Comscore Tracker

Agar Tidak Tertipu Cinta di Media Sosial, Lakukanlah 6 Hal Ini!

Hati-hati sekarang ini banyak banget penipu di dunia maya!

Perkembangan teknologi dan kemajuan zaman memang membawa banyak sekali perubahan di berbagai aspek kehidupan manusia. Termasuk aspek kehidupan asmara. Kalau di zaman dulu pasti susah menemukan ada pasangan yang jatuh cinta dan pacaran tanpa pernah bertemu, tapi kalau di zaman sekarang malah banyak yang seperti itu. Hal ini bisa terjadi karena seiring dengan perkembangan teknologi, maka makin berkembang pula banyak platform media sosial.

Lewat media sosial ini banyak orang menjadi saling terhubung, walaupun tidak pernah bertemu sebelumnya. Dari sekedar ngobrol di media sosial, akhirnya muncul perasaan dekat, lalu tumbuh rasa sayang, hingga akhirnya merasa jatuh cinta, padahal belum pernah bertatap muka. Saat ini banyak sekali orang yang mengalami hal seperti itu, apakah kamu termasuk salah satunya?

Jatuh cinta dengan orang yang baru kamu kenal di media sosial itu memang tidak dilarang, namun kamu perlu berhati-hati agar tidak tertipu. Karena ada banyak sekali penjahat dan penipu yang bergentayangan di dunia maya mencari mangsa. Agar kamu tidak terjerat tipuan cinta di media sosial, lakukanlah 6 hal berikut ini.

1. Saat kamu mulai dekat dengan seseorang yang kamu kenal di dunia maya, minta pendapat dari teman-temanmu

Agar Tidak Tertipu Cinta di Media Sosial, Lakukanlah 6 Hal Ini!Unsplash/rawpixel

Seorang teman biasanya akan menjaga dan tidak akan menjerumuskan. Jadi saat kamu mulai dekat dengan seseorang di dunia, tunjukkanlah kepada temanmu dan minta pendapatnya. Karena biasanya saat kamu mulai dekat dengan seseorang, yang kamu lihat dari dia semuanya akan kelihatan baik.

Di sinilah kamu butuh pendapat temanmu, dia mungkin bisa melihat apa yang tidak kamu lihat. Jadi seandainya orang yang dekat denganmu ini kelihatannya tidak baik, maka temanmu pasti akan memberikan peringatan ke kamu.

2. Cari tahu sebanyak-banyaknya tentang dia sebelum kamu memutuskan untuk berpacaran dengan dia

Agar Tidak Tertipu Cinta di Media Sosial, Lakukanlah 6 Hal Ini!Unsplash/Erik Lucatero

Memang tidak ada larangan untuk jatuh cinta dengan orang yang kamu kenal di dunia maya. Tapi alangkah baiknya kalau sebelum memutuskan untuk berpacaran dengannya, kamu mencari tahu segala sesuatu tentang dia. Walaupun itu berarti kamu harus stalking semua akun sosial media dia. Ingatlah, banyak penipu di dunia maya.

Bisa saja dia pakai foto orang lain di akun sosial media, atau dia punya maksud lain sama kamu. Pernah baca berita kasus penipuan di media sosial? Atau kasus perkosaan yang dilakukan oleh kenalan dari media sosial? Pasti pernah dong.

Kamu mau itu terjadi juga sama kamu? Pasti nggak kan? Karena itulah, cari tahu segala hal tentang dia sebelum kamu memutuskan untuk berpacaran dengan dia.

3. Jangan terlalu gampang memberikan informasi pribadi kamu ke dia

Agar Tidak Tertipu Cinta di Media Sosial, Lakukanlah 6 Hal Ini!Unsplash/Daria Nepriakhina

Hindari memberikan informasi yang sifatnya pribadi ke orang yang baru kamu kenal di media sosial. Jangan sampai informasi tersebut disalah gunakan. Contoh informasi pribadi adalah nomor telepon kamu, tanggal lahir kamu, alamat kamu (entah itu alamat rumah, kantor, ataupun kampus).

Seandainya nih suatu saat kamu dan dia mengalami masalah lalu dia tahu no telepon kamu, bisa diteror lho kamu sama dia. Lebih parah lagi kalau dia sampai tahu alamat kamu, ada kemungkinan dia bisa menculik kamu. Seram kan?

4. Jangan mudah tergoda dengan bujuk rayu dan kata-kata manis dia

Agar Tidak Tertipu Cinta di Media Sosial, Lakukanlah 6 Hal Ini!Unsplash/Luke Porter

Jika dia mulai memuji-muji kamu, jangan gampang terbuai. Lebih baik kamu tetap bersikap biasa, dan mulai mencari tahu maksud dibalik pujian itu. Apakah pujian itu memang tulus, ataukah ada maksud tersembunyi.

Jangan sampai kamu jatuh kedalam perangkap dia. Curiga dan waspada terhadap orang yang kamu kenal di sosial media itu perlu banget.

5. Jika dia mengajak bertemu, ajaklah teman atau saudara untuk menemani. Dan pilihlah lokasi yang ramai sebagai tempat bertemu

Agar Tidak Tertipu Cinta di Media Sosial, Lakukanlah 6 Hal Ini!Unsplash/not brittany shh pls

Kalau suatu saat kamu diajak bertemu muka oleh dia yang kamu kenal di media sosial, ajaklah teman-temanmu untuk menemani kamu. Jangan pernah pergi sendirian, karena berbahaya. Dan pastikan kalau kamu dan dia bertemu di tempat yang ramai, seperti mall atau tempat rekreasi.

Satu hal yang WAJIB kamu ingat, kalau dia menawarkan diri untuk mengantarmu pulang. Tolak tawarannya! Jangan pernah mau diantar pulang oleh orang yang baru pertama kali kamu temui, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Jangan meminjamkan uang ke dia apapun alasannya. Apalagi kalau kamu baru mengenal dia, dan belum pernah bertemu dengannya

Agar Tidak Tertipu Cinta di Media Sosial, Lakukanlah 6 Hal Ini!Unsplash/Allef Vinicius

Hal yang terakhir ini penting banget juga. Walaupun dia yang kamu kenal di media sosial ini menurutmu adalah orang yang baik, dan kamu suka sama dia. Tetap saja kamu harus waspada, apalagi kalau dia mulai berani meminjam uang. Ingat ya jangan pernah memberikan pinjaman uang pada orang yang baru kamu kenal di media sosial, seperti apapun baiknya dia menurut kamu.

Memang di zaman serba teknologi seperti ini, cinta di dunia maya tidak bisa dihindari dan sering terjadi. Namun kamu harus selalu waspada agar terhindar dari niat jahat para penipu di dunia maya. Gunakanlah media sosial dengan bijak.

Ayana Photo Community Writer Ayana

Menulis adalah cara saya mengekspresikan pikiran saya. It's a really fun thing to do.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You