Comscore Tracker

5 Pentingnya Kepercayaan Diri saat Cari Pasangan, Yuk Berani

Jangan sampai kamu terkesan minder duluan #IDNTimesLife

Saat mencari pasangan, pastinya kamu akan melihat kebaikan dan daya tarik dari diri gebetan. Sehingga tak heran kamu jadi sangat ingin mendekatinya. Awalnya pasti kamu melihat dia sebagai sosok yang sempurna versi kamu. Padahal baru melihat di sosial media saja, atau baru mengenal beberapa waktu.

Namun, sudahkah kamu melihat ke dalam dirimu juga? Bagaimana dirimu? Karena pastinya kepercayaan diri penting saat kamu mencari pasangan. Berikut manfaatnya yang akan kamu rasakan jika PD saat PDKT.

1. Kamu tetap punya standar dalam menjalani hubungan 

5 Pentingnya Kepercayaan Diri saat Cari Pasangan, Yuk BeraniIlustrasi pacaran (pixabay.com/instant-shooting)

Ketika mendekati seseorang, pastikan bahwa kamu sudah punya standar dan batasan dalam diperlakukan dan memperlakukan gebetan. Karena cinta itu kadang bisa meruntuhkan standar itu. Harapannya jangan sampai demikian, karena jika kamu melihat pasangan dengan pikiran yang tidak jernih, kamu bisa salah memilih orang untuk jadi pasanganmu.

2. Tidak terlalu dibutakan dan hanya melihat dia yang sempurna 

5 Pentingnya Kepercayaan Diri saat Cari Pasangan, Yuk BeraniIlustrasi pasangan kekasih (pixabay.com/Rebekahrae)

Oke, saat kamu jatuh cinta awal, pastinya melihat dia sempurna. Baik secara fisik, karier, dsb. Sehingga membuatmu kadang ciut duluan nyalinya. Namun, jika kamu percaya sama diri sendiri, maka sebenarnya kamu juga tidak akan memandang rendah dirimu yang bisa naksir sama orang seperti dia.

Mindset ini diperlukan supaya kamu tidak jadi buta dan bisa juga menilai dia dari segi logis. Apalagi saat ketemuan dan kenal lebih dekat. Biasanya baru ditemukan beberapa hal darinya yang tidak disukai. 

Baca Juga: 5 Kekeliruan yang Sering Dilakukan Seseorang dalam Mencari Pasangan

3. Terkesan aktif dan tidak pasif

5 Pentingnya Kepercayaan Diri saat Cari Pasangan, Yuk BeraniIlustrasi wanita dan pria (pixabay.com/StockSnap)

Di mata gebetan jadinya kamu dinilai sebagai orang yang aktif. Karena kalau PD, biasanya kamu akan berani ngajak ketemuan duluan, nge-chat duluan, dsb. Beda saat kamu gak PD. Chatting juga kaku, saat ketemuan juga lebih banyak menunduk. Bukannya gebetan jadi suka, malahan dia pikir kamu tidak gentle dan tidak tertarik sama dia. Jadi PD itu penting, ya!

4. Mampu menyelami dunianya dengan kepala tegak

5 Pentingnya Kepercayaan Diri saat Cari Pasangan, Yuk BeraniIlustrasi pernikahan (pixabay.com/TheArchangel911)

Saat semakin kenal dengannya, biasanya kamu akan diajak ke dunianya. Dikenalkan dengan teman-temannya, lingkungannya, dsb. Sehingga di sini kamu bisa menyelami dunianya dia. Nah, di poin ini kamu harus punya modal yaitu nyali. Karena yang akan menilaimu bukan hanya gebetan, namun juga teman-teman dia. 

Bukan tidak mungkin nantinya teman-teman dia akan memberikan penilaian mereka ke gebetan dan membuat gebetanmu berpikir untuk selanjutnya. Jadi, kesan pertama itu penting di sini. Percaya dirilah!

5. Meningkatkan daya tarik bagi gebetan 

5 Pentingnya Kepercayaan Diri saat Cari Pasangan, Yuk BeraniIlustrasi pasangan mesra (pixabay.com/StockSnap)

Semakin kamu PD, justru dia akan berpikir memangnya kamu punya apa, kamu siapa, sampai PD seperti ini. Walau pada akhirnya dia menyadari kamu manusia biasa saja, namun dari sikap PD inilah yang jadi keunikan dari dalam dirimu. Apalagi sikap percaya diri akan membawa aura yang lebih positif. Jadi kamu bisa kelihatan charming di matanya. 

Jadi kepercayaan diri itu dibutuhkan juga saat mencari pasangan. Sadari value kamu juga, supaya jangan sampai dibutakan oleh cinta. Kamu layak mendapatkan yang terbaik untuk jadi pasanganmu. Semangat, ya!

Baca Juga: 5 Prinsip yang Harus Dipegang Saat Mencari Pasangan, Biar Gak Menyesal

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya