Comscore Tracker

Jangan Ragu, Ini 5 Manfaat Mengobrol dengan Orang Asing 

Asal tetap hati-hati, kamu bisa dapat banyak manfaat, lho

Sebagai makhluk sosial, kita senantiasa membutuhkan orang lain. Bukan hanya untuk saling membantu, tapi juga untuk saling berkomunikasi. Umumnya, kita pasti lebih senang berkomunikasi dengan orang yang sudah kita kenal. Namun, tahukah kamu bahwa mencoba memulai pembicaraan dengan orang yang belum dikenal pun bermanfaat?

Tentu, kita perlu berhati-hati dalam berbicara dengan orang yang belum dikenal, terutama di tempat yang terkenal rawan kejahatan atau daerah yang tidak familier. Akan tetapi, selama situasinya aman, jangan ragu untuk coba ngobrol dengan orang yang baru kamu temui. Inilah lima manfaat yang bisa kamu dapat kalau melakukannya.

1. Mengurangi rasa malu 

Jangan Ragu, Ini 5 Manfaat Mengobrol dengan Orang Asing freepik/vgstockstudio

Bagi orang yang pemalu, jangankan berbicara kepada orang asing, berbicara dengan orang yang sudah dikenal saja bisa membuat deg-degan. Rasanya, mulut jadi kaku dan sulit berbicara dengan lancar. Pastinya, hal itu bisa menghambat kehidupan sosial dan berpotensi membuatnya gak punya banyak teman.

Nah, jika kamu termasuk orang yang seperti itu, mencoba berbicara dengan orang asing bisa membantu. Lawanlah ketakutanmu dan coba ajak bicara orang asing yang kamu temui, misalnya di angkutan umum. Mulanya pasti kamu gugup, tapi semakin sering dicoba, dijamin kamu akan merasa semakin berani dan lancar berbicara.

Kalau berbicara dengan orang asing saja sudah lancar, tentu berbicara dengan orang yang sudah dikenal pun jadi jauh lebih mudah. Menjalin persahabatan dan mencari pasangan pun jadi tidak sesulit dulu. Asyik, kan?

2. Mengatasi masalah komunikasi 

Jangan Ragu, Ini 5 Manfaat Mengobrol dengan Orang Asing freepik/phduet

Bahkan, orang yang tidak pemalu pun bisa punya masalah dalam berkomunikasi. Salah satu contohnya ada orang yang cenderung berbicara terlalu cepat. Ada pula orang yang suka gagap dalam berbicara atau sering kesulitan merangkai kata-kata dengan baik untuk mengungkapkan maksud hati. Masih ada banyak kok masalah komunikasi lain yang kerap dialami orang-orang.

Cara untuk mengatasi masalah komunikasi tentu dengan berlatih sesering mungkin. Semakin sering, semakin bagus. Makanya, manfaatkanlah waktu yang kamu miliki untuk melatih komunikasi di mana pun dan kapan pun, termasuk dengan orang asing. Cepat atau lambat, masalah komunikasimu pasti akan jauh berkurang.

Baca Juga: Sering Disepelekan, 6 Manfaat Penting Budaya Ngobrol dalam Keluarga

3. Mendapatkan ilmu dan sudut pandang baru 

Jangan Ragu, Ini 5 Manfaat Mengobrol dengan Orang Asing freepik/freepik

Ilmu bisa kita dapat di mana pun, termasuk dari orang-orang di sekitar kita yang tidak kita kenal. Bukan hanya ilmu pengetahuan atau akademik, tapi juga pelajaran tentang kehidupan. Seorang pedagang sayur di pasar, misalnya, mungkin bisa mengajarimu caranya ikhlas dalam menjalani hidup.

Selain ilmu, orang-orang di sekitarmu juga mungkin punya sudut pandang baru yang tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya. Hal itu bisa membantumu menyelesaikan masalahmu. Makanya, supaya kamu bisa mendapatkan sebanyak mungkin ilmu dan sudut pandang baru, jangan ragu untuk berbicara kepada orang asing yang kamu temui.

4. Menghilangkan rasa bosan 

Jangan Ragu, Ini 5 Manfaat Mengobrol dengan Orang Asing pexels/Elena Buzmakova

Saat beraktivitas sendirian di tempat umum, kita bisa merasa bosan. Umumnya, HP jadi alat untuk mencari hiburan demi mengusir kebosanan, tapi kadang hiburan di HP pun bisa membuat jenuh. Makanya, kenapa gak coba ngobrol dengan orang yang ada di sekitarmu?

Siapa tahu, kamu bisa terlibat obrolan seru dengan orang tersebut dan dapat banyak pelajaran berharga. Bukan mustahil kamu akhirnya ia bisa jadi teman atau bahkan pasanganmu. Jauh lebih baik daripada hanya berfokus ke HP saja, kan?

5. Orang lain pun bisa merasa senang dan itu akan membuatmu bahagia

Jangan Ragu, Ini 5 Manfaat Mengobrol dengan Orang Asing freepik/jcomp

Bukan hanya kamu, orang yang kamu ajak ngobrol pun bisa jadi akan merasa senang berbicara denganmu. Mungkin ia pun merasakan kebosanan yang sama, tapi terlalu malu untuk mulai mengajak bicara orang lain. Membuat orang lain senang pasti akan membuatmu merasa bahagia, lho.

Belum lagi kalau orang yang kamu ajak bicara adalah orang tua atau lansia, umumnya mereka akan sangat senang karena ada yang memperhatikan. Bisa jadi, mereka merasa kesepian dan memang ingin mengobrol dengan orang lain.

Melihat raut kegembiraan di muka mereka saat mengobrol denganmu bisa menumbuhkan perasaan bahagia yang juga akan kamu rasakan!

Itulah lima manfaat yang bisa kamu rasakan jika mengobrol dengan orang asing yang kamu temui. Kamu memang harus berhati-hati, tapi jangan terlalu takut melakukannya karena kamu bisa dapat banyak manfaat!

Baca Juga: 5 Ide Ngobrol sama Gebetan Biar Gak Kehabisan Topik

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya