Comscore Tracker

5 Hal Sepele yang Dapat Membuatmu Dijauhi oleh Teman-teman

Tanpa disadari, mungkin kamu sering melakukannya

Tanpa kamu sadari terkadang kamu bisa melakukan hal-hal yang dianggap sepele, namun ternyata itu berdampak pada hubungan pertemanan. Memang sih, tidak selamanya hubungan persahabatan akan buyar begitu saja hanya gara-gara hal sepele.

Namun tetap saja, kamu sebaiknya jangan melakukan hal-hal yang dapat merusak hubungan persahabatan yang telah kamu jalin dalam kelompok atau komunitasmu. Nah, hal sepele apa saja yang dapat menyebabkan kamu dijauhi oleh teman-temanmu? Disimak, ya!

1. Suka membual

5 Hal Sepele yang Dapat Membuatmu Dijauhi oleh Teman-temanUnsplash/Anna Vander Stel

Mungkin jika kamu sekali atau dua kali membual/omong besar, itu gak akan masalah buat teman-temanmu. Tapi bagaimana jika kamu terlalu sering membual? Pastinya teman-temanmu eneg mendengarnya.

Mungkin tingkah yang seperti ini terdengar sepele, namun tahukah kamu, kalau ternyata banyak orang yang tidak suka dengan orang yang pembual? Jadi, jika kamu sering melakukan hal ini, lebih baik kamu ubah sikapmu sebelum teman-temanmu meninggalkanmu.

2. Gak pernah menepati janji

5 Hal Sepele yang Dapat Membuatmu Dijauhi oleh Teman-temanUnsplash/Priscilia Du Preez

Janji adalah utang, itu sebabnya jangan sampai kamu berjanji jika kamu tahu tidak akan bisa menepatinya. Jika dalam hubungan utang piutang, ini sudah masuk pada wanprestasi, alias cedera janji.

Bagaimana dalam hubungan pertemanan? Ya sama saja, yang namanya janji harus dilunasi. Jika kamu selalu obral janji tanpa bisa menepatinya, kamu harus siap-siap ditinggalkan oleh teman-temanmu.

3. Suka pinjam uang tapi lupa mengembalikan

5 Hal Sepele yang Dapat Membuatmu Dijauhi oleh Teman-temanUnsplash/Sharon McCutcheon

Yang namanya utang piutang diantara sesama teman itu hal yang sangat wajar, hubungan persahabatan yang baik tidak akan luntur begitu saja hanya karena uang. Namun, kamu harus ingat, bahwa temanmu juga akan menilai komitmen kamu.

Kalau kamu suka meminjam uang dan kamu berlagak lupa sama utangmu tersebut, pasti hal ini membuat temanmu jengkel. Kalau kamu memang belum ada dana untuk melunasi utangmu, tunjukkan itikad baik itu terhadap temanmu.

Terus terang saja bahwa kamu belum ada dana, gak usah gengsi. Tentunya kejujuran sederhana ini akan lebih dihargai daripada jika kamu berlagak lupa.

Baca Juga: 5 Sikap Buruk yang Membuat Kita Dijauhi Orang Lain

4. Suka menyindir

5 Hal Sepele yang Dapat Membuatmu Dijauhi oleh Teman-temanUnsplash/Brooke Cagle

Kamu yang suka menyindir, mungkin ada kalanya kamu membatasi hal ini. Tidak semua orang suka dengan sifat ini lho, meskipun dianggap sepele.

Lebih baik jika ada sesuatu diantara kalian, mengatakan secara langsung secara empat mata akan terlihat lebih etis, ketimbang harus main sindir-sindiran.

5. Sering cari muka

5 Hal Sepele yang Dapat Membuatmu Dijauhi oleh Teman-temanUnsplash/Kats Weil

Sebaiknya hubungan pertemanan itu didasari pada keterbukaan dan sikap-sikap sederhana yang disukai bersama. Jadi kamu gak perlu cari muka dihadapan teman-temanmu.

Sikap yang selalu minta diperhatikan ini, lama-kelamaan justru akan menjadi bumerang buat kamu. So, jalani saja pertemanan kalian dengan santai, gak perlu cari muka untuk mendapatkan perhatian.

Itulah lima hal yang nampak sepele namun dapat membuatmu dijauhi oleh teman-temanmu. Jika kamu memang sering melakukan hal-hal diatas, sebaiknya jangan diulangi lagi ya, karena bisa saja temanmu gak suka akan hal-hal tersebut.

Baca Juga: 5 Gestur Tubuh Ini Bikin Kamu Kerap Dinilai Sombong, Hati-Hati Dijauhi

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya