Comscore Tracker

5 Tanda Bahwa Hubunganmu Butuh Jarak Sementara, Ambil Waktu Sejenak!

Ambil jarak sejenak agar bisa berpikir

Pacaran bukan berarti harus selalu bersama, karena kita sama-sama masih punya urusan pribadi yang harus dikerjakan masing-masing. Justru kalau terlalu sering bersama, pasangan bisa mudah merasa bosan dan akhirnya saling menjauh bahkan berujung pisah.

Dalam sebuah hubungan, menjaga jarak untuk sementara bisa jadi jalan keluar, lho. Apalagi jika kita keseringan bersama dengan pasangan dan mulai timbul rasa jenuh. Nah, berikut ini lima tanda bahwa kamu dan pasangan butuh jarak untuk sementara.

1. Komunikasi tak lagi semenyenangkan dulu

5 Tanda Bahwa Hubunganmu Butuh Jarak Sementara, Ambil Waktu Sejenak!ilustrasi seorang wanita sedang menelpon (pexels.com/cottonbro)

Komunikasi adalah salah satu kunci utama berhasilnya sebuah hubungan. Menjaga komunikasi tetap lancar, sangatlah penting untuk pasangan agar tetap merasa dekat dan romantis. Tak heran kalau banyak yang berpisah karena kurangnya komunikasi.

Apa kamu sedang ada di fase mulai merasa jenuh untuk mengangkat telepon, atau mulai malas diajak ngobrol? Padahal biasanya setiap berkomunikasi dengan doi akan terasa sangat menyenangkan, bahkan lupa waktu. Kalau kamu sedang merasakan hal ini, maka lebih baik ambil jarak sementara.

Coba bicarakan pada pasanganmu dengan baik, apa yang tengah kamu rasakan dan sepakati bersama untuk membatasi waktu bertemu. Jelaskan bahwa ini untuk kebaikan kalian bersama. Setelah kamu memberi waktu dirimu untuk berpikir, kembalilah kepada pasanganmu dengan pikiran yang lebih sehat dan hati yang lebih tenang.

2. Mulai malas menghabiskan waktu bersama

5 Tanda Bahwa Hubunganmu Butuh Jarak Sementara, Ambil Waktu Sejenak!ilustrasi pasangan kekasih (freepik.com/tirachardz)

Awal berpacaran sehari berpisah dengan pasangan rasanya seperti setahun, maunya selalu sama-sama terus. Namun kini kamu mulai mencari-cari alasan karena malas ataupun bosan bertemu dengan doi. Ini juga menjadi tanda bahwa kalian butuh jarak untuk sementara.

Bosan dengan pasangan adalah hal yang biasa dalam percintaan, karena kalian terlalu sering bersama dan sudah tidak punya ruang untuk diri masing-masing. Cobalah mengambil jarak sejenak sampai kamu kembali merindukan si doi serta tidak merasa bosan lagi.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Orang Cerdas Kerap Gagal dalam Hubungan

3. Mulai membandingkan dengan hubungan orang lain

5 Tanda Bahwa Hubunganmu Butuh Jarak Sementara, Ambil Waktu Sejenak!ilustrasi pasangan kekasih (freepik.com/drobotdean)

Rumput tetangga selalu lebih hijau, kita menganggap orang lain lebih bahagia dari diri kita, padahal kita tak tahu apa yang sedang dialami orang tersebut. Padahal semua orang pasti punya beban hidup dan masalah masing-masing.

Kalau kamu mulai membandingkan hubunganmu dengan hubungan pasangan lain, merasa mereka lebih bahagia. Maka kamu butuh jarak dari pasanganmu untuk merenungkan setiap hal yang harus kamu syukuri dari pasanganmu. Ingat semua kebaikan dan kelebihan pasanganmu agar kamu bersyukur memiliki dia dalam hidup. 

4. Mudah emosi kepada pasangan

5 Tanda Bahwa Hubunganmu Butuh Jarak Sementara, Ambil Waktu Sejenak!ilustrasi pasangan kekasih sedang bertengkar (freepik.com/drobotdean)

Apa kamu sedang di fase mudah emosi dengan segala tingkah laku pasangan? padahal biasanya kamu hanya akan tersenyum dengan tingkah isengnya doi, namun kini semua yang dilakukan pasangan terasa sangat menyebalkan. Kalau kamu tengah merasakan hal di atas, maka masalahnya terletak pada cara pandangmu!

Kamu butuh berdamai dengan dirimu sendiri sehingga tak mudah marah dan emosi kepada pasangan. Kamu juga perlu mengontrol emosimu agar tidak mudah marah dan bereaksi berlebihan pada hal sepele.

5. Kamu mulai menginginkan kehidupan single

5 Tanda Bahwa Hubunganmu Butuh Jarak Sementara, Ambil Waktu Sejenak!ilustrasi wanita sedang berpikir (freepik.com/jcomp)

Dengan semua permasalah dalam hubungan kalian, kamu mulai gunda dan mulai menginginkan kehidupan single tanpa pasangan. Kamu mulai mendambakan masa dimana hanya ada dirimu sendiri tanpa perlu repot menghabiskan waktu bersama pasangan.

Kalau kamu mulai mendambakan kehidupan single, maka sudah pasti kamu butuh jarak dari pasanganmu. Minta dia memberikan kamu waktu untuk dirimu sendiri, agar kamu lebih mengenal dirimu dan apa yang benar-benar kamu butuh dan inginkan.

Mengambil jarak sejenak bukan berarti hubungan kalian akan berakhir, justru dengan begini hubungan akan menjadi lebih sehat. Dengan mengambil jarak, kalian juga akan lebih saling menghargai dan menyadari perasaan masing-masing. Jadi kalau kamu tengah mengalami tanda-tanda di atas, maka ambil jarak sementara dulu dari pasangan.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Berhasil Menjadi Sosok yang Dewasa dalam Hubungan

Marissa Zefanya Photo Verified Writer Marissa Zefanya

Muggle.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya