau kita gak jadi diri sendiri, kita bakal susah menemukan orang yang tepat untuk kita lho!

"Kalau tujuanmu pengin cari pasangan yang serius, tapi kamu gak jadi diri sendiri, buat apa? Jadi kamu waktu sudah masuk ke relationship offline, malah capek sendiri," ungkapnya.

5. Percayalah pada firasat dan intuisimu

5 Tips Sukses Online Dating agar Sampai Pelaminan, Olah Ekspektasimu!Webinar Kiat-kiat mendapatkan a meaningful relationships dalam aplikasi dating OkCuipd. 23 Januari 2021. IDN Times/Klara Livia

Pada dasarnya, setiap orang memiliki firasat dan intuisi. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mendengarkannya saat melakukan kencan online. Ia akan membatasi kita untuk terjebak dalam hal-hal tak menyenangkan.

"Percayalah pada firasat dan intuisimu. Jika kencanmu tampaknya terlalu baik untuk menjadi kenyataan, mungkin memang begitu. Jika kamu merasa tidak nyaman, hentikan interaksi sejenak, tarik nafas, dan gunakan logikamu," tutupnya.

Baca Juga: 7 Aplikasi Kencan Online Islami di Android, Bisa Taaruf

Topic:

  • Klara Livia
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya