Comscore Tracker

5 Manfaat Punya Pasangan yang Dekat ke Orangtuanya, Mudah Direstui

Kamu pun bakal dianggap anak sendiri

Bagaimana hubungan pasanganmu ke orangtuanya? Apa hubungan mereka cukup dekat? Mengetahui bagaimana hubungan pasangan ke orangtuanya itu penting, lho.

Bagaimana pun hubungan kalian berlangsung, pasti nantinya akan membutuhkan peran orangtua. Entah dalam hal restu, nasihat dan semacamnya. Maka dari itu, penting untuk punya pasangan yang memiliki hubungan baik ke orangtuanya. Setidaknya ini lima manfaat yang bisa didapatkan.

1. Punya hubungan yang baik ke orang lain

5 Manfaat Punya Pasangan yang Dekat ke Orangtuanya, Mudah Direstuiilustrasi keluarga (pexels.com/cottonbro)

Seorang anak tumbuh dan dibesarkan oleh orangtuanya. Orangtua banyak memberikan didikan dan pengarahan kepada anak, termasuk dalam hal membina hubungan. Bagaimana cara menjalin hubungan yang dicontohkan oleh orangtuanya, begitu pula anak akan menirunya.

Kalau pasanganmu punya orangtua yang akur dan harmonis, maka besar kemungkinan ia akan tumbuh menjadi orang yang punya hubungan baik dengan orang lain. Karena sebelumnya ia telah mempelajari bentuk hubungan yang baik dari kedua orangtuanya.

2. Urusan perizinan jadi mudah

5 Manfaat Punya Pasangan yang Dekat ke Orangtuanya, Mudah Direstuiilustrasi keluarga (pexels.com/August De Richelieu)

Orangtua yang baik biasanya memberi kepercayaan penuh pada anaknya. Karena mereka yakin, kalau didikannya selama ini dapat senantiasa dijadikan pegangan oleh sang anak. Sehingga, orangtua tak perlu terlalu berlebihan dalam memantau pergerakan anak.

Jika anak ingin pergi bersama pasangannya, orangtua akan mengizinkan, tanpa perlu mengikat sang anak pada larangan ini itu. Lagi pula, anak sudah dewasa. Sudah semestinya diberikan tanggung jawab atas dirinya sendiri.

Baca Juga: 5 Perasaan yang Sering Muncul saat Kamu Bersama Pasangan Toksik!

3. Merasa aman dalam mengekspresikan diri

5 Manfaat Punya Pasangan yang Dekat ke Orangtuanya, Mudah Direstuiilustrasi keluarga (pexels.com/Askar Abayev)

Anak akan bersikap terbuka kepada orangtuanya ketika ia bisa merasa nyaman. Dan untuk membuat anak merasa nyaman, orangtua perlu memberi ruang aman bagi anak dalam mengekpresikan diri. Agar anak tidak merasa takut dihakimi atau disalahkan oleh orangtuanya.

Pasangan yang punya hubungan baik ke orangtuanya, biasanya memiliki pola komunikasi yang baik dan terbuka. Termasuk dalam membicarakan hubungan yang sedang kalian bina kepada orangtuanya. Jadi, bakal jarang deh yang namanya hambatan dari pihak keluarga.

4. Hubungan mudah direstui

5 Manfaat Punya Pasangan yang Dekat ke Orangtuanya, Mudah Direstuiilustrasi keluarga (pexels.com/Kampus Production)

Restu orangtua itu sangat penting. Apalagi dalam hal menjalin hubungan, izin dari kedua orangtua sangat perlu dikantongi. Karena sebagai orangtua, mereka pasti tahu pilihan yang terbaik untuk anaknya.

Enaknya punya pasangan yang dekat ke orangtuanya, urusan restu jadi lebih dipermudah. Disebabkan orangtua sudah mengenal anaknya dan pasangan sang anak dengan baik. Sehingga, tak ada banyak hal yang harus dihiraukan.

5. Bakal ikut disayang

5 Manfaat Punya Pasangan yang Dekat ke Orangtuanya, Mudah Direstuiilustrasi keluarga (pexels.com/Julia M Cameron)

Punya pasangan yang bisa dekat ke orangtua merupakan lampu hijau tersendiri untukmu. Itu tandanya keluarga dari pasanganmu sangat kompak dan saling menyayangi. Sampai anak-anaknya dapat begitu dekat dengan orangtuanya.

Jangan salah, lho. Ada beberapa anak yang tidak bisa dekat dengan orangtuanya. Salah satu alasannya karena orangtua tidak hadir secara emosional untuk sang anak. Itulah sebabnya, pasangan yang dekat ke orangtuanya besar kemungkinan adalah anak yang punya orangtua penyayang. Apalagi kepada orang yang dicintai anaknya, pasti bakal ikutan disayang!

Nah, itu tadi beberapa manfaat kalau punya pasangan yang dekat ke orangtuanya. Kamu bakal ikut merasakan manfaatnya deh! Kalau pasanganmu cukup dekat ke orangtuanya, gak?

Baca Juga: Bolehkah Membicarakan Masa Lalu dengan Pasangan? Ini 5 Penjelasannya

Mia Lubis Photo Verified Writer Mia Lubis

Jika ada kesalahan / kekeliruan dalam tulisan saya adalah ketidaksengajaan. Ambil baiknya, buang buruknya. Thanks for reading!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya