Comscore Tracker

6 Perbedaan Karakter yang Paling Sering Bikin Pasangan Susah Akur

Kamu tipe yang mana nih?

Menyatukan dua karakter yang berbeda dalam suatu hubungan memang gampang-gampang susah. Coba ingat, seberapa sering kamu ngedumel sendiri karena sikap pasangan yang justru bersebrangan? Tapi sejauh apa pun perbedaan itu, alasan cinta selalu berhasil meleburkannya menjadi satu, dalam artian saling melengkapi. Benar gak?

Nah, berikut ini adalah contoh perbedaan karakter yang paling sering jadi pemicu cekcok pada pasangan. Bukan untuk mempertajam jurang, tapi untuk memahamkan kalau kamu dan dia sengaja Tuhan pasangkan untuk saling menguatkan.

1. Kamu mungkin ceplas ceplos dan gak gengsian, sedangkan dia relatif 'jaim' dan hati-hati kalau ngomong

6 Perbedaan Karakter yang Paling Sering Bikin Pasangan Susah Akurdramabeans.com

Pernah gak si dia ujug-ujug ngambek pas kamu lagi bercanda bareng teman-teman? Ternyata kamu baru tahu kalau dia keberatan saat kamu membuka kebiasaan buruk dalam hubungan kalian ke orang lain. Padahal kamu niatnya cuma ingin menghangatkan obrolan. Toh, sama teman dekat ini!

Tapi kalau dia tipe yang cenderung jaim dan selalu memilah perkataan, boleh jadi kebiasaan ceplas ceplosmu ini malah jadi bumerang. Perlu fase penyesuaian supaya kalian gak terus bertengkar gara-gara hal ini. Kalau gak, kamu pasti bakal minta maaf berkali-kali dan dia selalu makan hati sendiri. Gak baik kan buat hubungan kalian?

2. Kamu mungkin tipe yang cepat dan gegabah ambil keputusan, sedangkan dia tipe yang detail dalam mempertimbangkan

6 Perbedaan Karakter yang Paling Sering Bikin Pasangan Susah Akurdramabeans.com

Kalau kamu dan dia masih tahap pacaran, perbedaan dalam hal ini mungkin belum begitu terlihat. Tapi kalau sudah menikah dan melewati lika-liku kehidupan, baru perbedaan karakter ini bakal sangat terasa.

Perlu sikap saling mengalah dan memahami, sebab mengambil keputusan penting adalah bagian dari hidup yang bakal terus ada. Cobalah menjadi apa yang pasangan inginkan selama itu lebih baik, minimal jangan terus ulangi kesalahan yang sama kalau gak mau susah akur.

3. Kamu mungkin tipe penyendiri dan menghindari komunitas, sedangkan dia terlalu supel dan punya banyak jaringan

6 Perbedaan Karakter yang Paling Sering Bikin Pasangan Susah Akurdramabeans.com

Pernah gak si dia ngambek karena kamu selalu nolak pas diajak ke komunitasnya? Padahal, kamu sebenarnya ingin pergi tapi maunya berdua saja. Yup, perbedaan karakter satu ini juga kadang sukses bikin kamu atau pun dia illfeel.

Mau gimana lagi? Kaum introvert memang paling malas diajak gabung dan gaul dengan banyak orang. Berbanding terbalik dengan orang supel atau extrovert  yang justru cenderung aktif bersosialisasi. Gak ada jalan terbaik dalam kasus ini selain saling memahami karakter masing-masing. Kamu cinta dia, kan?

Baca Juga: 7 Hal Sederhana yang Dilakukan Pasangan Bahagia Setiap Hari

4. Kamu mungkin gak terlalu peduli dengan kebersihan, sedangkan dia justru alergi sama debu

6 Perbedaan Karakter yang Paling Sering Bikin Pasangan Susah Akurdramabeans.com

Nah, perkara satu ini jangan dianggap remeh, sebab cekcok sering banget terjadi gara-gara hal ini! Apalagi kalau kamu dan dia sudah menikah, perlu penyesuaian dan tekad yang kuat untuk berubah. Gak mau kan tinggal serumah tapi terus berantem karena masalah kebersihan?

Semua memang butuh proses. Perlu waktu untuk kamu sampai ke tahap ingin lebih rajin bersih-bersih, dan dia sampai ke tahap mampu memaklumi kebiasaanmu.

5. Kamu mungkin tipe yang lelet dalam melakukan apa pun, sedangkan dia super gesit dan serba cepat

6 Perbedaan Karakter yang Paling Sering Bikin Pasangan Susah Akurdramabeans.com

Dalam perbedaan karakter satu ini, kamu pasti berpikir kalau si gesit yang bakal selalu ngedumel dan ngelus dada karena harus menunggu pasangannya yang lambat. Tapi jangan salah, nyatanya orang yang terbiasa lambat alias lelet, bakal merasa gak nyaman dan risih saat harus diburu-buru. 

Tahun pertama pernikahan bakal jadi fase penyesuaian yang bikin jengkel. Tapi seiring waktu, kamu dan dia bakal saling menerima karakter masing-masing kok. Bukan kah masalah sepele ini gak sebanding dengan cinta kalian yang besar?

6. Kamu mungkin tipe yang santai saat harus merepotkan orang lain, sedangkan dia selalu sungkan dan gak enakan

6 Perbedaan Karakter yang Paling Sering Bikin Pasangan Susah Akurdramabeans.com

Pernah gak kamu dan pasangan berdebat dulu saat mau minta tolong sama orang lain? Dia yang selalu khawatir merepotkan orang, bakal berusaha menyelesaikan masalahnya sendiri sampai batas akhir. Imbasnya, kamu yang menganggap permintaanmu biasa saja dan gak bakal merugikan orang lain, jadi bingung dan kesal sendiri. Benar gak?

Kamu dan dia perlu menciptakan ruang kompromi untuk meredam ego masing-masing. Perbedaan karakter satu ini bisa diselesaikan dengan sikap mengalah. Kalau kamu dan dia beneran cinta, harusnya bisa menjalankan pilihan secara bergantian. 

Nah, kamu dan pasangan termasuk tipe yang mana nih?

Baca Juga: 4 Karakter dalam Percintaan Berdasarkan Urutan Kelahiran

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You