Comscore Tracker

5 Alasan Gak Perlu Iri pada Hubungan Orang Lain, Kasihan Pasanganmu

#IDNTimesLife Pernah sampai seperti poin 4?

Di posisi penonton, kamu memang akan cenderung mudah iri pada apa-apa yang kamu lihat. Termasuk bagaimana hubungan asmara orang lain berjalan. Seperti pasangan yang tampak ideal banget dan hubungan mereka selalu diwarnai kebahagiaan.

Bila kamu kerap terkagum-kagum melihat hubungan orang lain lantas merasa iri, mulai sekarang sebaiknya kamu belajar untuk gak berlebihan dalam menilai hubungan mereka. Tahan dirimu dari rasa iri karena lima alasan di bawah ini.

1. Kamu gak tahu kualitas hubungan mereka yang sebenarnya

5 Alasan Gak Perlu Iri pada Hubungan Orang Lain, Kasihan PasanganmuIlustrasi pasangan (unsplash.com/carlyrae)

Hanya karena sepasang kekasih tampak selalu mesra saat di depan orang banyak, bukan berarti saat di rumah atau berdua saja juga seperti itu. Bisa jadi malah berbeda sekali alias hubungan mereka gak berjalan dengan baik.

Kerap cekcok, diwarnai perselingkuhan, dan sebagainya. Kemesraan yang mereka tampilkan di depan orang-orang semata-mata hasil kesepakatan. Itu dilakukan untuk menghindarkan hubungan mereka dari pergunjingan atau pandangan negatif orang lain.

2. Tuh kan, malah jadi merasa gak puas sama hubungan sendiri

5 Alasan Gak Perlu Iri pada Hubungan Orang Lain, Kasihan PasanganmuIlustrasi pasangan (unsplash.com/louloubphoto)

Sebenarnya sih, hubunganmu dengan pasangan gak buruk-buruk amat. Bahkan baik-baik saja sampai kamu terlalu sering mengamati hubungan asmara orang lain dan timbul rasa iri. Kamu mulai membanding-bandingkan hubungan kalian.

Dan tentu saja, rasa iri membuatmu merasa hubunganmu dengan pasangan terasa gak sebaik hubungan asmara pasangan lain. Kamu menilai hubunganmu dengan pasangan banyak sekali kekurangannya lalu menyimpulkan hubungan kalian memang payah.

3. Kamu juga bisa jadi kebanyakan tuntutan pada pasangan

5 Alasan Gak Perlu Iri pada Hubungan Orang Lain, Kasihan PasanganmuIlustrasi pasangan (unsplash.com/kellannscott)

Saat kamu telah merasa gak puas dengan hubungan asmaramu sendiri, pasti kamu mulai mencari-cari sebabnya. Sayangnya, kamu mungkin juga terlalu egois sehingga ujung-ujungnya hanya menimpakan kesalahan semu pada pasanganmu.

Ya, disebut kesalahan semu sebab aslinya gak ada masalah dalam hubungan kalian. Kalaupun memang kurang memuaskan, bisa jadi malah kamu yang punya kesalahan lebih besar ketimbang pasanganmu. Minimal, pasanganmu gak lagi iri pada hubungan siapa pun, kan?

Kamu mulai mendaftar ulang kekurangan pasanganmu. Bahkan daftar kekurangan itu menjadi lebih panjang karena kamu asyik membandingkannya dengan pasangan orang lain yang terlihat lebih sempurna. Kamu lantas mendesaknya agar mencontoh pasangan orang lain. Tanpa sadar, saat itulah kamu telah melukainya.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Iri Hati agar Tidak Mencuri Kebahagiaan Hidup

4. Lho, kok malah naksir pasangan orang?

5 Alasan Gak Perlu Iri pada Hubungan Orang Lain, Kasihan PasanganmuIlustrasi pasangan (unsplash.com/courtneymcook)

Melanjutkan penjelasan poin sebelumnya. Kamu telah dalam posisi tersihir oleh pesona pasangan orang lain sedangkan pasangan sendiri tampak begitu membosankan. Maka bisa ditebak kan, bakal mudah untukmu mulai merasa jatuh cinta pada pasangan orang lain?

Wah, jika kamu sudah tiba di fase ini, kamu gak boleh membiarkannya! Hubunganmu dengan pasangan benar-benar sudah di ambang kehancuran. Berhentilah memikirkan hubungan dan pasangan orang lain, lihatlah kembali pasanganmu yang selama ini selalu ada untukmu.

5. Lebih baik fokus menjalani hubungan kalian dan menyiapkan masa depan

5 Alasan Gak Perlu Iri pada Hubungan Orang Lain, Kasihan PasanganmuIlustrasi pasangan (unsplash.com/invent)

Kalau kamu ingin hubunganmu langgeng dan bahagia, fokuslah pada hubungan itu. Jangan malah fokus pada hubungan orang lain seakan-akan mereka butuh bantuan perhatian darimu. Kamu, pasanganmu, dan hubungan kalianlah yang terpenting.

Daripada sibuk mengamati hubungan orang, mengapa tidak merencanakan liburan bersama pasanganmu? Daripada mengembangkan pemikiran yang belum tentu benar tentang bahagianya hubungan orang lain, kenapa tidak mengingat-ingat banyaknya hal hebat yang telah kalian lalui berdua?

Dengan begitu, kamu akan merasa hubungan kalian layak dibanggakan dan kamu bersyukur memiliki pasangan seperti dirinya. Bagaimana, masih mau iri terus sama hubungan orang lain? Hati-hati tertipu 'kemasan'!

Baca Juga: 5 Tips Terhindar dari Sikap Iri Hati pada Kesuksesan Orang Lain

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya