Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Dihindari saat Kamu Memaafkan Kesalahan Pasangan

Jangan asal memberi maaf!

Dalam sebuah hubungan asmara, pasangan yang melakukan kesalahan tentu saja membuatmu kecewa. Namun, demi kebaikan bersama dan keutuhan hubungan, maka memaafkan adalah keharusan. 

Berbicara tentang memaafkan kesalahan pasangan, tentunya ada aturan yang harus dilakukan. Jangan asal memaafkan saja karena itu nantinya bisa membuatmu sakit hati lagi dengan kesalahan yang sama dia lakukan.

Hindari juga beberapa hal di bawah ini agar ke depannya kamu gak menyesal telah memaafkan dia. Berikut daftar beberapa hal yang harus dihindari. 

1. Langsung saja memaafkannya tanpa mendengar dulu penjelasan atas kesalahan itu

5 Hal yang Perlu Dihindari saat Kamu Memaafkan Kesalahan Pasanganpexels.com/William Fortunato

Memaafkan boleh saja, tapi jangan langsung memaafkan hanya karena kamu sangat mencintainya. Tanya dulu mengapa dia bisa melakukan kesalahan. Dengarkan semua penjelasannya agar kamu bisa mengerti apa dari sisi dia, bukan hanya dari sisimu saja.

Dengan begitu, maaf yang kamu berikan padamu gak cuma-cuma karena sekarang kamu bisa tahu alasannya dan bisa memberikan pengertian padanya agar ke depannya gak dilakukan lagi. 

2. Semua kesalahannya selalu kamu maafkan

5 Hal yang Perlu Dihindari saat Kamu Memaafkan Kesalahan Pasanganpexels.com/Budgeron Bach

Kamu harus bisa berpikir dengan logika saat memaafkan kesalahan pasanganmu itu. Pahami kesalahannya dan pikirkan apakah kesalahan ini layak dimaafkan atau tidak? Jika semua kesalahan selalu saja kamu maafkan tanpa terkecuali, maka yang ada pasanganmu akan berkuasa dalam hubungan ini.

Dia akan bertindak semena-mena terhadapmu karena dia tahu sesalah apa pun sikap dan perilakunya, kamu tetap akan memaafkan dia tanpa syarat apa pun. 

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memaafkan Kesalahan Pasangan

3. Memaafkan tanpa syarat apa pun

5 Hal yang Perlu Dihindari saat Kamu Memaafkan Kesalahan Pasanganpexels.com/Lina Kivaka

Pantas saja pasangan selalu mengulang kesalahan yang sama dan kamu selalu mengulang memaafkannya karena kamu pun kalau memaafkan pasangan hanya memaafkan saja tanpa ada syarat yang diberikan. Akhirnya, pasangan yang selalu mendapatkan maafmu gak belajar dari kesalahannya dan cenderung mengulanginya lagi.

Dia tahu bahwa kamu akan tetap memaafkannya walaupun dia banyak melakukan kesalahan. Oleh karena itu, belajarlah dari semua itu. Maafkan pasangan, tapi jangan lupa berikan syarat juga atas maafmu agar ke depannya dia bisa introspeksi dan gak mengulanginya lagi.

4. Menyalahkan dirimu sendiri atas semua yang terjadi

5 Hal yang Perlu Dihindari saat Kamu Memaafkan Kesalahan Pasanganunsplash.com/Anthony Tran

Berhentilah menyalahkan dirimu sendiri atas masalah dan kesalahan yang pasanganmu lakukan karena kamu sama sekali gak bersalah sedikit pun. Yang paling bersalah dalam hal inilah adalah dia yang melakukan kesalahan.

Kamu cukup memaafkannya saja dengan menimbang beratnya kesalahan yang dia lakukan. Menyalahkan dirimu sendiri hanya akan membuat kamu jadi merasa gak berharga di matanya. 

5. Mengungkitnya saat kalian bertengkar

5 Hal yang Perlu Dihindari saat Kamu Memaafkan Kesalahan Pasanganpexels.com/Keira Burton

Ketika kamu sudah memaafkan kesalahan pasangan, maka maafkan, lalu ikhlaskan semua yang telah terjadi. Jangan mengingatnya lagi, apa lagi mengungkit kesalahan pasangan saat kalian bertengkar karena itu akan menambah masalah untuk hubunganmu. Lupakan semuanya dan mulailah jalani hubungan tanpa mengingat kesalahan di masa lalu lagi. 

Menghindari lima hal di atas itu adalah kewajibanmu demi keutuhan hubungan yang sehat. Setelah itu, dijamin gak ada kesalahan yang sama yang akan pasanganmu lakukan. Jadi, hubunganmu bisa bahagia dan maafmu sangatlah berguna. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Bisa Memaafkan Pasangan yang Suka Bohong

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya