Comscore Tracker

5 Pemikiran Salah yang Bisa Merusak Hubungan, Termasuk Overthinking

Hubungan bisa rusak gara-gara pemikiran kita sendiri

Mempertahankan hubungan asmara tetap harmonis dan langgeng adalah tantangan berat bagi setiap pasangan. Ada begitu banyak hal yang bisa membuat hubungan renggang bahkan hancur. Mulai dari faktor eksternal misalnya godaan orang ketiga, hingga faktor internal misalnya kepribadian masing-masing.

Selain soal kepribadian, tahukah kamu faktor internal apa lagi yang berpotensi membuat hubungan kita dengan pasangan jadi rusak? Cara berpikir yang salah. Masalah yang sebenarnya tidak ada pun bisa menjadi ada hanya gara-gara cara berpikir yang salah itu. Apa saja contohnya? Ini lima di antaranya yang harus kamu hindari.

1. Insecure 

5 Pemikiran Salah yang Bisa Merusak Hubungan, Termasuk Overthinkingpexels/trinity kubassek

Perasaan insecure bisa terjadi jika kita tidak percaya diri akibat kekurangan yang kita miliki, misalnya soal penampilan fisik, sifat, kemampuan finansial, dan sebagainya. Perasaan semacam itu memang wajar, tapi harus kamu kendalikan karena bisa membuat hubunganmu rusak. Kenapa?

Rasa insecure bisa membuat kamu merasa selalu kurang di mata pasangan. Kamu jadi selalu was-was bahwa pasanganmu mungkin akan berpaling pada orang lain yang lebih baik. Padahal jelas-jelas ia sudah menunjukkan bahwa ia hanya cinta padamu, bukan orang lain. Tapi tetap saja kamu merasa seolah itu tidak mungkin karena kamu punya banyak kekurangan.

Pemikiran seperti itu bisa membuat pasanganmu kecewa karena kamu meragukan cintanya. Kamu juga seolah meragukan kesetiaannya, padahal ia sudah berusaha setia padamu. Pada akhirnya, ia bisa capek dan menjauh darimu, lho. Bukan karena gak setia, tapi karena kamu gak percaya padanya. Makanya, lawan rasa insecure dan tingkatkan rasa percaya dirimu!

2. Overthinking 

5 Pemikiran Salah yang Bisa Merusak Hubungan, Termasuk Overthinkingpexels.com/mentatdgt

Selain insecure, kebiasaan overthinking alias berpikiran berlebihan juga bisa membuat pasanganmu gerah. Masalah yang sebenarnya sepele bisa berubah jadi rumit gara-gara kamu overthinking. Bahkan, overthinking bisa membuatmu menciptakan masalah yang tadinya gak ada!

Misalnya, pasanganmu berkata sedang ingin sendiri untuk menikmati me time. Tapi karena kamu overthinking, akhirnya kamu jadi berpikir ia sedang ingin selingkuh di belakangmu, atau ia sedang ingin menjauh darimu karena mulai bosan. Akhirnya, kamu jadi marah dan kalian pun bertengkar. Padahal jelas-jelas ia hanya sedang ingin menikmati me time!

Maka, jangan biasakan berpikiran berlebihan soal pasanganmu, apalagi berpikir yang buruk-buruk. Curiga memang sah-sah saja, tapi jangan asal curiga kalau kamu gak punya dasar yang valid. Berikanlah kepercayaan pada pasangan supaya ia makin sayang padamu dan hubungan kalian makin kuat.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Bertengkar yang Berisiko Merusak Hubungan Pernikahanmu

3. Berpikir bahwa berbeda itu berarti gak cocok 

5 Pemikiran Salah yang Bisa Merusak Hubungan, Termasuk Overthinkingpexels.com/cottonbro

Menjalin hubungan asmara memang biasanya paling menyenangkan kalau kita punya banyak kesamaan dengan pasangan. Mungkin dulu kamu mau jadian dengan pasanganmu karena kalian punya sejumlah kesamaan. Tapi semakin kalian saling mengenal, bisa jadi ternyata kamu dan dia justru punya lebih banyak perbedaan daripada kesamaan. Bagaimana reaksimu?

Apakah kamu akan langsung berpikir, "Wah, ternyata aku gak cocok sama dia"? Pemikiran seperti itu jelas bisa merusak hubungan. Sadarilah bahwa perbedaan itu gak selalu buruk. Dua orang yang punya banyak perbedaan bisa tetap cocok kok, asalkan mau saling berkompromi dan mengalah.

Malah, perbedaan itu banyak sisi positifnya, lho. Misalnya, kalian bisa saling melengkapi. Kalian juga bisa saling menyeimbangkan, supaya gak hanya condong ke salah satu sisi saja. Plus, kalian juga bisa belajar menghormati perbedaan. Asik kan?

4. Merasa lebih banyak berkorban dibanding pasangan 

5 Pemikiran Salah yang Bisa Merusak Hubungan, Termasuk Overthinkingpexels.com/vera arsic

Dalam menjalin hubungan, kamu dan pasangan pasti saling berkorban satu sama lain. Mulai dari berkorban waktu, tenaga, uang, dan lain sebagainya. Tapi apakah kamu merasa bahwa selama ini kamu lebih banyak berkorban dibanding pasanganmu? Kalau ya, lebih baik buang pemikiran itu, karena itu bisa merusak hubungan.

Kenapa? Karena perasaan itu biasanya semu. Kamu mungkin merasa bahwa kamu lebih banyak berkorban. Tapi di sisi lain, pasanganmu justru merasa bahwa dirinya-lah yang lebih sering berkorban. Kok bisa begitu? Itu karena manusia memang cenderung lebih mudah mengingat kebaikan diri sendiri dibanding kebaikan orang lain.

Lagipula, sebenarnya tidak penting siapa yang lebih banyak berkorban di antara kalian. Yang penting adalah kalian saling memberi yang terbaik. Meski jumlah pengorbanan pasanganmu lebih sedikit, tapi kalau itu adalah yang terbaik yang bisa ia berikan, artinya ia benar-benar tulus menyayangimu. So, tidak perlu membanding-bandingkan ya!

5. Berharap terlalu tinggi 

5 Pemikiran Salah yang Bisa Merusak Hubungan, Termasuk Overthinkingpexels.com/pixabay

Last but not least, menaruh harapan terlalu tinggi pada pasangan juga berpotensi membuat hubunganmu rusak. Harapan yang terlalu tinggi tentu bakal sulit dipenuhi pasanganmu, sehingga akhirnya membuatmu kecewa. Tapi sebenarnya itu bukan salahnya, melainkan salahmu sendiri karena sudah berharap berlebihan.

Maka gimana caranya supaya harapanmu gak terlalu tinggi? Kamu harus mengenal pasanganmu sebaik mungkin. Apa kelebihan dan kekurangannya. Dengan demikian kamu tahu pasanganmu punya kemampuan sejauh mana, dan kamu pun gak akan menaruh harapan yang gak gak bisa ia capai.

Lima pemikiran di atas memang wajar terjadi pada diri kita. Tapi berusahalah melawannya, karena kebahagiaan hubunganmu dipertaruhkan di sana. So, jangan biarkan hubungan asmaramu rusak gara-gara pemikiranmu sendiri ya!

Baca Juga: 5 Realita Hubungan Asmara yang Harus Diingat, Tak Seindah Kelihatannya

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya