Comscore Tracker

6 Pelajaran Penting Saat Cintamu Tak Terbalas, Gak Melulu Menyedihkan!

Bangun dan temukan kebahagiaanmu!

Cinta merupakan salah satu masalah dalam hidup yang tak akan ada habisnya jika diperbincangkan. Ketika kamu mencintai seseorang dan tahu bahwa cintamu tak terbalaskan, mungkin hidupmu akan terasa sempit. Dunia serasa akan berakhir dan kesedihan akan datang berkepanjangan.

Jika dipahami dengan pikiran positif, tentu akan menemukan pelajaran hidup yang membuatmu semakin dewasa. Bukan hal yang dianggap menyedihkan, berikut beberapa pelajaran penting yang akan didapatkan ketika cinta tak terbalaskan. 

1. Cintailah diri sendiri sebelum mencintai orang lain

6 Pelajaran Penting Saat Cintamu Tak Terbalas, Gak Melulu Menyedihkan!Pexels.com/Bruce Mars

Tak perlu sedih, ketika cintamu tak terbalaskan sadarilah akan satu hal. Dalam hidup, manusia tidak bisa hanya mengandalkan seseorang untuk merasa dicintai. Sumber cinta yang sebenarnya terletak pada kebahagiaanmu sendiri.

Fokuslah mencari kebahagiaanmu sendiri, sebelum kamu membahagiakan orang lain. Jiwa yang bahagia seperti magnet yang mampu menarik banyak cinta. Selama kamu mengerti bahwa mencintai diri sendiri itu lebih penting, maka akan mudah untuk menemukan cinta yang sesungguhnya.

2. Cinta tak bersyarat bersumber dari kemurnian hati

6 Pelajaran Penting Saat Cintamu Tak Terbalas, Gak Melulu Menyedihkan!Pixabay.com/Takmeomeo

Seseorang tidak akan menemukan cinta sejati hingga ia mengerti makna cinta tak bersyarat. Cinta semacam ini berasal dari kemurnian hati yang tidak bisa dilihat oleh mata. Saat kamu merasakan cinta yang tak terbalaskan, kamu akan terbiasa memberi cinta alih-alih menerima cinta.

Memahami seni merawat cinta perlu dilakukan agar kedepannya kamu bisa menghargai perasaan orang lain. Menemukan pasangan yang tepat selalu diawali banyak kegagalan. 

3. Teman tak akan meninggalkanmu, mereka merangkulmu

6 Pelajaran Penting Saat Cintamu Tak Terbalas, Gak Melulu Menyedihkan!Pexels.com/Bahaa A. Shawki

Perasaan yang hancur akan sedikit terobati jika dibagi dengan teman-temanmu. Setelah kamu merasakan pedihnya cinta tak terbalas, ikatan kuat dalam persahabatan menjadikanmu lebih baik. Mereka menghiburmu dengan cara yang berbeda.

Tak terasa, kamu akan lebih mengerti makna persahabatan kalian. Siapa tahu pasangan yang kamu cari adalah salah satu dari teman baikmu. Hanya saja terkadang kita tidak bisa melihat jodoh lebih dekat. 

Baca Juga: 7 Hal Sederhana yang Akan Membuatmu Mudah Menemukan Cinta Sejati

4. Ini hidupmu, kendalikan sesuai impianmu

6 Pelajaran Penting Saat Cintamu Tak Terbalas, Gak Melulu Menyedihkan!Pixabay.com/Free Photos

Kadangkala sesuatu yang menyedihkan membuat kita lebih cerdas dalam mengambil keputusan. Kamu hanya perlu memandang dengan baik kehidupan masa depanmu kelak. Bukan hal yang wajar, jika hanya karena satu orang kamu berputus asa.

Mulailah untuk menemukan kembali kendali dalam hidup. Jangan pernah menggantungkan perasaan dan hidupmu pada orang yang salah. Ini hidupmu, kendalikan itu sesuai harapanmu. 

5. Menikmati kesendirian adalah caramu menemukan jatidiri

6 Pelajaran Penting Saat Cintamu Tak Terbalas, Gak Melulu Menyedihkan!Pixabay.com/Jerzy Gorecki

Sebagian orang selalu berkata bahwa ada garis tipis antara kesepian dan kesendirian. Perlu kamu pahami dengan baik, kesendirian adalah caramu menemukan jati diri. Bagaimana kamu bisa menjadi dewasa jika tidak merasakan pengkhianatan dan rasa sakit hati?

Mulailah untuk lebih mempelajari tujuan hidupmu. Perjalanan cinta yang menyedihkan hanya sebagai jembatan untuk kehidupan yang lebih baik. Carilah yang kamu butuhkan, bukan hanya sekedar keinginan. 

6. Buktikan seberapa jauh kamu bisa membuat orang jatuh cinta

6 Pelajaran Penting Saat Cintamu Tak Terbalas, Gak Melulu Menyedihkan!Pexels.com/Matt Hardy

Seberapa banyak kegagalan cinta menghancurkanmu, maka lakukanlah lebih banyak kebaikan. Kamu tidak akan melakukan hal yang di luar batas kemampuan, hingga merasakan bagaimana berada dalam perasaan yang berkecamuk. Kenali kelemahanmu untuk menemukan kekuatan positifmu. Buktikan seberapa jauh kamu bisa membuat orang jatuh cinta dengan prestasi dan kesuksesan. 

Jadi, sudah siapkah kamu menemukan cinta kembali dengan memahami pelajaran penting yang telah kamu dapatkan? Jangan pernah menjadikan hidupmu menyedihkan. Bangun dan temukan kebahagiaanmu!

Baca Juga: 7 Hal yang Akan Bikin Awet Cintamu Sampai Kakek Nenek

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You