Comscore Tracker

Ingin Asmaramu Tetap Sehat? Hindari 5 Jenis Penyakit dalam Hubungan

#IDNTimesLife Hubungan bisa bubar kalau tetap dipelihara!

Masih banyak yang menyangka bahwa hubungan asmara itu akan selalu indah. Padahal kenyataannya tidak demikian. Sering kali jalinan cinta yang semula indah bisa berujung derita.

Layaknya penyakit yang bisa menggerogoti tubuh yang sehat, penyakit ini pun bisa menjangkiti hubungan asmara dan mengubah jalinan cinta yang semula indah menjadi seperti neraka. Yuk, kenali apa saja penyakit yang mesti kamu hindari itu.

1. Menumpuk kepahitan masa lalu

Ingin Asmaramu Tetap Sehat? Hindari 5 Jenis Penyakit dalam Hubunganilustrasi pasangan (pexels.com/Marcelo Chagas)

Penyakit pertama yang kerap dialami hubungan yang tak sehat, adalah terbiasa menumpuk dosa-dosa masa lalu pasangan. Hal ini yang membuat hubungan jadi seperti medan pertarungan.

Hubungan jadi diwarnai dengan adu menang argumentasi dan tak lelah mengungkit-ungkit kepahitan masa lalu sebagai senjata mengalahkan pasangan. Terus-menerus seperti ini, membuat asmara yang tadinya bersemi jadi mati perlahan.

2. Senang main ancam

Ingin Asmaramu Tetap Sehat? Hindari 5 Jenis Penyakit dalam Hubunganilustrasi pasangan tak akur (pexels.com/Alex Green)

Percekcokan dalam hubungan adalah wajar. Yang tak bisa dimaklumi adalah berusaha memanipulasi pasangan dengan cara main ancam akan pisah.

Kebiasaan main ancam ini, selain bisa membuat pasangan jadi tertekan, juga membuatnya merasa hubungan yang saat ini dijalani tak berharga. Karena kalau memang hubungan ini bernilai, pastinya gak mudah untuk mengucap putus, dan berusaha dengan segenap upaya untuk dipertahankan, bukan?

Baca Juga: 5 Trik Khusus Memperbaiki Hubungan Dengannya Saat Kalian Hampir Putus

3. Tidak adanya rasa percaya antar pasangan

Ingin Asmaramu Tetap Sehat? Hindari 5 Jenis Penyakit dalam Hubunganilustrasi pasangan (pexels.com/Andres Ayrton)

Menyadap aplikasi pesan pasangan, terus-menerus menelepon untuk mengecek keberadaannya, cemburu membabi buta, adalah contoh dari penyakit dalam hubungan asmara akibat tak adanya rasa percaya satu sama lain.

Hal ini jika terus dibiarkan, akan membuat pasangan jadi lelah dan memilih menyerah untuk terus bersama dengan orang yang tak mampu berinya rasa percaya. Siapa yang mau, punya pasangan layaknya mata-mata?

4. Sikap egois

Ingin Asmaramu Tetap Sehat? Hindari 5 Jenis Penyakit dalam HubunganIlustrasi wanita menatap tajam (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Egois, atau mementingkan diri sendiri merupakan salah satu penyakit yang kerap merusak hubungan cinta yang tadinya harmonis. Tak mau mengalah sama sekali, merasa diri paling benar, selalu menunjuk orang lain yang salah, akan membuat pasangan jadi muak dan kemudian memilih pisah.

Sudah kodratnya, supaya hubungan bisa berjalan dengan lancar dan lama masanya, penting adanya kompromi antara dua pihak. Karena ini menyangkut dua individu berbeda yang disatukan dalam ikatan cinta. Jadi, pasti selalu ada perbedaan pendapat, ketidaksepakatan. Akan susah kalau salah satu atau keduanya egois.

5. Berusaha selalu terlihat sempurna

Ingin Asmaramu Tetap Sehat? Hindari 5 Jenis Penyakit dalam Hubunganilustrasi pasangan (pexels.com/Monstera)

Hubungan cinta yang sehat, mengharuskan keduanya bisa saling menerima karakter pasangan, kelebihan maupun kekurangannya. Ketika ada salah satu pihak yang selalu berusaha terlihat sempurna, hanya demi membahagiakan pasangannya, ibarat menyimpan api dalam sekam. Lama-lama, terbakar juga akibat dia harus membohongi dirinya sendiri, dan menekan emosi sesungguhnya yang selama ini dia rasakan.

Cobalah untuk jujur pada diri sendiri, sehingga mampu terbuka pada pasangan. Jika memang dia sosok yang tepat untukmu, pastinya akan menerima kelebihan maupun kekuranganmu.

Kalau ada penyakit di atas yang menjangkiti hubunganmu saat ini, sebaiknya segera ambil tindakan untuk memperbaikinya. Supaya hubungan yang sedang kamu jalin sekarang, bisa terus sehat, dan tak merasa seperti neraka.

Baca Juga: 7 Tanda Kamu Sebenarnya Gak Tertarik Pada Hubungan Asmara

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya