Comscore Tracker

Stop Membandingkan Hubungan Kita dengan Orang Lain, Ini 5 Alasannya!

#IDNTimesLife Sebab setiap hubungan punya masalahnya sendiri

Bicara soal hubungan asmara, gak jarang kita akan punya gambaran ideal untuk menjalankannya. Bahkan, terkadang kita malah menemukan idola yang dianggap mampu menjadi panutan soal keharmonisan hubungan. Seperti saat melihat kemesraan pasangan lain, kita jadi ingin melakukan hal yang sama dan mulai membandingkan dengan hubungan yang sedang dijalani saat ini. Padahal, sikap semacam ini justru akan sangat merugikan, lho.

Berikut beberapa alasan logis kenapa kita gak boleh membanding-bandingkan setiap hubungan.

1. Cara setiap orang menjalani hubungan itu berbeda-beda 

Stop Membandingkan Hubungan Kita dengan Orang Lain, Ini 5 Alasannya!Ilustrasi pasangan (Unsplash.com/Nathan McBride)

Setiap pasangan memiliki caranya sendiri untuk mengekspresikan cinta. Ada yang memilih untuk membagikan kemesraan di ruang publik, tapi ada juga yang lebih menyukai keintiman bersama tanpa memamerkan apa pun tentang hubungan yang sedang dijalani.

Mereka hanya menikmati kenyamanan dalam caranya masing-masing yang tentu saja bisa berbeda satu dengan yang lain. Ibarat style fashion, gak semua orang bisa cocok memakai tren atau gaya yang sama. Intinya terletak pada kenyamanan hubungan masing-masing dan bukan keseragaman cara.

2. Kita gak akan pernah bahagia jika terus membandingkan hubungan 

Stop Membandingkan Hubungan Kita dengan Orang Lain, Ini 5 Alasannya!Ilustrasi pasangan (Unsplash.com/Benedict Tahjar)

Lantas, dengan selalu membandingkan hubungan dan menginginkan hal yang serupa apakah kita akan bahagia? Tentu saja tidak. Kita justru akan menghabiskan waktu percuma. Alih-alih menciptakan kebahagiaan bersama pasangan, kita justru terus berfokus pada hubungan orang lain.

Padahal apa yang kita lihat dan jadikan contoh belum tentu sesuatu yang utuh. Sebab dibalik layar, hubungan mereka pasti ada masalah juga. Gak pernah ada hubungan yang benar-benar sempurna untuk dijadikan pedoman bagi hubungan lain.

Baca Juga: 5 Tanda Hubungan Asmaramu Sudah di Ujung Tanduk, Jangan Tinggal Diam!

3. Kamu dan pasangan justru akan mengalami tekanan batin 

Stop Membandingkan Hubungan Kita dengan Orang Lain, Ini 5 Alasannya!Ilustrasi pasangan (Unsplash.com/Henri Pham)

Makin sering berfokus pada hubungan orang lain yang terkesan sempurna, kita justru akan semakin tertekan dengan kondisi yang ada. Hal ini dipicu oleh keinginan untuk menjalani hubungan seperti mereka yang semakin tinggi.

Padahal, belum tentu gaya hubungan tersebut sesuai dengan kita, lho. Bukannya bahagia dengan meniru pasangan panutan, kita justru gak bisa menikmati kebersamaan dengan pasangan yang seharusnya jadi fokus utama.

4. Pasangan pun akan merasa gak nyaman dengan sikap kita 

Stop Membandingkan Hubungan Kita dengan Orang Lain, Ini 5 Alasannya!Iluatrasi pasangan (Unsplash.com/Edward Cisneros)

Gak ada pasangan yang merasa nyaman saat dibanding-bandingkan dengan orang lain. Semakin tinggi keinginan meniru gaya hubungan orang lain, si dia justru akan semakin muak dengan sikap kita.

Parahnya, bisa saja pasangan akan merasa kalau perjuangannya selama ini demi hubungan tidak dihargai. Kalau sudah begini, hari-hari penuh pertengkaran akan terus membayangi hubungan. Duh!

5. Alhasil, kelangsungan hubungan kita malah bisa jadi taruhan 

Stop Membandingkan Hubungan Kita dengan Orang Lain, Ini 5 Alasannya!Ilustrasi pasangan (Unsplash.com/Milan Popovic)

Pernah terpikir, gak, kalau sikap membandingkan hubungan dengan orang lain bisa berujung putus? Mungkin kamu merasa hanya mengungkapkan pemikiran tentang perbedaan cara menjalani hubungan. Namun, perasaan tidak nyaman dari pasangan bisa berujung pada pertengkaran yang berlarut-larut.

Belum lagi dengan keinginan kita yang seolah tidak terpenuhi akan makin jadi beban. Risikonya, hubungan kita yang justru bisa kandas. Niatnya ingin bahagia dengan meniru sang panutan, kita justru akan mendapat 'hadiah' yang tidak pernah diinginkan.

Pada dasarnya, tidak ada hubungan yang sempurna. Setiap pasangan punya caranya sendiri dalam menjalani hubungan, termasuk urusan penanganan masalah. Jadi, gak perlu membanding-bandingkan karena kebahagiaan adalah untuk diciptakan dan bukan ditiru.

Baca Juga: 5 Hal yang Gak Perlu Dilakukan Saat Berusaha Membahagiakan Pasangan

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya