Comscore Tracker

5 Duka yang Sering Dialami Olehmu saat Usia Pacaran Sudah 7 Tahun

Kamu pernah ngalamin? 

Hubungan pacaran yang sudah berusia tujuh tahun, bukanlah waktu yang mudah untuk dilalui begitu saja. Pastinya sudah banyak kenangan indah yang dilalui, makanya kamu dan dia tetap bisa mempertahankan satu sama lain. 

Namun, hubungan tujuh tahun itu bukan hanya tentang kenangan indah dan bahagia saja. Ada duka yang tersembunyi di baliknya. Berikut lima suka yang sering dirasakan olehmu saat usia hubungan sudah tujuh tahun. 

1. Sering diledek oleh teman yang mengetahui lamanya hubunganmu

5 Duka yang Sering Dialami Olehmu saat Usia Pacaran Sudah 7 Tahunpexels.com/Fauxels

Melontarkan ledekan, bahkan sindiran antar teman bukanlah hal yang baru. Hal itu wajar dilakukan. Begitu pun dengan ledekan yang ditunjukkan pada status hubunganmu. 

Mereka akan selalu meledek dan menyindirmu tentang kepastian hubungan yang kamu jalani. Bahkan, menyamakan usia hubunganmu dengan usia kredit rumah. Hal itu dikarenakan, baik kamu dan pasangan sama-sama belum ada rencana menikah. 

2. Hubungan masih belum menemukan titik kejelasan

5 Duka yang Sering Dialami Olehmu saat Usia Pacaran Sudah 7 Tahununsplash.com/Ryan Jacobson

Setiap orang yang telah menjalani hubungan lama pastinya ingin menikah, apa lagi jika hubungan ini sudah berusia tujuh tahun. Namun, menikah bukanlah perkara yang mudah, dimana kamu bisa mengajak pasangan kapan saja untuk menikah. 

Ada kalanya hubungan yang kamu jalani masih belum menemukan titik kepastian, apakah akan sampai pada pernikahan atau tidak? Duka seperti inilah yang paling sering dialami. 

3. Ada rasa minder saat datang ke acara nikahan

5 Duka yang Sering Dialami Olehmu saat Usia Pacaran Sudah 7 Tahununsplash.com/Andreas Rønningen

Sudah hubungan lama, tapi masih saja belum menikah, pastinya menjadi beban tersendiri dalam hidupmu, bukan? Tak jarang kamu akan merasa minder manakala datang ke acara resepsi pernikahan, apa lagi jika datangnya dengan pasangan. 

Berbagai macam pertanyaan tentang kapan menikah pastinya sudah sering didengarkan. Meski dirasa sering, tapi bukan berarti kamu terbiasa. Justru kamu akan tetap merasa minder. 

Baca Juga: 5 Hal Penting Bagi Pasangan untuk Membangun Hubungan yang Sehat 

4. Punya ketakutan bahwa hubungan tidak akan sampai pernikahan

5 Duka yang Sering Dialami Olehmu saat Usia Pacaran Sudah 7 Tahununsplash.com/Chermiti Mohamed

Hubungan sudah berusia tujuh tahun dan usia sudah semakin matang, tentu saja ada ketakutan tersendiri yang dirasakan. Terlebih bila kamu dan pasangan sama-sama belum punya rencana menikah dalam waktu dekat. 

Ketakutan yang dirasakan tak lain adalah takut jika hubungan yang telah kamu bina bersamanya tak bisa langgeng sampai pernikahan. Akibatnya ada rasa insecure yang timbul, semakin lama semakin besar. 

5. Ketika tak ada kejelasan, ingin putus tapi ragu

5 Duka yang Sering Dialami Olehmu saat Usia Pacaran Sudah 7 Tahunpexels.com/freestock.org

Ketika hubungan tak memiliki kepastian, akan dibawa ke mana hubunganmu ini, maka akan selalu ada keraguan yang datang menghampiri. Ingin putus, pastinya terpikirkan olehmu, tapi balik lagi, kamu pun takut nantinya akan menyesal.

Terlebih, kamu dan dirinya sudah menjalin hubungan lama sehingga sangat sulit untuk pisah begitu saja. Namun, tetap bertahan pun percuma dilakukan, selalu tak ada kejelasan kapan akan menikah dan menunggu berapa lama lagi?

Nah itu dia tadi lima duka yang sering dialami olehmu saat usia hubungan lebih dari tujuh tahun. Hubungan tujuh tahun itu bukan soal senang, tapi duka yang sering dirasakan pun sering datang menghampiri. Oleh karena itu, kamu dan pasangan perlu ada keterbukaan satu sama lain. 

Baca Juga: 5 Alasan Logis Tidak Ada Orang yang Pantas Disebut Telat Menikah

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya