Comscore Tracker

5 Tips Memilih Teman agar Dirimu Lebih Berkembang, Terapkan Cara Ini! 

Karena kamu adalah cerminan teman-temanmu

Memilih-milih teman begitu penting demi kebaikan dalam hubunganmu dengan orang lain. Bukan berarti kamu sombong, tapi memilih teman merupakan cara bijaksana untuk membuat lingkungan pergaulan yang lebih sehat untuk dirimu. Karena teman-temanmu akan menjadi cerminan untuk dirimu.

Jadi, teman akan memberi pengaruh sedikit atau banyak terhadap karakter, kebiasaan atau pola hidupmu. Nah, mulai dari sekarang kamu harus lebih menyeleksi orang-orang yang masuk dalam lingkar pertemananmu. Berikut ini ada lima cara yang bisa kamu lakukan!

1. Tentukan arah tujuan hidupmu 

5 Tips Memilih Teman agar Dirimu Lebih Berkembang, Terapkan Cara Ini! Unsplash/Ethan Sykes

Langkah pertama adalah menentukan arah tujuanmu hidupmu sendiri. Dengan mengenali dirimu maka kamu akan tahu lingkungan atau orang-orang yang tepat untuk mendukung pencapaian tujuanmu. Jauh lebih semangat mencapai atau menjalani segala sesuatunya jika kita bersama dengan orang-orang yang sejalan.

Nah, tapi bukan berarti kamu lantas menghindari lingkungan pertemanan lain yang berbeda dari tujuanmu ya. Tetap boleh kok mencari teman dengan tujuan yang berbeda, asalkan kamu membatasi diri agar tidak terlalu mengalihkan fokusmu pada lingkungan pertemanan utama yang sesuai tujuanmu. Jadi, lingkungan pertemanan lain anggap saja sebagai tambahan untuk mengembangkan dirimu dari sisi lainnya.

2. Kenali tipe kepribadianmu 

5 Tips Memilih Teman agar Dirimu Lebih Berkembang, Terapkan Cara Ini! Unsplash/Seyi Ariyo

Sebelum memilih teman ada baiknya untuk mengenali tipe kepribadian diri sendiri. Hal ini dilakukan agar kamu bisa menjalin koneksi dan keterikatan yang baik dengan teman-temanmu. Pun, untuk menghindari pertengkaran atau ketidak nyamanan dalam hubungan pertemanan. Kamu harus tahu tipe kepribadian dan orang yang kamu hadapi sebagai teman seperti apa. Mana di antara karakter kepribadian kalian yang bisa ditoleransi atau menjadi pelengkap satu sama lain.

Karena setiap orang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, kuncinya adalah mau dan sanggup saling menerima perbedaan karakter. So, jangan memaksakan dirimu berteman dengan orang-orang yang tidak sanggup kamu hadapi sikap buruknya. Karena pilihan tersebut hanya akan membuang waktumu sia-sia.

Baca Juga: 5 Alasan Pacarmu Enggan Ikut Hangout Bareng Teman-teman Dekatmu

3. Mencari informasi tentang keberadaan calon teman 

5 Tips Memilih Teman agar Dirimu Lebih Berkembang, Terapkan Cara Ini! Unsplash/David Marcu

Setelah memiliki tujuan dan kriteria teman, selanjutnya adalah mencari keberadaan teman pilihanmu tersebut. Iya, benar! Karena kamu memilih teman dengan pertimbangan tertentu, maka kamu harus menemukannya di tempat-tempat tertentu. Temukan keberadaan teman yang kamu inginkan berdasarkan peluang dia melakukan tujuan yang sama denganmu.

Misal, kamu menginginkan teman yang untuk mendukungmu agar rajin berolahraga, maka kamu harus mencarinya seperti di tempat-tempat olahraga atau pusat kebugaran. Usahakan mencari calon temanmu di tempat dengan tujuan yang lebih spesifik agar kesamaan tujuan dan cara pandang bisa lebih semakin mendekati.

4. Menyeleksi lingkungan dan orang-orang dengan kriteria paling mendekati 

5 Tips Memilih Teman agar Dirimu Lebih Berkembang, Terapkan Cara Ini! Unsplash/Anna Vander Stel

Nah, setelah menemukan begitu banyak calon teman maka ada baiknya jika kamu memilih teman-teman dengan kriteria yang paling mendekati. Bahkan ketika sudah mendekati, kamu sebaiknya memilih yang paling mirip. Meski terkadang sulit, tapi itu cukup berpengaruh untuk menentukan kedekatan hubunganmu dengan teman-temanmu nantinya.

Namun, sisi negatifnya adalah kamu bisa saja akan merasakan kejenuhan dalam hubungan pertemanan. Karena tidak adanya variasi di antara teman-temanmu, jadi kamu tidak bisa mengenali hal-hal lain untuk dicoba atau sekadar untuk diketahui.

5. Bersikap terbuka dan beradaptasi dengan lingkungan yang kamu inginkan 

5 Tips Memilih Teman agar Dirimu Lebih Berkembang, Terapkan Cara Ini! Unsplash/Matheus Ferrero

Tips terakhir adalah cara yang paling penting dalam memilih teman baru dan mendapatkannya yaitu dengan mulai membuka diri dan belajar beradaptasi. Percuma dong jika sudah mendapatkan calon teman tapi kamu tidak mau menawarkan diri lebih dulu untuk berkenalan. Bersikaplah terbuka dengan memulai perkenalan dengan penuh keramahan.

Ambil segala kebaikan yang ada pada teman-temanmu dan sebarkan juga kebaikan yang kamu miliki kepada mereka. Perlahan belajarlah untuk mengenali dan menyesuaikan diri agar hubungan pertemanan terasa nyaman dan menyenangkan. Ingat bahwa dirimu berteman bukan hanya untuk bersenang-senang. Kamu juga harus memanfaatkan waktumu dengan mereka sebaik-baiknya untuk saling menguntungkan satu sama lain dalam hal kebaikan.

Nah, itulah tadi lima tips dalam memilih teman terbaik. Semoga bisa membantumu dalam memilih teman dekat atau sahabat yang bisa membantu dirimu agar lebih berkembang ya.

Baca Juga: 5 Hal Sepele yang Dapat Membuatmu Dijauhi oleh Teman-teman

미아 Photo Verified Writer 미아

Ambil kebaikan dari tulisan saya. Mohon maafkan dan tinggalkan yang buruknya. Semoga bermanfaat!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya