Comscore Tracker

Sebelum Berkomitmen, Ini 5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan

Ngelakuin apa ya kira-kira?

Berkomitmen, khususnya untuk nikah bukan sesuatu yang bisa dilakukan secara asal-asalan. Butuh banyak sekali pertimbangan. Kamu juga mesti memastikan kalau dirimu siap agar pernikahanmu nanti long lasting

Di sisi lain, kamu sebagai orang yang nantinya akan menikah butuh waktu untuk melakukan kelima hal berikut. Apa saja kira-kira? Yuk, dicek sama-sama.

1. Puas-puasin nge-date

Sebelum Berkomitmen, Ini 5 Hal yang Wajib Kamu Lakukanpexels.com/Josh Willink

Sebelum berkomitmen, lebih baik puas-puasin nge-date dulu sama lawan jenis agar kamu lebih tahu sifat-sifat seseorang. Peluang untuk dapetin yang terbaik juga besar karena kisah asmaramu gak mentok pada satu orang saja.

Tapi, harus digarisbawahi kalau tujuannya di sini bukan untuk menjadi playgirl atau playboy. Jadi jangan asal dekat, lalu pergi seenaknya.

2. Melakukan segala sesuatu yang sempat tertunda

Sebelum Berkomitmen, Ini 5 Hal yang Wajib Kamu Lakukanpexels.com/Anna Shvets

Mumpung lagi single, ini saat terbaik untuk melakukan hal-hal yang kamu inginkan. Apalagi kalau hal tersebut sempat tertunda karena larangan dari pacar yang sekarang menjadi mantan. Mulai dari mengejar mimpi, traveling, pokoknya apa saja.

Selagi itu gak menyalahi aturan dan gak merugikan orang lain, maka oke-oke saja. Sebab, kebebasan ini gak akan lagi dirasakan saat kamu sah menjadi milik orang lain.

Baca Juga: Meski Telah Berkomitmen, 5 Batasan Ini Tetap Berlaku dalam Hubungan

3. Belajar untuk menjadi pribadi yang lebih independen supaya gak menyusahkan orang lain

Sebelum Berkomitmen, Ini 5 Hal yang Wajib Kamu Lakukanpexels.com/VisionPic .net

Kamu juga mesti belajar bagaimana cara hidup mandiri, karena bergantung pada suami atau istri itu gak mungkin. Sebab, mereka juga punya urusan yang harus dia selesaikan, jadi fokus hidupnya gak cuma mengurusi kamu saja. 

Proses menjadi sosok yang mandiri gak mudah. Gak heran kalau sekarang kamu ingin fokus pada diri sendiri dulu, gak mau mikirin relationship, apalagi pernikahan karena kamu masih sibuk belajar dan belajar.

4. Hidup dengan cara dan aturanmu sendiri

Sebelum Berkomitmen, Ini 5 Hal yang Wajib Kamu Lakukanpexels.com/Artem Podrez

Sebelum berkomitmen, kamu itu akan puas-puasin menjadi seorang bos dulu. Menjadi seseorang yang memimpin diri dan hidupnya sendiri. Sebab, kesempatan ini gak akan didapat saat sudah berumah tangga.

Karena biasanya, kehidupan pasca menikah akan dikontrol oleh pasangan. Memang gak sepenuhnya, cuma dalam beberapa kesempatan pasangan pasti lebih mendominasi.

5. Upgrade diri sendiri supaya dapat yang terbaik

Sebelum Berkomitmen, Ini 5 Hal yang Wajib Kamu Lakukanpexels.com/Christina Morillo

Upgrade diri sebenarnya bisa dilakuin kapan saja, termasuk saat sudah terikat dengan orang lain. Namun, alangkah lebih baik lagi kalau upgrade ini dilakukan sebelum berkomitmen guna mendapatkan sosok pasangan terbaik. 

Sejatinya, kalau kamu bagus, orang yang datang kepadamu pun bagus. Gak mungkin yang "asal jadi" saja. Jangankan seriusin kamu, mendekat pun mungkin gak berani.

Setelah komitmen nanti, percayalah hidupmu akan berubah 180 derajat. Maka dari itu, sekarang puas-puasin nikmati masa lajang supaya gak nyesal. Ingatlah kalau kamu gak bisa memutarbalikkan waktu.

Baca Juga: 5 Tanda Bahwa Pasanganmu Tulus Berkomitmen denganmu, Selamat ya!

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya