Comscore Tracker

Gak Melulu Materi, Ini 5 Sumber Kebahagiaanmu dengan Pasangan

#IDNTimesLife Uang masih bisa dicari

Gak usah berstatus punya pasangan, masih jomblo pun bakal tetap sedih kalau lagi bokek. Artinya, materi tetap penting untuk menciptakan kebahagiaan. Namun materi bukan satu-satunya penentu kebahagiaanmu dengan pasangan. Banyak lho, yang secara materi berlimpah tetapi malah merasa menderita dalam perkawinan.

Makanya, sekalipun kamu dan pasangan gak hidup dalam gelimang harta, syukuri saja jika lima hal ini telah kamu dapatkan. Dijamin kalian juga bahagia, kok!

1. Kemampuan pasangan untuk bekerja sama

Gak Melulu Materi, Ini 5 Sumber Kebahagiaanmu dengan PasanganIlustrasi pasangan di dapur (unsplash.com/soroushkarimi)

Kebayang gak sih, kalau harus hidup satu atap dengan seseorang yang gak bisa diajak bekerja sama? Seumur hidup lagi! Ngeri banget, kan?

Terlebih setelah kehadiran momongan atau harus merawat orangtua yang telah lanjut usia. Harapanmu pasti cuma satu, punya pasangan yang pengertian dan mau membantumu.

2. Pasangan bisa menjadi teladan dalam keluarga

Gak Melulu Materi, Ini 5 Sumber Kebahagiaanmu dengan PasanganIlustrasi keluarga bahagia (unsplash.com/derekowensheart)

Mau diapa-apakan, pasanganmu tetap gak sempurna. Namun paling gak, dia juga gak terlalu buruk sampai-sampai gak ada yang bisa dicontoh darinya.

Dia mungkin pekerja keras. Atau rendah hati, sabar, pintar membaur dengan keluarga serta tetangga, dan sebagainya. Hal-hal positif inilah yang bisa menjadi contoh untukmu maupun anak-anak.

3. Perasaan dihargai oleh pasangan

Gak Melulu Materi, Ini 5 Sumber Kebahagiaanmu dengan PasanganIlustrasi pasangan bahagia (unsplash.com/clarissemeyer)

Kamu bisa merasa sangat dihargai oleh pasangan tentu bukan tanpa sebab. Banyak banget sikapnya yang sangat memanusiakanmu. Misalnya, menghargai pendapatmu.

Juga gak pernah melakukan kekerasan fisik maupun psikis apa pun masalah di antara kalian. Dia juga selalu memberimu keleluasaan untuk mengembangkan diri. Top banget!

Baca Juga: 5 Tips Menerapkan Gaya Hidup Minimalis, Lebih Bahagia dan Tanpa Beban!

4. Tahu menjadi satu-satunya orang yang dicintainya

Gak Melulu Materi, Ini 5 Sumber Kebahagiaanmu dengan PasanganIlustrasi pasangan bahagia (unsplash.com/vitormonthay)

Benar, kamu gak bisa melihat menembus hati dan pikirannya. Namun dari perilakunya sehari-hari saja, kamu sudah tahu cuma ada dirimu di hatinya. 

Jangankan berselingkuh, bertingkah genit pada orang lain saja dia gak pernah. Hidupnya seperti kalimat dalam novel yang telah mencapai titik terakhir setelah bertemu denganmu. Gak ada lagi cerita cinta yang lain.

5. Bisa bersama-sama melalui masa penuh kebahagiaan maupun ujian

Gak Melulu Materi, Ini 5 Sumber Kebahagiaanmu dengan PasanganIlustrasi kebahagiaan pasangan (unsplash.com/charlyyyy)

Kalau orang yang cuma mau di sisimu kala kamu senang, tentu banyak banget di luar sana. Namun orang yang gak meninggalkanmu di kala susah tentu sangat sedikit. Apalagi sampai mau membantumu bangkit.

Maka bila kamu telah menemukan salah satunya sebagai pasanganmu, itu anugerah! Dengan kebersamaan kalian, masalah apa pun yang sedang dihadapi pasti bisa lekas teratasi.

Ada dua kepala yang memikirkannya. Ada empat tangan dan empat kaki untuk bekerja keras dan saling menopang. Apa gak merasa tenang memiliki pasangan begini?

Jika kelima sumber kebahagiaan di atas telah ada dalam hubungan kalian, soal materi tentu gak lagi menjadi masalah besar. Kalian bisa saling mengurangi tuntutan sekaligus sama-sama bekerja keras biar keluarga kalian gak sampai hidup kekurangan.

Nah, jika kamu telah merasakan lima kebahagiaan di atas bersama pasanganmu, jangan ragu buat nge-tag dia di kolom komentar. Semoga makin kompak, ya!

Baca Juga: Jadi Lebih Bahagia, 5 Tips Hidup dengan Gaya Minimalis

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya