Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Cek Kebenarannya dari Gebetan

Pentingnya melakukan background check #IDNTimesLife

Saat kamu mulai mengenal seseorang yang sedang berupaya mendekatimu, pastinya dia promosi dirinya. Mulai dari menceritakan asal-usulnya, pokoknya semua hal yang bisa membuatmu terkesima. Apalagi jika kamu menggunakan online dating. Profilnya bisa dibaca dengan jelas.

Namun, sebelum kamu percaya, coba pastikan lima hal ini dicek dulu kebenarannya. Jangan langsung percaya saja, ya. 

1. Statusnya 

5 Hal yang Harus Kamu Cek Kebenarannya dari GebetanIlustrasi pria sendirian (pixabay.com/StockSnap)

Yang pertama pastinya adalah statusnya dia. Beneran single atau dia sedang mencari pertemanan di luar hubungan resminya. Ini penting supaya mencocokkan dengan value yang kamu punya dalam mencari pasangan. Kalau kamu tipe yang close relationship, ya jangan mau. 

Sebelum kamu yang rugi karena hanya jadi pelampiasan sementara, lebih baik kamu cek benar status dia. Termasuk sedang dekat dengan siapa saja. 

2. Latar belakang pendidikan 

5 Hal yang Harus Kamu Cek Kebenarannya dari GebetanIlustrasi wisuda (pixabay.com/Chantellen)

Di aplikasi online dating juga ada yang memintamu untuk menyebutkan nama universitas jika memang kamu pernah kuliah. Biasanya orang yang tak jujur selalu menggunakan kepalsuan, dengan bilang bahwa dia lulusan dari universitas yang bergengsi. 

Saat ini zaman sudah modern. Jika kamu berhasil mendapatkan namanya, carilah di mesin pencari. Apakah benar dia lulusan dari universitas tersebut. Atau kalau punya kenalan dari kampus tersebut carilah informasi umum mengenai kampus tersebut dan coba tanyakan ke calon gebetan. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Wajib Bermimpi meski Background Keluarga Gak Mendukung

3. Pekerjaannya

5 Hal yang Harus Kamu Cek Kebenarannya dari GebetanIlustrasi pekerjaan (pixabay.com/lukasbieri)

Selain pendidikan, orang biasanya akan show off dari sisi pekerjaannya. Sekarang semua bisa ditulis dengan mudahnya. Jangan langsung tergiur karena dia menulis sebagai direktur, manajer, atau apa pun posisi yang kelihatan cukup mentereng.

Lagi-lagi kamu bisa mencarinya di internet atau di media sosialnya. Pastinya kelihatan dong, gaya direktur beneran sama yang gadungan?

4. Hobi dan lifestyle-nya

5 Hal yang Harus Kamu Cek Kebenarannya dari GebetanIlustrasi fotografi (pixabay.com/Free-Photos)

Kenapa ini penting, karena kamu nanti akan berkolaborasi dengan dia melalui lifestyle-nya juga. Kalau dia sekiranya terlalu berbeda juga tidak bisa berjalan dengan baik hubungannya. Misalnya dia harus makan di restoran mahal, sedangkan kamu cukup di warung pinggir jalan. 

Coba cek betul, apakah dia benar-benar memiliki hobi dan lifestyle tersebut. Sehingga akhirnya kamu bisa memutuskan untuk bisa menyesuaikan atau mencari yang lain kembali. 

5. Latar belakang keluarga 

5 Hal yang Harus Kamu Cek Kebenarannya dari GebetanIlustrasi keluarga (pixabay.com/streetwindy)

Biasanya ini perlu waktu yang agak lama, karena menyangkut masalah keluarga. Tidak apa-apa, selagi masih bisa kamu selidiki. Tak perlu kenalan secara langsung sama keluarganya, namun coba cek apakah dia sering atau pernah membagikan momen bersama keluarga atau tidak. 

Ini penting supaya kamu bisa menilai apakah dia orang yang terbuka atau tidak. Orang yang terbuka biasanya tidak masalah memasang foto keluarganya. Namun, yang repot kalau orangnya misterius. 

Jadi kelima hal di atas wajib kamu ketahui kebenarannya dari gebetan. Untuk bisa melangkah lebih, tentunya kamu harus mengenal baik siapa dia. Jangan mau tertipu dan malah rugi di belakang.

Baca Juga: 5 Tips Elegan Menarik Perhatian Gebetan Lewat Chat, Patut Dicoba!

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya