Comscore Tracker

Biar Gak Curigaan, Ini 8 Cara Membangun Kepercayaanmu kepada Pacar

Hubungan jadi lebih harmonis

Dalam hubungan cinta, rasa percaya adalah salah satu hal terpenting yang harus ada di dalamnya. Ketika gak bisa memberikan rasa ini, kamu akan selalu dihantui oleh rasa khawatir dan curiga. Pacar pun jadi gak nyaman karena merasa gak layak untuk dipercaya.

Tentu hal ini akan berdampak ke hubungan kalian. Dilansir berbagai sumber, ini 8 cara membangun kepercayaan kepada pacar. Keep scrolling!

1. Carilah asal muasal kesulitanmu dalam memercayai pacar!

Biar Gak Curigaan, Ini 8 Cara Membangun Kepercayaanmu kepada Pacarunsplash/priscilladupreez

Ada beberapa faktor mengapa kamu susah sekali untuk percaya sepenuhnya pada pacar. Cobalah untuk menemukan apa saja faktor tersebut! Bisa jadi, faktor penyebabnya adalah pengalaman masa lalu di mana kamu pernah dikhianati.

Ingatlah bahwa sesuatu yang buruk di masa lampau, belum tentu akan terjadi pada di masa depan! Kamu gak bisa menyiksa pacarmu yang sekarang hanya karena kesalahan mantan di masa lampau.

Mereka berdua adalah orang yang berbeda. Yang pasti, mereka juga akan memberikan pengalaman percintaan yang berbeda. 

2. Jangan membuat drama berlebihan di pikiranmu!

Biar Gak Curigaan, Ini 8 Cara Membangun Kepercayaanmu kepada Pacarunsplash/anthonytran

Ketika pacar pergi bersama teman atau gak membalas pesan dengan cepat, kamu mungkin segera memikirkan kemungkinan buruk. Kamu berpikir jika mungkin saja pacar selingkuh di belakangmu. Tetaplah tenang, atur napas, dan berpikir rasional!

Memikirkan hal terburuk hanya akan membuatmu emosi, bahkan sebelum kamu mendapatkan fakta yang sebenarnya dari pacar. Terkadang, realitanya gak seseram bayanganmu, lho! Bisa saja, ternyata baterai hp pacar habis atau dia ketiduran.

3. Bicara, bicara, dan bicarakanlah!

Biar Gak Curigaan, Ini 8 Cara Membangun Kepercayaanmu kepada Pacarunsplash/everythingcaptured

Komunikasi masih tetap memegang peranan penting untuk kunci langgengnya sebuah hubungan. Jika kamu sudah menemukan akar permasalahan dari kecurigaanmu, cobalah bicarakan hal ini pada pacar!

Misalnya, kamu bisa menceritakan mengenai masa lalu percintaanmu. Dengan demikian, pacar memahami dari mana kecurigaanmu itu berasal.

Setelahnya, dia akan lebih mengerti situasimu sehingga bisa bersama-sama membuat kesepakatan tentang bagaimana sebaiknya hubunganmu berjalan. Komunikasikan dengan baik dan tanpa menuduh, ya!

4. Percayalah pada dirimu sendiri! Kelihatannya klise, tapi ini penting!

Biar Gak Curigaan, Ini 8 Cara Membangun Kepercayaanmu kepada Pacarunsplash/vincefleming

Pernahkah kamu berpikir bahwa salah satu penyebab kamu gak bisa memercayai pacar, adalah karena kamu gak percaya diri sendiri? Ada sebuah kalimat yang mengatakan bahwa, kamu harus mencintai dirimu sendiri sebelum kamu mencintai orang lain.

Katakanlah pada dirimu bahwa kamu bisa memberikan kepercayaan ini padanya! Yakinkan bahwa kepercayaan itu bukanlah penentu kualitas dirimu.

Ketika pacar melanggar atau mengkhianati kepercayaan itu, kamu tahu bahwa dialah yang gak layak untukmu. Kamu berhak mendapatkan pengganti yang lebih baik.

Baca Juga: 6 Cara untuk Kembali Percaya Usai Disakiti Teman atau Pasangan

5. Tahan dirimu untuk terlalu kepo dengan privasinya

Biar Gak Curigaan, Ini 8 Cara Membangun Kepercayaanmu kepada Pacarunsplash/plann_images

Sebagai pacar, mungkin kamu ingin tahu segala hal dari dirinya yang bersifat pribadi. Sederhananya, seperti password ponsel atau ingin tahu siapakah yang mengirimkan pesan di akun Instagram miliknya.

Cobalah menahan diri dari mengecek atau melakukan 'razia'. Terlalu sering mengecek privasinya, gak akan membuatmu melatih insting kepercayaanmu padanya. Pacar punya hak untuk privasinya, termasuk dirimu. 

6. Bertanya boleh, interogasi jangan!

Biar Gak Curigaan, Ini 8 Cara Membangun Kepercayaanmu kepada Pacarunsplash/priscilladupreez

Kamu boleh menanyakan bagaimana harinya atau kegiatan yang dilakukannya semalam bersama teman-temannya. Akan tetapi, tahan dirimu dari memberikan pertanyaan yang interogatif bak polisi. Jangan terlalu menanyakan hingga ke bagian paling detail!

Tanyakan hal-hal umum, seperti apakah dia merasa senang di pesta kemarin malam hingga siapa saja yang datang. Ketika kamu terlalu menginterogasinya, dia akan merasa kamu meragukannya. Bukan gak mungkin jika pacar justru jengah dan ingin lari darimu.

7. Jangan lupakan waktu untuk kehidupanmu sendiri!

Biar Gak Curigaan, Ini 8 Cara Membangun Kepercayaanmu kepada Pacarunsplash/designecologist

Selain pacar, kamu masih memiliki bagian kehidupan lain yang perlu diperhatikan. Luangkanlah waktumu untuk keluarga, teman, saudara, hewan peliharaan, bahkan untuk dirimu sendiri! Sedikit berjarak dari pacar itu gak masalah, lho!

Hal ini justru akan membuatmu belajar untuk memercayai satu sama lain. Insting kepercayaanmu akan terbangun dan kamu akan belajar hal yang baru dari hubunganmu. 

8. Perbaiki quality time antara kamu dan pacar

Biar Gak Curigaan, Ini 8 Cara Membangun Kepercayaanmu kepada Pacarunsplash/christinhumephoto

Kamu mungkin sudah meluangkan waktu untuk berdua. Akan tetapi, bagaimana kualitas di dalamnya? Percuma saja jika kamu meluangkan waktu berdua, namun sibuk dengan ponsel masing-masing. Cobalah untuk memperbaiki kualitas momen bersama kalian!

Salah satu kunci membangun kepercayaan adalah dengan interaksi dan komunikasi yang baik di antara kamu dan pasangan. Mengobrol berdua sambil bertatap muka, adalah yang terbaik. 

Itu dia 8 cara untuk membangun kepercayaanmu pada pacar. Silakan dipraktikan karena kepercayaan itu hal utama dalam suatu hubungan!

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Gak Percaya Pasangan, Meski Hubungan Sudah Bertahun-tahun

Topic:

  • Putri Aisya
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya