Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini jika Pasangan Melanggar Komitmen dalam Hubungan

Beri sanksi bila melakukan lagi #IDNTimesLife

Sakit dan kecewa rasanya saat pasangan yang kamu cintai selama ini ternyata malah melanggar komitmen yang dibuat bersama. Dia bisa bebas jalan dan kencan dengan lawan jenis tanpa memperdulikan perasaanmu saat itu. 

Perlu kamu tahu bahwa dia yang melanggar komitmen bukanlah sebuah kesalahan sepele, tapi sangat fatal. Untuk itu, kamu perlu menyikapinya dengan baik, apalagi jika kamu dengan besar hati telah memaafkan kesalahannya demi sebuah hubungan tetap bertahan. Berikut beberapa hal yang harus kamu lakukan setelah dia melanggar komitmen. 

1. Mulai sekarang berhentilah menjunjung tinggi komitmen di hubungan

Lakukan 5 Hal Ini jika Pasangan Melanggar Komitmen dalam Hubunganpixabay.com/Dindolyna89

Jangan lagi mengagungkan sebuah komitmen dalam hubungan karena buktinya kamu pun tetap saja dikhianati olehnya. Mulai saja untuk saling terbuka satu sama lain dan jalani hubungan ini semengalirnya saja, tapi tetap dengan punya tujuan untuk ke depannya. 

Selain itu, kamu juga harus memperbaiki hubungan karena pasangan yang melakukan hal tersebut mungkin saja karena sikapmu yang membuatnya jadi terkekang. Jadi, mulailah terbuka dan jadilah sosok yang lebih baik lagi agar dia gak mengulangi hal yang sama. 

2. Jangan beri kepercayaan seluruhnya pada pasanganmu

Lakukan 5 Hal Ini jika Pasangan Melanggar Komitmen dalam Hubunganfreepik.com/wayhomeestudio

Kepercayaan itu mahal dan gak bisa dibeli oleh apa pun. Kamu yang sekarang sedang dikhianati olehnya, pasti saja kehilangan kepercayaan padanya. 

Oleh karena itu, jika memang kamu dan dia memutuskan untuk memperbaiki semuanya dan tetap bertahan dalam hubungan, maka ke depannya jangan berikan kepercayaan sepenuhnya pada pasangan. Lakukan komunikasi dua arah dan saling mengabari bila akan melakukan aktivitas agar kamu bisa kerasa tenang serta gak overthinking

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Bisa Sampai Dibutakan oleh Cinta dalam Hubungan

3. Tingkatkan komunikasi dan inisiatif masing-masing dalam hubungan

Lakukan 5 Hal Ini jika Pasangan Melanggar Komitmen dalam Hubunganpexels.com/Marco Irodistan

Komunikasi itu penting untuk membuka keterbukaan dalam hubungan. Dengan terjalinnya komunikasi, baik kamu maupun pasanganmu akan bisa saling memahami satu sama lain tentang keinginan masing-masing dalam hubungan ini, sehingga ke depannya kesalahpahaman bisa diantisipasi dengan baik. Bahkan, pasangan pun gak akan melanggar komitmen lagi karena dia sudah bisa menjalin komunikasi lebih baik daripada sebelumnya. 

4. Hadirkan sistem sanksi dan apresiasi

Lakukan 5 Hal Ini jika Pasangan Melanggar Komitmen dalam Hubunganfreepik.com/gpointstudio

Untuk menghindari kesalahan yang sama di kemudian hari, maka terapkan sistem sanksi dan apresiasi pada sekecil apa pun yang kamu dan dia lakukan dalam hubungan. Dengan begitu, ada rasa tanggung jawab dalam diri kalian sehingga akan ada perasaan takut bila suatu saat melakukan kesalahan.

Selain itu, baik kamu maupun dia pun akan merasa dihargai saat melakukan perjuangan dalam hubungan. Hubungan kalian bisa jadi lebih berkualitas setelah banyaknya ujian yang dilalui. 

5. Jangan ragu tinggalkan dia jika melakukannya lagi

Lakukan 5 Hal Ini jika Pasangan Melanggar Komitmen dalam Hubunganfreepik.com/wayhomestudio

Bila empat hal di atas sudah dilakukan, tapi pasanganmu malah gak belajar dari masa lalu dan melakukan kesalahan yang sama lagi, maka singkirkan perasaan cintamu mulai sekarang. Jangan ragu untuk meninggalkan dia yang gak baik untuk dirimu. Kamu lebih pantas untuk putus dan mendapatkan seseorang yang bisa setia serta menghormati keberadaanmu. 

Melanggar komitmen adalah sebuah kesalahan fatal, jika kamu berbesar hati memaafkannya, maka lakukan lima hal di atas dengan lapang dada. Namun, bila kamu gak kuat untuk menjalin hubungan lagi dengannya, maka putuskan hubunganmu. Jadilah sosok yang tegas saat pasangan berani melanggar komitmen. 

Baca Juga: 5 Tanda Pasangan Cuma Takut Kesepian Bukan Serius Berkomitmen Denganmu

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya